Takut Ancaman Hacker?! Yuk, Amankan Akun Gmail dan Youtube Kamu Dengan Cara Ini!

Anakkost.tv – Banyaknya hacker yang kerapkali berkeliaran bahkan siap merongrong berbagai hal terutamanya terkait identitas kita, tentunya membuat kita sendiri terkadang menjadi was-was. Ya, walau boleh dikatakan kita sendiri sudah benar-benar mengantisipasi terkait hal-hal tersebut. Namun siapa yang menyangka, sedikit keteledoran kita justru malah menjadi mangsa empuk untuk seorang hacker!

Ya, pemikiran manusia memang serba terbatas, hal-hal kecil bahkan kerapkali sering menjadi lupa mengingat aktivitas kita sendiri yang padat. Yang tentunya memang bukan hanya sekedar 1 hal saja yang mesti kita ingat setiap harinya.

Gmail, Menjadi Salah Satu Incaran Rongrongan Hacker

Salah satu yang mesti kita tinjau bahkan amati setiap saat yakni tentang Gmail kita. Karena Akun Gmail ini sendiri telah menjadi bahan makan emping bagi kalangan hacker.

Di mana pada nantinya, hacker pun akan membobol akun Gmail bahkan password yang kita miliki dan mencuri identitas kita. Kebanyakannya, di mana nantinya akan digunakan untuk tindakan penipuan bahkan pula pencurian.

Bisa bahaya banget loh, Guys!

Bagaimana Cara Mengamankan Akun Gmail Kita?

Biar pun kejahatan hacker memang kerapkali marak terjadi, namun bukan berarti kamu harus terus was-was dalam menghadapi berbagai hal-hal tersebut. Karena cara-cara di bawah ini, setidaknya bisa menanggulangi terkait berbagai kejahatan seorang hacker.

  1. Gunakan Password Unik (Sulit)

Agar kata sandi tidak mudah terbaca atau pun terdeteksi hacker, maka wajib di sini supaya kamu membuat password unik. Bahkan kalau bisa dengan level kesulitan tingkat tinggi. Karena dengan begitu, otomatis hacker pun akan bingung dalam membobol Gmail milikmu yang di dalamnya telah berisi data-data penting.

Terkait kata sandi yang bisa kamu gunakan di sini alangkah baiknya jika kamu menggunakan kata sandi dengan kombinasi kalimat atau pun kata-kata yang unik dan hanya Anda ketahui untuk semua akun online.

Jangan lupa pula, untuk memasukkan simbol atau juga menggunakan huruf besar untuk membuat hacker semakin sulit dalam membobol akun milik kamu.

  1. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah verifikasi 2 langkah (two factor authentication, 2FA).

Dengan cara ini, tentunya hacker akan membutuhkan enam digit angka acak yang dikirimkan ke aplikasi autentikasi.

Nah, untuk bisa menyalakan fitur ini, kamu sendiri bisa mengaksesnya via laman keamanan akun Google, lalu klik 2-Step Verification. Selanjutnya, tinggal pilih bagaimana cara angka acak tersebut muncul di perangkat milikmu.

  1. Periksa Riwayat Aktivitas Akun

Ini pun menjadi hal yang sangat penting. Karena ada kemungkinan hacker akqn mampu mengakses akun Gmail tanpa sepengetahuan kamu.

Dan untuk bisa mengecek hal tersebut, kamu hanya perlu login ke akun Gmail lalu scroll ke bagian paling bawah dari antarmuka web Gmail.

Nantinya kamu akan menemui teks kecil mencolok yang mengatakan ‘Last Account Activity’, yang akan memberi tahu kamu tentang aktivitas terakhir di dalam akun milikmu.

Selanjutnya kamu klik pada tautan “Detail” dan akan ada jendela yang muncul, lengkap dengan daftar 10 alamat protokol internet terakhir yang diketahui mengakses akun.

Di bagian bawah, kamu juga dapat mengaktifkan preferensi peringatan yang akan menunjukkan peringatan setiap kali Google telah menentukan kegiatan tertentu sebagai kegiatan yang disinyalir tidak biasa.

Juga di bagian atas, kamu pun bisa logout dari semua sesi pada akun Gmail milikmu hanya dengan cara mengklik ‘Sign out all other web sessions’.

Cara Mengamankan Akun Youtube

Mengamankan Gmail, tentunya hampir sama dengan kita mengamankan akun Youtube kita. Dan seperti yang kita tahu, bahwa baik Gmail dan Youtube ini memang sama-sama rentan terhadap gangguan seorang hacker.

Terkait cara hacker merongrong data kita di Youtube seringkali disebut dengan ungkapan Phishing. Yang mana Phishing sendiri bisa dikatakan suatu proses yang bertujuan untuk mengecoh seseorang agar nantinya bisa memberikan informasi pribadi seperti halnya nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial/nomor identitas nasional, bahkan sampai dengan data-data keuangan, bahkan yang lainnya. Dan biasanya, setelah mendapatkan informasi tersebut, si pelaku pun akan memakainya untuk mencuri uang, harta benda, atau bisa juga identitas kamu.

Dan satu hal penting juga yang harus kamu benar-benar ingat di sini, yakni YouTube tidak akan pernah meminta kata sandi, alamat email, apalagi sampai dengan informasi akun lainnya dari kamu. Oleh sebab itulah, kamu pun jangan sekali-kali pernah dan mau terkecoh apabila tiba-tiba saja seseorang datang menghubungi kamudengan berpura-pura seolah-olah itu dari pihak YouTube! Itu sangat mmustahil!

Nah, berikut ini, hal yang bisa kamu lakukan dalam mengamankan akun Youtube milik kamu selain ungkapan di atas tadi:

  • Tambahkan nomor telvon pemulihan besrta email keamanan kedua ke akun Google milik kamu. Namun tanpa dilengkapi dengan nomor telepon juga email keamanan. Karena hal itu tentunya akan membuat akun kamu dapat mudah diakses oleh seseorang yang mengetahui atau pula menebak jawaban pertanyaan daripada keamanan kamu. dan bagi kamu yang ingin memperbarui keamanan dari pada informasi youtubr milik kamu sendiri, kamu bisa langsung melakukannya di sini.
  • Jaga agar informasi pemulihan kamu, agar tetap aman dan selalu yang terbaru.
  • Buat kata sandi yang unik serta kuat untuk Akun Google (jangan sekali-kali menggunakan info login serta sandi yang sama untuk situs lain).  Dan dibawah ini, tentang cara-cara atau pun tips untuk membantu kamu dalam membuat sandi yang kuat:
    • Sandi harus berisi minimal 8 karakter, memadukan angka serta huruf, dan tidak mencakup kata-kata yang biasanya dipakai.
    • Pilih kata atau akronim, kemudiansisipkan angka di antara beberapa huruf.
    • Sertakan tanda baca.
    • Gabungkan huruf besar dan juga huruf kecil.
    • Jangan pernah gunakan ulang sandi yang terkait dengan jenis akun lain mana pun.
    • Jika akun kamu diatur untuk perusahaan atau pun organisasi, tinjau sertaperbarui sandi bahkaninformasi pemulihan saat ada staf yang berhenti bekerja dari perusahaan kamu.

Itulah tentang berbagai cara mengamankan akun Gmail bahkan pula Akun YouTube kamu dari gangguan hacker. Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah setia bersama anakkost.tv.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of