Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Google Play

Anakkost.tv – Seiring update’nya mode gelap yang diterapkan pada Gmail, kini pihak Google pun tampaknya mulai merilis kejutan baru. Yakni dengan hadirnya sistem Dark Mode (tampilan mode gelap) yang juga akan mulai di terapkan lewat Google Play. Nah, bagi kamu yang merasa penasaran akan tampilan mode gelapnya itu seperti apa? Ini dia sedikit tentang gambarannya.

Tampilan Lama (Standar) Google Play Store

Berikut ini gambaran tampilan lama Google Play sebelum tampilan mode gelap (Dark Mode).

Tampilan Baru (Mode Gelap)

Jika yang berikut, merupakan tampilan Google Play setelah melewati sistem Dark Mode. Keren juga ya, Guys??

Mode Gelap Play Store

Seiring dengan peresmian rilisnya Android 10 oleh Google. Membuat sistem operasi untuk Android pun tentu juga kian bertambah. Salah satunya dengan hadirnya tampilan Dark Mode (mode gelap) yang tentunya akan menampilkan beberapa fitur yang tersedia di dalamnya menjadi bertambah keren.

Memang tidak bisa di pungkiri, jika tampilan Dark Mode (mode gelap) dalam tampilan visual serba gelap memang telah menjadi suatu tren di kalangan aplikasi-aplikasi mobile pada saat ini.

Dan bukan hanya untuk sekedar Google, tren mode gelap juga saat ini telah pula di adopsi di dalam aplikasi-aplikasi Apple. Yang sedikit membedakannya mungkin hanya satu, yakni jenis smartphone yang di gunakannya saja.

Bahkan menurut lansiran dari berita, fitur Dark Mode ini tidak hanya akan berlaku di antar muka sistem aplikasi, melainkan akan turut pula berlaku pada aplikasi-aplikasi pihak ke tiga lainnya. Seperti halnya Pocket, Amazon Kindle, dan Gboard.

Pada awalnya, Google memang telah berencana untuk meluncurkan banyak detail tentang munculnya android 10 ini. Yakni salah satunya dengan memperbarui semua aplikasi utama dengan menampilkan Dark Mode sistem. Tapi karena dalam kurun waktu lebih dari seminggu sejak versi stabilnya itu di rilis, ternyata bagian XDA Developers mendapati bahwa perangkat pixel bahkan dua aplikasi utama milik Google ini belum juga mendapatkan fitur Dark Mode. Dan dua aplikasi yang dimaksudkan tersebut bukan lain daripada Google Play bahkan pula Gmail.

Nah, karena terkait hal tersebut itulah, pada akhirnya pihak Google pun mulai memberikan pembaharuan Drak Mode untuk Gmail, beberapa saat yang lalu. Dan tak lama berselang setelah pembaharuan itu selesai dibuat, akhirnya pihak Developer pun turut melaporkan, bahwasanya aplikasi Google Play pun, akhirnya mulai mendapatkan tampilan Dark Mode.

Dan untuk sekedar penjelasan, perangkat yang di gunakan untuk membuka aplikasi Play Store ini yakni Google Pixel 2 XL, dengan sistem operasi Android 10 di dalamnya.

Dan setelah ditampilkannya Dark Mode dalam Play Store ini, tampilan yang di perlihatkan akan menjadi berwarna abu-abu gelap, bahkan bisa di sebutkan hampir hitam pada bagian background aplikasi ini.

Dan apakah setelah dipasang tampilan Dark Mode di aplikasi Google Play ini akan memberikan manfaat?

Jawabannya tentu saja akan sangat bermanfaat. Karena dengan adanya tampilan Dark Mode ini, selain akan mempermudah mata kamu untuk melihat tampilan di dalam aplikasi, kamu juga akan sekaligus menghemat daya pemakaian baterai daripada smartphone milik kamu sendiri. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung tampilan Mode Gelap (Dark Mode) ini akan memungkinkan perangkat untuk mematikan atau lebih tepatnya meredupkan masing-masing Pixel yang ada di layar.

Namun sayangnya, pembaruan ini baru dapat digunakan oleh beberapa pengguna saja. Dikarenakan setelah dicoba menggunakan memakai perangkat lain, ternyata Play Store belum mampu menampilkan mode gelap selayaknya yang telah di tawarkan oleh Android 10.

Aduh, sayang banget ya, Guys….! Padahal aku sendiri sudah tak sabar nih untuk menggunakan mode gelap dalam Play Store itu. Tapi tidak usah berkecil hati dahulu. Karena mungkin saja suatu hari nanti sang pengembang pun tentunya akan pula lebih memahami. Bahkan bisa dibilang tidak akan mustahil, jika Dark Mode yang sekarang hanya bisa  di tampilkan lewat Android 10, untuk ke depannya tampilan Dark Mode ini akan bisa di tampilkan di seluruh pengguna smartphone Android. Amiiinnn…..! Kita doa’akan saja yuk, Guys ….! Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments