Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Cara Menghindari Klaim Hak Cipta Video Youtube – Dalam membuat sebuah kontent video untuk youtube seringkali masalah yang kadang dijumpai dalam sebuah konten video youtube adalah hak cipta. Masalah hak cipta ketika kamu upload kontent video di Youtube terkadang memang sangat menyebalkan. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mengalami masalah tersebut, video yang kamu upload di klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video kamu tidak dimonetisasi. Tetapi, ini merupakan kebijakan adil oleh Youtube yang bersifat melindungi sebuah karya. 

CARA MENGHINDARI KLAIM HAK CIPTA YOUTUBE
Cara Menghindari Klaim Hak Cipta Video Youtube

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir untuk masalah tersebut, ada banyak sekali cara supaya kamu bebas klaim masalah hak cipta , tentunya dengan membuat konten video yang telah kamu modifikasi.

Baca juga :  Pengertian Claim Content ID dan juga Pengertian Copyright youtube

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Buatlah video original

Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload kontent video di Youtube, yaitu dengan membuat video original. Pihak youtube sangat menyarankan agar video yang kamu upload adalah video original karya kamu sendiri untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga. Pada dasarnya kamu bisa membuat video asli karya kamu dengan merekam kejadian lucu, bodoh dan konyol orang-orang disekitar kamu atau membuat rekaman lagu sendiri, Membuat film pendek atau apalah yang merupakan hasil kerja keras kamu, Dimana Vidio hasil karya kamu yang di publikasi merupakan sbuah kepuasan batin kamu sendiri, nilai dari sebuah karya tak hanya terletak dari nominal uang yang akan daptkan, tentunya memang ini membutuhkan dua kali kerja, tetapi kamu akan terhindar dari beberapa klaim dari pihak ketiga yang tidak menyenangkan.

Edit Secreatif Mungkin

Ketika kamu akan membuat sebuah konten  untuk youtube dapat menggunakan bantuan tools atau software untuk membuat atau mengedit video. Software editing tersebut bisa berupa Adobe premiere, Vegas atau Final Cut Pro, aku lebih menyarankan 3 software tersebut untuk melakukan editing, kenapa demikian? Karena dari ketiga software tadi untuk fitur dan kegunaanya sangat lengkap sekali, tinggal kita yang creatif dalam mempercantik sebuah video.

Berikut ini merupakan hal yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan software sebagai editor video :

  • Memotong dan Mengkombinasi video-video menjadi satu
  • Menggunakan Video Creative Commons
  • Merubah Suara/Pitch Audio
  • Merubah Resolusi atau Menambah Efek Baru
  • Menambah Intro dan Outro
  • Menambahkan musik Bebas hak cipta

Semuanya akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini, oleh karena itu simak baik-baik langkah demi langkah yang akan aku jelaskan dibawah ini.

Mengkombinasi video-video

Kombinasi video lebih sering kita dengar dengan nama kompilasi, sebenarnya sih dua kata tersebut mempunyai makna hampir sama, yaitu kumpulan video yang berbeda namun mempunyai topik yang sama, video seperti ini sering kita lihat pada acara tv On The Spot atau di youtube juga ada channel yang khusus membuat video kompilasi seperti YTCrash. Berikut ini contoh video kompilasi :

https://www.youtube.com/watch?v=rmMfAqBDR0o

Dengan membuat video kompilasi tersebut tentunya kemungkinan terkena Copyright berkurang, karena video tersebut hanya berisi beberapa detik video aslinya, beda lagi jika si pemilik video melaporkan kepada youtube bahwa video yang dia miliki telah kamu gunakan tanpa izin, walaupun itu hanya beberapa detik, tetapi jika ada laporan tersebut tentu youtube akan menindak hal tersebut.

Maka dari itu lebih baik sebelum menggunakan video orang lain kamu bisa meminta izin dahulu, atau paling tidak kamu menautkan link sumber pada deskripsi video yang kamu buat.

Gunakan Video Licence Crative Commons

Jika tidak ingin ada laporan dan ingin bebas menggunakan video orang lain, maka kamu harus menggunakan video yang ber licence Creative Commons, apa itu creative commons ? apa keuntungan menggunakan video creative commons? penjelasannya bisa dibaca di artikel pengertian creative commons.

cara menghilangkan hak cipta pada video

Cara mencari video creative commons bisa ikuti langkah dibawah ini :

  • Buka youtube
  • Masukan kata kunci dalam pencarian
  • Enter (maka video yang kamu cari akan muncul)
  • Klik Filters dan pilih Creative Commons

Setelah itu semua video yang muncul adalah video yang berlicence creative commons, tinggal kamu download dan upload, tetapi akan lebih baik jika kamu edit ulang menjadi kompilasi atau edit lagi biar menarik. Bisa menambahkan musik atau bahkan menambahkan logo.

Bagaimana cara downloadnya ?

Akan lebih mudah jika komputer kamu sudah terinstal IDM, maka kamu akan dengan mudah mendownload video apa saja di youtube, tinggal play videonya, nanti di pojok atas ata bawah akan muncul , pilihlah kualitas yang paling bagus dengan resolusi yang besar.

Jika bingung harus download idm, cari yang simple saja bang ! kamu bisa mengunjungi situs http://www.keepvid.com, selanjutnya masukan url video yang kamu ingin download dan tunggu deh hasilnya, lalu download.

Merubah Pitch Audio

Merubah pitch audio seperti ini bisa dilakukan dengan bantuan software editor audio seperti Adobe Audition atau yang ringan menggunakan Audacity, aku lebih nyaranin pake adobe saja, biar nanti bisa lebih gampang terintregasi dengan adobe premiere atau adobe lainnya.

Berikut ini tutorial cara merubah pitch suara :

Biasanya dengan merubah pitch suara dapat menghindari klaim hak cipta, namun kekurangannya suara atua audio dalam video tersebut akan terasa aneh dan mungkin bisa membuat penonton males nonton video kamu karena suaranya aneh, jadi hati-hatilah dalam merubah pitch suara.

Merubah Resolusi Video

Biasanya kita menonton video bisa memilih mau resolusi 1080p 720p atau 144p, terkadang di beberapa video yang muncul itu hanya 360p atau 720p, itu berarti video tersebut aslinya memang mentok di 720p atau 360p.

Nah cara ini juga bisa kita gunakan untuk mengakali video yang mempunyai hak cipta, pertama kamu bisa menurunkan resolusi video asli, misal dari 1080p kamu ubah menjadi 720p, untuk cara mengubahnya gampang kok, kamu bisa menggunakan software Hanbrake, selain untuk memperkecil ukuran video, hanbrake juga bisa memperkecil resolusi sebuah video. silahkan baca disini

Perhatikan gambar berikut ini pada option Size

Berikut ini urutan resolusi dalam sebuah video, silahkan sesuaikan dengan yang kamu inginkan.

Setelah resolusi video berubah lebih baik kamu menambahkan frame pada video tersebut. Ini supaya lebih menyamarkan video aslinya.

berikut contoh frame yang menggunakan frame hitam disetiap pinggir video :

Untuk memasukan frame seperti ini kamu bisa melakukannya pada saat editing di adobe premiere, jadi setelah kamu ubah resolusinya, edit di premiere, atau vegas atau yang lainnya, kemudian tambahkan frame dalam video tersebut.

Frame sendiri bisa kamu buat di Photoshop, atau bisa mencarinya di google, atau bahkan kamu bisa membuat frame blur sendiri seperti di bawah ini.

Di dunia maya banyak sekali software yang bisa digunakan untuk mengedit sebuah vidio. Tentunya, kamu harus memiliki keahlian untuk mengoperasikan software editor vidio. Jika kamu belum bisa, Pastinya kamu harus mau belajar, tentunya banyak sekali tutorial di internet yang akan mudah kamu dapatkan.

Menambahkan Intro dan Outro

Pada artikel sebelumnya aku telah membahas tentang peranan penting intro dan outro pada sebuah video, silahkan baca disini.

Selain menggabungkan antara penambahan frame, editing pitch audio, maka akan lebih sempurna dengan menambahkan intro dan outro pada video, untuk pembuatannya kalian bisa mendownload templatenya dibawah ini. Kreasikan dan edit sebagus mungkin.

Download template diatas Elegant Logo

Download Template Intro video

Gunakan Audio Bebas Hak Cipta

Dimana Yotube itu sendiri sudah menyediakan juga konten audio free yang support iklan  dan bebas hak cipta, untuk audio youtube gratis kamu bisa mendapatkannya pada Audio Library youtube, baca selengkapnya disini.

Selain audio library youtube, ada juga musik-musik yang keren dan kamu bisa mendownloadnya secara gratis di channel NCS, selain channel ncs juga masih banyak lagi penyedia musik no copyright, lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel situs tempat download musik bebas hak cipta.

Youtube memiliki system detektor yang sangat canggih, dimana system ini tentunya melindungu sebuah karya, ia bisa mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari sebagian atau potongan suara dan klip video yang kamu upload, namun dengan cara di atas tadi  setidaknya dapat memberikan peluang untuk menghindari pelanggaran hak cipta pada konten yang kamu upload.

Bagaimana jika sudah terlanjur di upload dan ternyata mendapatkan notifikasi pelanggaran hak cipta seperti gambar dibawah ini.

Jika demikian maka itu tergantung kamu sendiri, mau di hapus dan di edit ulang videonya, atau dibiarkan saja tetap demikian, toh kalo cuma 1 2 video yang terkena hak cipta tidak akan apa-apa, paling kerugianya hak monetise video tersebut diambil alih oleh di pengclaim hak cipta. Jadi kamu tidak dapat sepeserpun dari video tersebut.

Tapi menurutku jika memang kebutuhan mendesak untuk backsound video seperti di gambar itu, kenapa tidak. walaupun hak iklan diambil oleh sang pemilik lagu, akan tetapi konten kita bisa tayang secara maksimal dengan audio yang bagus. Lumayan juga untuk menjaring subscriber baru, jika memang subscirber sudah banyak dan views ribuan, baru deh berpikir ulang untuk menjauhi hal yang berbau hak cipta.

Semoga artikel cara menghindari pelanggaran hak cipta diatas bermanfaat bagi semua.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - download video tanpa hak cipta - cara menghilangkan hak cipta di youtube - menghindari hak cipta youtube - cara menghilangkan hak cipta pada video - cara menghindari copyright youtube - cara menghilangkan copyright video - cara mengatasi youtube yang kena coprigh - cara membuat video youtube copyright - menghindari pelanggaran hak cipta youtube - Cara benar upload video agar lagu tidak melanggar hak cipta -
  • hendra slank

    mas bro saya baru belajar tentang you tube nih, tolong bantu ya,,,
    gini mas, saya udah ngedit video nya udh saya tambahkan suara,gambar dan videonya sudah saya kombinasikan dan saya pendekan. tapi kok masih terkena klaim hak cipta ya mas?

    • admin

      hak cipta dari lagu atau video ?

  • wayan

    mas bro cara mengatasi ini gmna ya Ada konten berhak cipta pada video Anda.
    Penggugat mengizinkan penggunaan kontennya dalam video YouTube Anda. Namun, iklan dapat muncul dalam video tersebut.

  • wayan

    mas bro cara mengatsi ini gmna ya mas, Ada konten berhak cipta pada video Anda.
    Penggugat mengizinkan penggunaan kontennya dalam video YouTube Anda. Namun, iklan dapat muncul dalam video tersebut.

    • admin

      itu berarti iklan yang tayang di video kamu hasilnya akan diterima oleh sipembuat lagu, atasinya ya ganti lagi, upload ulang. tapi kalo menurut saya sih, kalo udah pas sama lagu biarin aja, kedepannya harus hati2 dalam pemilihan lagu /musik

  • lala

    Gan mau nanya, apa download musik di youtube ga semua ada? soalnya saya mau download lagu dari youtubenya beberapa kali tapi selalu ga dapet lagunya.

    • admin

      semua ada kok,,,

  • admin

    Nanti akan kita bahas cara mendaftar kontent id youtube bagi yang ingin videonya mendapat hak cipta

    • Abdul

      mas bro gimana cara ngatasi, sya upload video beserta suaranya trus terkena klaim hak cipta, padahal videonya sudah saya potong-potong (gabungin dengan video lain)..

  • emo

    Ane uploud video moto gp gan, udah ane edit seperti saran agan, mulai dari resolusi sampai ane crop dikit frame video nya biar watermark motogpnya gak kelihatan, n ane dah ganti audionya tapi tetep aja kena hak cipta, sedangkan video serupa di chanel lain aman2 aja bahkan view nya udah 100san ribu lebih, apa ada tri lain gan, seperti gak memonetisasi video dahulu, seperti youtube pilih kasih hehehehe

    • AnakKost

      sudah dijawab di komentar terbarunya

  • Assutrada

    halo gan ane masih belajar tentang youtuber ane uploud video moto gp, ane sudah penggal video, kurangin resolusi sampai frame video nya aku potong biar watermark motogpnya ketutup, audionya dah diganti, tapi tetap kena hak cipta visual dari dorna motosport, sedangkan video lain yang live atau editan minim di chanel lain malah aman2 aja, sampai view 100 ribu, apa ada trik lain gan seperti waktu yang tepat momenetasi video mungkin??
    apa youtube aja yang semakin ketat?
    apa ada yg anda rahasia kan??
    hehehehe sory gan kepo

    • AnakKost

      terimakasih sebelumnya telah berkunjung ke blog saya gan,,
      perihal upload motogp teman saya waktu itu pernah mengalamai masalah serupa, dan memang biasanya kalau full durasi rentan banget, namun biasa teman saya hanya upload beberapa lap saja, ambil saja lap terakhir.
      Youtube emang semakin ketat gan pastinya, lebih baik upload video sendiri, hasil sendiri. dijamin hasilnya bisa lebih berkah dan bisa menambah wawasan agan, sekedar saran saja ya.
      walaupun yang lain ada yang sampai 100rbu view namun percuma, tidak akan bertahan lama gan, paling lama juga 3 bulanan. selanjutnya bangun dari awal lagi.

  • satrio

    om, ane ada bikin video cover gitar..nah dapet teguran dari yang punya lagu trus video ane ga muncul2 di pencarian…tau gak penyelesaiannya gimana ?

  • Lutfhi

    Min, Misalkan saya ngeRecord pertandingan sepakbola dari parabola ke pc saya, dan kemudian saya potong-potong menjadi satu video yang berisi, misalkan ” Real Madrid vs Barcelona 1-1 – All Goals & Extended Highlights | HD “. Apakah saya mempunyai resiko besar untuk terkena copyright dan tidak dimonetisasi ? Dan tolong solusinya min masih bingung