Cara Menonton Video dengan Subtitel

Anakkost.tv – Pasti diantara kamu pernah menonton sebuah video dengan bahasa asing dan mungkin hanya melihat adegan – adegannya saja tanpa mengetahui apa yang sedang mereka bicarakan. Kalau bentuknya film mungkin masih bisa dipahami namun jika tutorial apa yang akan kamu lakukan? Atau mungkin berita yang disampaikannya.

Untuk itu, perlu ada yang namanya subtitel dalam video tersebut. Memang tidak semua video terdapat sebuah subtitel. Karena subtitel sendiri harus dibuat secara manual, baik itu oleh si pemilik video atau kamu sendiri yang ingin mengisinya dengan ijin si pemilik yang membuka fitur pemberian subtitelnya.

cara menambahkan subtitel

Bagi kamu yang ingin melihat atau menelusuri video – video yang sudah terdapat subtitel atau menyumbangkan terjemahan konten dan mungkin bahkan mengelola setelan subtitel bisa kamu simak caranya dibawah ini.

Contents

Cara Menulusuri Video yang Mempunyai Subtitel

  1. Video yang terdapat subtitel itu terdapat icon “CC” di sebelah kanan bawah video

cara melihat subtitel video

  1. Jika kamu hanya ingin mendapatkan sebuah video yang terdapat subtitel/ CC maka bisa mengaturnya dengan cara :
  • Kamu masuk pada bagian penelusuran video youtube
  • Cari video yang kamu inginkan dan dibagian pojok kanan deretan video kamu klik “Filter” dan kemudian pilih Subtitel/ CC.

memilih video bersubtitel

Cara Berkontribusi Menyumbangkan Terjemahan/ Subtitel

  1. Login dengan menggunakan akun channel youtube kamu, kemudian cari dan pilih video yang ingin kamu berikan terjemahan dan harus dipahami juga, kalau tidak semua video bisa kamu sumbang subtitel melainkan hanya video – video yang memiliki icon “CC”.
  2. Kemudian kamu pilih dan klik icon roda gigi dan kemudian kamu pilih “Subtitel/CC”.
  3. Setelah itu klik kembali “Tambahkan Subtitel

menambahkan subtitel

  1. Dan kamu akan dilemparkan pada tab baru dimana kamu disuruh untuk memilih terjemahan yang akan kamu buat dalam bahasa apa?
  1. Setelah ditentukan tinggal kamu masukan subtitel yang di harapkan. Jika kamu melihat keterangan bahwa judul dan deskripsi di kunci, maka itu tandanya kamu akan memberikan subtitel dengan bahasa yang sama.

Cara Memberikan Subtitel dengan Bahasa yang Berbeda

Caranya sama dengan di atas namun dalam pemilihan bahasa, kamu pilih bahasa yang belum terdapat dalam video tersebut. Bisa dilihat pada bagian roda gigi – subtitel/cc, disana akan terdapat deretan bahasa yang sudah ada dalam video tersebut dan kamu tinggal pilih bahasa yang belum masuk.

Kemudian agar lebih mudah bisa kamu pilih terjemahkan otomatis, sehingga apa yang kamu masukan akan muncul pada suara atau detik yang pas tanpa harus menentukan detik yang dimaksud dalam video tersebut, jika sudah selesai jangan lupa klik Kirim.

Cara Mendapatkan Kredit dalam Setiap Subtitel yang Kamu Berikan

Selain membantu orang dalam menerjemahkan bahasa yang ada dalam video tersebut, kamu juga bisa mendapatkan kredit seperti penampilan nama dalam daftar kontributor dalam sebuah deskripsi video tersebut. Namun untuk hal ini kamu diharuskan memiliki channel youtube untuk bisa menyetujui, menolak atau mengirim konten dan jangan lupa centang kotak yang tersedia dengan keterangan “Cantumkan kontribusi saya dalam daftar kredit video”.

Jadi setelah terjemahan yang kamu garap selesai, maka nama dan link channel kamu akan muncul pada deskripsi video youtube tersebut. Namun jika kamu tidak dapat melihatnya dalam arti nama dan link channel youtube kamu tidak muncul, berarti ada kemungkinan kontribusi kamu dalam video tersebut kurang atau versi video dengan terjemahan yang kamu buat belum terpublikasi.

Cara Menghapus Kredit dari Kontribusi Subtitel

Namun tidak semua orang juga ingin dipublikasi dengan apa yang telah mereka perbuat walaupun itu baik dan membatu banyak orang. Bagi kamu yang ingin menghapus kredit yang terdapat dalam sebuah video youtube maka bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

  • Login terlebih dahulu pada channel youtube yang kamu miliki
  • Kemudian lihat pada bagian pojok kanan atas channel kamu dan klik “Creator Studio
  • Setelah itu lihat di sebelah kanan bagian bawah dan kamu pilih “Kontribusi Anda

menghapus konstribusi subtitel

  • Kemudian kamu pilih video yang telah kamu beri kontribusi terjemah dan jangan lupa klik “Hapus Kontribusi Saya”.

menghapus konstribusi subtitel

Cara Mengelola Setelah Subtitel

Terakhir, kamu juga bisa mengelola subtitel baik yang ditambahkan oleh orang lain/ pemilik video atau yang kamu tambahkan sendiri dan yang telah disediakan oleh youtube. Dengan demikian kamu bisa mengubah default subtitel yang kamu inginkan baik itu pada PC/ Laptop atau Smartphone, akan tetapi disini aku akan menjelaskan nya dengan menggunakan PC/ Laptop dan untuk smartphone tidak akan jauh caranya dari sini.

Cara Mengelola Subtitel dengan Menggunakan PC/ Laptop

  1. Dalam Hal Mengaktifkan dan Menonaktifkan Subtitel

  • Untuk mengaktifkan subtitel kamu bisa dengan membuka pemutar video dan dibawah pemutar video kamu klik titik tiga . . . dan kamu pilih “Buka Transkrip” dan kamu bisa memilih subtitel mana saja untuk melewati bagian video tersebut.
  • Untuk menonaktifkan subtitel bisa dengan cara membuka terlebih dahulu kotak transkrip kemudian klik “X”.
  1. Dalam Hal Mengaktifkan dan Menonaktifkan Setelan Default

  • Terlebih dahulu kamu buka “Setelah Akun” dan lihat di sebelah kiri dan kamu pilih “Pemutaran”.
  • Kemudian kamu centang atau hapus centang yang ada pada opsi “Selalu Tampilkan Subtitel

menghapus konstribusi subtitel

  • Selanjutnya kamu centang “Tampilkan Subtitel Otomatis dengan Pengenalan Suara (Jika Tersedia) jika ingin mengaktifkan subtitel otomatis pada video tersebut dan terakhir jangan lupa klik SIMPAN.
  1. Dalam Hal Penyesuaian Gaya dan Ukuran Huruf/ Subtitel

  • Pertama kamu buka terlebih dahulu “Pemutar Video” dan klik “Setelan
  • Kemudian kamu pilih “Subtitel/ CC” dan klik “Opsi” untuk bisa menyesuaikan : font, warna, ukuran latar belakang, gaya tepi karakter dan lainnya yang ada.
  • Hal ini dapat membuat setelan subtitel kamu menjadi default seperti yang kamu stel dan tidak akan ada perubahan sebelum kamu merubahnya kembali.

Nah, itulah cara menonton video youtube dengan tambahan subtitel dan bagaimana cara menambahkan sebuah subtitel pada video. Sehingga kamu bisa ikut berkontribusi terhadap video tersebut dan nama channel youtube kamu juga bisa tampil dan menjadi referensi untuk orang yang menonton. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar