Tutorial Live Streaming PUBG Mobile. Cara Menghubungkan HP ke OBS Studio (Audio + Video)

Anakkost.tv – Sobat, anakkost, berjumpa kembali dengan aku di sini. Dan seperti biasa, aku di sini akan kembali berbagi seputar tutorial tentang game yang telah menjadi kebanggaan kita semuanya yakni tentang game PUBG Mobile.

Nah, untuk bahasan kali ini, aku akan membahas masih seputar Live Streaming PUBG Mobile. Di mana sebelumnya, aku pun telah turut membahas mengenai berbagai cara-cara live streaming nya. Di mana bisa dilakukan di Komputer/ PC. Bisa juga langsung dari handphone android.

Ok, agar bisa mempersingkat waktu. Kita langsung saja, Yuk!

Cara Menghubungkan HP ke OBS Studio (Audio + Video)

Live Streaming PUBG Mobile sejatinya memang tak bisa dilakukan begitu saja, semudah yang kita kira. Karena pada dasarnya, memang ada beberapa hal yang penting juga, yang mesti kamu lakukan. Itu semua, bukan lain supaya bisa menghasilkan hasil streaming yang bagus bahkan juga berkualitas.

Seperti pada yang akan kita bahas kali ini, yaitu tentang Cara Menghubungkan HP ke OBS Studio (Audio + Video).

Begini cara-caranya :

Ok, perlu diingat dulu, bahwa untuk memulainya kamu bisa mulai dengan cara menghubungkan layar android milik kamu ke PC atau laptop, dengan memanfaatkan aplikasi mirroring.

Untuk rekomendasi daripada aplikasinya ini, kamu bisa menggunakan SCRCPY. Namun sebenarnya, aplikasi apa saja bebas sih, tergantung sukanya yang mana. Asalkan, memiliki fungsi dan juga kualitas yang kurang lebihnya sama seperti yang telah disebutkan.

1. Pertama kamu masuk dulu ke software OBS studio.

2. Di sebelah bawah kamu akan menemukan kolom ‘sources’, klik tanda ‘+’, untuk menambahkan layer baru di OBS.

3. Lanjutkan pilih window capture.

4. Pilih aplikasi yang akan ditangkap layar oleh OBS. Untuk lebih mudahnya, kita ambil contohnya saja dengan pakai SCRCPY, dan di sini pilih yang [scrcpy.exe]: …

5 .Selesai. Layar android kamu kini sudah muncul di OBS.

Cara Mencegah Suara Agar Tidak Ikut Kebawa ke OBS

Nah, yang jadi pertanyaan di sini adalah bagaimana cara yang harus dilakukan supaya nantinya suara tidak muncul (ikut terbawa) ke OBS?

Jawabannya sebenarnya mudah saja. Dan aku pun akan sekalian memberikan tutorial singkatnya untuk bisa kamu lakukan nanti.

Untuk perangkatnya sendiri di sini aku akan coba menggunakan kabel AUX male to male. Kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghubungkan Audio aAndroid ke PC

Ok, perihal kabel ini sendiri bisa dilakukan dengan cara colokkan ujung yang satu ke HP. Sementra untuk yang satunya lagi bisaa kamui colok ke PC di port warna biru muda. Kalau dalam bahasa tenarnya namanya port line-in.

Sementra itu untuk mengecek apakah suara HP nantinya memasang sudah muncul di PC atau belum, maka kamu pun bisa langsung liihat di sound properties.

Untuk caranya adalah seperti ini :

[adinserter block=”2″]

Masuk ke control panel > hardware and sound.

Klik sound > tab recording.

Jika sudah, kamu cek apakah port line-in tersebut nantinya sudah menyala centang hijau, ataukah m mang belum. Kalau sudah, mestinya suara HP kamu itu akan sudah bisa muncul di PC.

Cara Menghubungkan Audio Android ke PC dan Cek Sound Properties

Nah, dalam hal melakukan live streaming PUBG Mobile ini, pasti akan kembali timbul pertanyaan lainnya, Line-in terhubung tapi suara tidak keluar?

Ok, begini caranya :

1. Langkah pertama, yakni untuk mengecek suara HP kamu muncul atau tidaknya di PC adalah dengan cara memutar musik.

Namun, kalau suaranya masih tidak muncul di speaker, itu kemungkinan besarnya masalahnya yaitu kamu tidak menyiarkan suara line-in ke speaker.

Nah, untuk cara menyiarkan suara dari device line-in ke speaker, adalah dengan begini …..

[adinserter block=”2″]

Cek line-in properties dengan cara menekan tombol properties di ujung kanan bawah.

Cara Menghubungkan Audio Android ke PC/ Cek Lie in properties

Kaku bisa masuk ke tab listen. Jangan lupa juga untuk pastiken box ‘listen to this device’ tercentang.

Setelah itu, pilih suara dari HP milik kamu yang akan akan disiarkan ke mana. Di sini kita ambil contoh ke speaker/headset atau ke monitor (jika m mang ada speakernya).

Cara Menghubungkan Audio Android ke PC (Cek Line in Properties 2)

Untuk hal ini, kamu bisa mencobanya dengan cara putar kembali musik bahkan juga video. Dan biasanya suaranya pasti akan segera muncul.

Dan mudah-mudahan saja memang tidak ada kendala yang cukup berarti. Yang tentunya bisa membuat pusing kamu.

Namun apabila memang ada kendala, kamu bisa langsung saja kirimkan pertanyaan kamu atau pun keluh kesah kamu tersebut langsung di kolom komentar.

Ok, sekian dulu, mengenai bahasan kita kali ini. Semoga semua bahasan yang telah aku berikan ini bisa jadi bermanfaat buat kamu semuanya. Dan mudah-mudahan pula, bosaembuat live streaming yang kamu lakukan nanti jadi lebih lancar, bahkan kualitasnya pun bagus.

Lagipula Khan, kalau misalnya untuk di YouTube atau bahkan FB gaming, hasil live streaming tersebut haruslah bagus. Ya, paling tidak mudah dim ngertilah. Biar pengunjung juga banyak. Dan pula dapat doku….hehe..

Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments