Cara Mengoptimalkan Video dalam Penelusuran

Anakkost.tv – Terkadang kita suka bingung dengan apa yang harus dilakukan agar video yang telah dibuat bisa selalu muncul minimal dalam deretan 10 besar utama ketika mereka mencari dengan kata kunci tersebut. Kadang kita mencari video sendiri tidak bisa menemukannya dengan kata kunci dan harus di ketik full judul video yang telah dibuat. Kadang itupun tidak selalu muncul di no satu atau paling atas melainkan ada video dari channel lain yang muncul pertama padahal pencarian sudah sesuai dengan judul video yang kamu upload.

membuat video masuk pencarian

Hal seperti itu kadang suka bikin bingung dan sebenarnya mereka menggunakan apa sehingga membuat videonya selalu muncul utama ketika melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu!

Cara Mengoptimalkan Video Agar Mudah Ditemukan dalam Penelusuran

  1. Buatlah judul serta thumbnail yang menarik, akurat dan deskriptif

Kenapa aku katakan judul dan thumbnail! Ya karena kedua hal tersebut merupakan hal utama yang dilihat oleh penonton ketika melakukan penelusuran. Adapun tips yang bisa kamu ikuti untuk bisa membuat sebuah konten yang menarik dan bisa kamu simak dibawah ini.

  • Pertama kamu harus bisa memilih judul yang menarik dan kemungkinan besar orang melakukan pencarian dengan kata – kata tersebut, buat secara akurat dan sesuai dengan isi konten.
  • Sebaiknya minta komunitas untuk menambahkan subtitel pada judul video yang kamu buat agar jangkauannya lebih luas termasuk deskripsi.
  • Kamu buat thumbnail yang menarik serta bisa mewakili apa yang ada dalam konten video tersebut dan harus akurat serta bikin penasaran.
  1. Hindari Penggunaan Judul dan Thumbnail Menyesatkan atau Mengundang Sensasi

Memang dengan menggunakan judul atau thumbnail yang mengandung sensasi atau sering juga disebut dengan clickbait itu akan mengundang penonton untuk meng-klik dan menonton video kamu. Namun jika tidak sesuai dengan isi video yang ada mereka akan memberikan unlike yang akan berpengaruh pada reputasi video kamu termasuk channelnya dan juga akan berpengaruh pada pedoman youtube itu sendiri.

Dan video yang mendapatkan banyak unlike atau feedback negatif maka kemungkinan besarnya tidak akan direkomendasikan kepada penonton dalam penelusuran. Maka hindari beberpa hal dibawah ini.

  • Menggunakan judul dan thumbnail yang menipu dan menyesatkan serta tidak sesuai dengan isi video.
  • Membuat netizen heboh perihal judul dan thumbnail yang kamu bikin atau bisa dikatakan juga berlebihan.
  • Jorok atau menjijikan, bahkan penonton menjadi muntah atau ilfil ketika melihatnya (thumbnail).
  • Membawa konten seksual atau tidak senonoh baik dalam judul atau thumbnail apalagi menjurus pada sebuah pencabulan.
  • Menggunakan kata – kata kasar atau symbol – syimbol yang aneh dengan hurup besar semua, hal ini biasanya terjadi pada sebuah judul. Kalau pada thumbnail penggunaan huruf besar tidak dikatakan kasar karena untuk memperjelas.
  • Jangan menggunakan thumbnail eksplisit yangbertujuan untuk menghebohkan penonton termasuk menyingung salah satunya.
  1. Buatlah penonton setia dengan konten – konten video di channel youtube kamu

Disini kamu disarankan untuk berlomba – lomba dalam menggunakan teknik yang sudah kamu pelajari atau yang baru kamu pelajari dalam membuat penonton selalu setia terhadap channel kamu dan selalu menanti update video terbaru. Adapun teknik –teknik utama yang wajib kamu ketahui seperti dibawah ini.

  • Usahakan untuk membuat sebuah pembukaan video yang baik, bila perlu buatlah intro video dalam setiap video yang kamu buat. Kemudian kamu gunakan juga teknik branding, pemrograman dan pengemasan yang baik serta menarik agar penonton semakin tertarik. Intinya jadilah seorang youtuber editor yang efektif.
  • Bangun kepercayaan subscriber kamu dengan konten yang menarik dan selalu taat pada pedoman youtube. Karena subscriber merupakan modal utama dalam mendapatkan view dan mereka akan selalu menerima notifikasi terkait dengan video baru yang kamu buat atau playlist yang baru untuk bisa ditonton.
  • Usahakan untuk selalu berinteraksi dengan subscriber atau penonton video kamu, bisa dengan sering membalas komentar atau mengajak mereka untuk memberi masukan terhadap konten video yang kamu buat.
  1. Mengatur Konten Video

Jadi, kamu harus bisa mengatur dan menampilkan konten unggulan yang terdapat pada channel kamu sendiri. Bisa dengan membuat sebuah playlist yang saling berhubungan atau membuat jadwal publikasi video dengan hari dan jam yang sama dalam setiap video baru.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat atau mengoptimalkan video kamu agar bisa menjadi prioritas saat penonton melakukan penelusuran terhadap konten video tertentu atau judul tertentu. Sehingga peluang banyak view pada video kamu akan semakin terbuka lebar. Hal ini sangat berpengaruh pada eksistensi channel youtube kamu di kalangan youtuber lainnya.

membuat video masuk pencarian

Terakhir jangan lupa kamu manfaatkan juga laporan untuk mengetahui apa saja yang telah berhasil dilakukan.  Seperti video mana saja yang memiliki banyak view dan video mana saja yang kurang memiliki view. Hal tersebut bisa kamu lihat pada bagian “Laporan”. Sehingga kamu akan tahu video mana yang akan di unggulkan dan dibuat playlist dan bukan hanya itu, kamu juga bisa melihatnya dari segi banyaknya komentar dan like pada video tersebut. Karena hal itu juga sangat berpengaruh.

 Jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi dengan penonton video kamu, jangan sampai dibiarkan apalagi di jawab dengan menggunakan kata – kata yang tidak wajar. Kadang orang yang komentar tidak selamanya baik ada juga yang tidak suka dengan kita, tapi harus tetap di tanggapi dengan kepala dingin dan jangan sampai terpancing emosi karena itu akan merugikan kamu sendiri. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar