Chat WhatsApp Kamu Terhapus? Pakai Cara Ini Untuk Mengembalikannya!

Anakkost.tv – Bukan tidak mungkin, jika sesekali kamu tentunya akan melakukan hal seperti ini. Yakni menghapus pesan atau pun chat yang masuk ke handphone kamu. Padahal kamu belum membacanya sedikit pun. Tentunya kesel banget bukan?

Namun tahan dulu keselnya, setidaknya untuk saat ini saja. Karena kali ini kita akan sama-sama bahas tentang cara mengembalikan Chat WhatsApp yang telah terhapus.

Yuk! Kita mulai pembahasannya…

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Telah Terhapus

Cara mengembalikan pesan/ Chat WhatsApp yang telah terhapus, sebenarnya ada dua cara. Yang pertama langsung (tanpa menggunakan aplikasi), yang satu lagi dengan menggunakan aplikasi.

Nah, yang akan kita bahas kali ini yaitu cara mengembalikan Chat WhatsApp yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi.

– Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara mengembalikan chat WhatsApp, sebenarnya dapat kita lakukan dengan mudah, yakni denganmenggunakan fitur backup yang ada di WA.

Jadi intinya di sini, saat kita menggunakan WhatsApp, pastikan dahulu bahwa kita akan selalu melakukan backup semua file WA ke Google Drive.

Contohnya di saat kita harus berganti HP atau mungkin saja saat terdapat suatu masalah pada aplikasi WA yang menyebabkan chat kamu hilang. Maka secara otomatis kita pun dapat mengembalikannya dengan cukup mudah.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, tentunya kita pun wajib untuk mengaktifkan fitur backup di WhatsApp milik kita. Ini caranya!

– Cara Backup WhatsApp ke Google Drive

Berikut ini mengenai tata cara backup WhatsApp ke Google Drive

  1. Jalankan aplikasi WhatsApp yang ada di HP kamu.
  2. Setelah itu pilih tombol Menu dengan tiga titik yang letaknya berada di pojok kanan atas.
  3. Lalu kamu pilih Settings.

4. Di dalam menu settings, kita lalu pilih Chatting.

5. Selanjutnya, pilih Chat Backup atau Cadangan Chat

6. Kemudian klik pada Backup to Google Drive. Lalu setelahnya kamu pilih frekuensi backup yang kamu inginkan. Nah, backup data pun akan segera dilakukan.

7. Setelah itu selesai, kita biasanya akan diminta untuk memilih akun Google yang akan kita gunakan untuk mencadangkan file WhatApp tersebut.

8. Maka untuk selanjutnya klik Backup lalu pilih jaringan yang nanti akan kamu gunakan untuk proses backup.

9. Backup selesai.

– Cara Restore Chat WhatsApp

Dan selanjutnya tinggal ke cara yang terakhir, yaitu mengenai cara Restore Chat WhatsApp. Langsung di simak saja!

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP kamu yang baru. Klik Agree, lalu Continue atau Setuju, dan Lanjutkan.

2. Selanjutnya kamu bisa login dengan menggunakan akun WA kamu. Selanjutnya asukkan nomor HP kamu (yang kamu gunakan untuk WhatsApp). Lalu tekan tombol Next.

3. Jika nomor sudah benar, langsung saja klik OK. Namun jika terdapat kesalahan, maka kita bisa mengeditnya dengan menekan tombol edit. Dan betulkan letak kesalahannya.

4. Setelah itu, maka kamu pun akan menerima SMS yang berupa kode verifikasi untuk melanjutkan proses login. Jika nomor tersebut kita pasang di HP kita yang baru, maka proses verifikasi pun akan langsung bisa dilakukan dilakukan secara otomatis. Namun jika memang tidak, kita bisa memasukkannya dengan cara manual.

5. Nah, setelah nanti proses verifikasi selesai. WA kamu pun akan langsung membaca sekaligus pula akan mencari file backup yang ada di dalam Google milik kita. Namun jika WA tidak menemukannya, mungkin saja kita belum menambahkan akun Google tersebut di HP kita yang baru tentu saja. Maka alangkah baiknya tambahkan akun google dahulu, agar proses backup pun bisa dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.

6. Dan, setelah file backup tersebut akhirnya ditemukan. Kamu Klik restore untuk bisa mengembalikan semua data yang ada di akun WA milik kamu.

7. Tunggu sejenak hingga proses restore pun selesai. Lama tidaknya, itu memang tergantung dari proses dengan besar kecilnya data backup sekaligus juga dengan kecepatan internet yang tentunya kita gunakan.

Oleh karena itulah, maka wajib sekali bagi kamu untuk menggunakan koneksi WiFi agar proses lebih cepat serta tidak akan menghabiskan banyak kuota data. (Biasa ngirit, Guys….hehe).

  1. Jika sudah selesai, berikutnya tinggal klik Next, yakni untuk melanjutkan ke tahapan yang selanjutnya.
  2. Nah, pada tahapan ini, maka kita pun akan dapat menentukan kembali foto profil sekaligus nama WhatsApp yang akan kamu gunakan nanti. Dan secara default, WhatsApp pun akan mengisi nama bahkan juga foto profil sesuai dengan akun WhatsApp pada HP kita yang telah lama. Jika sudah cocok, maka selanjutnya, klik Next.
  1. Setelah kamu bisa dikatakan berhasil masuk ke menu utama WhatsApp. Maka di sana akan terdapat tulisan Restoring Media. Dalam tahapan yang ini, WA nantinua akan mengembalikan semua media seperti halnya gambar, audio, GIF, video, bahkan dokumen.

11. Kamu sebaiknya biarkan saja hingga, sambil menunggu proses tersebut selesai.

Gimana? Gampang bukan? Jelas gampang lah, Guys! Makanya kamu pun wajib coba cara-cara yang disebutkan di atas. Dan mudah-mudahan saja bisa membantu apa yang kini menjadi bahan keluh kesah serta kesulitan kamu.

Ok, karena penjelasannya sudah selesai, maka aku pun selaku penulis di sini mohon izin pamit dulu pada pata sahabat semuanya. Dan tidak lupa ucapkan banyak-banyak terimakasih karena telah bersedia menyimak artikel ini sampai tuntas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of