Androidmu Punya Koneksi Internet Lemot? Atasi Dengan Cara Ini

Anakkost.tv – Sinyal lemot atau pun koneksi tidak stabil memang kerap dialami pengguna smartphone pintar Android.

Namun, kendati demikian, janganlah terburu-buru merasa putus asa, karena pada dasarnya apapun kesulitan yang kita dapatkan tentulah akan temukan pula jalan keluarnya.

Sama halnya dengan mengatasi sinyal lemot di smartphone android berikut ini.

7 Cara Atasi Koneksi Internet Lemot di Android

Koneksi internet yang lemot bisa diatasi dengan melakukan hal-hal sederhana di bawah ini. Namun biar dikata carnya sangat  sederhana, namun tentunya membawa pengaruh luar biasa pagi penggunanya.

Yuk, langsung simak saja cara mengatasi  internet lemot di handphone android.

  1. Menghapus Cache Aplikasi

Aplikasi yang di dalamnya memiliki cache jika dibiarkan berlarut-larut tentunya akan bisa memberatkan performa pada perangkat smartphone milikmu. Selain memang akan menimbulkan pengaruh besar terhadap ferforma, ternyata juga bisa membuat proses layanan data internet kamu menjadi bertambah berat jika cache terus menerus dibiarkan menumpuk.

Agar nantinya koneksi internet di perangkat smartphone kamu bisa lebih berjalan semakin cepat, maka senantiasa rutinlah untuk membersihkan cache-nya.

Cara membersihkan cache di sini bisa dengan cara manual. Dan bisa juga dengan memakai bantuan Clean Master atau One Tap misalnya.

  1. Gunakan Ad Blocked

Banyaknya iklan yang muncul di perangkat kamu juga bisa menyebabkan jalannya koneksi internet menjadi  lambat. Maka oleh karena itu jangan terlalu lama tidak memblock iklan. Karena jika hal ini terjadi, kamu pun akan terus-terusan mengalami gangguan sinyal lemot.

Untuk cara agar bisa memblokir iklan pada browser, kamu bisa menggunakan bantuan Ad Blocker, seperti UC Browser atau bisa juga Opera Browser.

  1. Nonaktifkan Tethering

Semuanya tentu sudah pada tahu, apabila tethering adalah aktivitas yang tebgunha sangat bermanfaat untuk menjadikan perangkat smartphone sebagai hotspot. Lebih bisa dikatakan, kamu bisa menjadikan perangkat android kamu tersebut sebagai perangkat Wifi portable. Untuk selanjutnya akqn bisa membagikan koneksinya terhadap perangkat lainnya.

Biar pun demikian, karena jaringan internetnya memang harus terbagi-bagi, tentu saja kamu pun harus siap-siap untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Dan untuk lebih bisa mempercepat  jaringan internet Wifi tersebut, kamu pun tentunya wajib menonaktifkan fitur tethering sehingga jaringan internet akan tetap fokus pada ponsel milikmu saja.

  1. Gunakan Jaringan 4g Only – 3g Only

Untuk hal yang satu ini, tentunya bisa kamu lakukan apabila perangkat android milikmu tersebut memang sudah mendukung jaringan 4G bahkan juga 3G. Jika memang sudah mendukung, maka kamu pun tentunya akan lebih bisa mengatur kecepatan jaringan internet dengan dua opsi jaringan yang ditawarkan di atas.

Agar kamu bisa mengaktifkan jaringan internet 4G atau 3G caranya pun cukup mudah. Di mana kamu hanya perlu pilih menu setting lalu pilih more, kemudian mobile network, hal yang dilakukan selanjutnya yakni pilih network mode, terakhit pilih jaringan 4G only atau 3G only sesuai kebutuhan yang kamu inginkan.

Selain itu kamu juga bisa memakai aplikasi 3G atau 3G speed optimizer yang sama-sama memiliki fungsi unguk mempercepat akses internet sampai dengan 200%.

Kenapa dianjurkan memakai bantuan aplikasi tersebut? Karena sejatinya memang kedua aplikasi di atas akan sangat bisa bekerja dengan memberikan tweak secara khusus sehingga nantinya bisa memberikan keleluasaan dalam memilih sekaligus mengatur kecepatan akses internet sesuai keperluan. Namun sayangnya, untuk memakai aplikasi tersebut, perangkay smartphone kamu tentunya harus di root terlebih dahulu.

  1. Gunakan VPN

Selanjutnya bisa menggunakan VPN. Dan untuk pilihannya sendiri memang sudah tersedia banyak di aplikasi Google Playstore. Dengan kata lain, untuk bisa memilikinya kamu pun hanya perlu memilih aplikasi mana yang memang mempunyai rating tinggi dan terbanyak digunakan.

VPN sendiri selain dapat mempercepat akses internet, tentunya juga bisa digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir pemerintah. Namun terlebih dulu harus pastikan untuk terhubung dengan IP Address di lokasi/negara yang cocok.

  1. Setting User Agent

Di saat ini memang telah banyak terdapat situs-situs yang sudah responsive yang nantinya juga bisa berguna agar bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis jika dibuka lewat perangkat smartphone.

Walaupun begitu, terkadang memang masih saja ada pihak yang tetap memaksa memakai tampilan web untuk komputer di dalam perangkat ponsel. Hal tersebut justru hanya akan membuat akses internet menjadi lebih berat.

Dan untuk bisa mengatasi hal tersebut, kamu pun tentunya bisa mengganti user agent pada browser ke perangakat mobile. Setting user agent tersebut nantinya memiliki tujuan untuk kompres data menyesuaikan tampilan dalam mobile.

  1. Reset Pengaturan Jaringan

Hal ini juga bisa dikatakan akan memperlancar jaringan internet di Android. Dan jika ponsel Android kamu memang mengalami kendala tersambung ke wifi atau terhadap jaringan seluler, maka kemungkinan besarnya akan ada juga masalah dengan pengaturan jaringan di hp kamu.

Dan dalam mengantisipasi hal ini maka kamu pun bisa melakukan reset pengaturan jaringan tanpa harus khawatir bahwa nantinya ponsel milik kamu juga akan ikut-ikutan ter-reset sehingga menghapus seluruh data yang ada di ponsel kamu.

Hal ini juga turut diungkapkan olen Business Insider. Dimana kamu bisa melakukan reset jaringan dengan cara berikut ini :

– Yang Pertama kamu harus buka terlebih dahulu pengaturan ponsel.

– Selanjutnya pilih ‘system’ atau ‘general management’ tergantung pada sistem operasi yang sedang kamu digunakan.

– Jika sudah kamu bisa pilih ‘reset’ atau ‘reset options’. Kemudian pilih ‘reset network settings’.

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, maka perangkat Android  milik kamu pun akan melakukan restart secara otomatis. Apabila ponsel telah menyala kembali, pengaturan jaringan pun bisa diatur ulang.

Nah itulah tentang cara mengatasi koneksi internet lemot di android. Terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of