Cara Menanggapi Kebijakan Baru Youtube dalam Hal Monetisasi

Anakkost.tv – Kamu semua pastinya sudah pada tahu mengenai kebijakan baru youtube ini, tentang persyaratan kelayakan sebuah channel youtube untuk bisa menjadi Program Partner Youtube atau lebih dikenal dengan sebutan monetisasi. Untuk mengajukan monetisasi tidak lagi semudah dulu, dimana cukup dengan membuat sebuah channel dan upload minimal 3 video sudah bisa mengajukan dan banyak yang disetujui.

kebijakan baru monetisasi

Kebijakan Terbaru Program Partner Youtube (YPP)

Namun berbeda dengan sekarang dimana jika kamu ingin menjadi Partner Youtube harus mempunyai 4.000 jam waktu menonton yang terhitung selama 12 bulan terakhir dan sudah memiliki 1.000 subscriber. Sehingga channel kamu bisa dikatakan layak untuk mengajukan monetisasi dan di tinjau oleh pihak youtube untuk disetujui.

Kebijakan ini mulai ditetapkan pada tanggal 16 Januari 2018 kemarin dan tidak menutup kemungkinan kedepan nya terdapat kebijakan – kebijakan baru lagi seiring berjalannya waktu. Karena youtube sendiri berusaha untuk meminimalisir spammer, peniruan identitas dan pelaku – pelaku kejahatan yang bisa saja merusak ekosistem yang ada.

Akan tetapi dibalik semua itu, youtube juga tidak ada henti – hentinya memberikan sebuah penghargaan terhadap kreator – kreator yang telah menyukseskan platfrom youtube. adapun hal lainnya yang wajib kamu ketahui agar tidak menjadi sebuah pertanyaan yang tidak tahu pada siapa harus bertanya!

Kelayakan Channel untuk Dimonetisasi

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, bahwa semua kreator youtube bisa mengajukan sebagai partner youtube namun harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan tanpa bisa melakukan penawaran. Dimana harus mendapatkan 4.000 jam menonton dalam waktu 12 bulan dan 1.000 subscriber. Adapun efek yang bisa didapatkan dari hal tersebut, seperti pendapatan dari iklan yang akan lebih maksimal dan dapat memisahakannya dari pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk mengecek waktu menonton yang asli bisa dilihat pada bagian Youtube Analytics berikut dengan jumlah subscriber.

Cara Mengajukan Menjadi YPP

Terdapat dua hal dalam mengajukan untuk menjadi YPP dimana yang pertama jika kamu pernah mengajukan sebelumnya, maka ketika mencapai ambang batas akan langsung di evaluasi ulang secara otomatis berdasarkan ketentuan yang baru dan bisa kamu cek sendiri pada bagian Monetisasi di channel youtube nya.

Kedua, jika kamu belum pernah mengajukan untuk menjadi YPP maka bisa mengikuti 4 langkah di bawah ini dan jika sudah mencapai ambang batas maka channel akan di tinjau kembali untuk bisa bergabung.

  1. Kamu login terlebih dahulu pada channel youtube dengan menggunakan browser
  2. Kemudian masuk pada bagian profil yang ada di pojok kanan atas dan klik “Creator Studio

  1. Lihat pada bagian sebelah kiri, kemudian pilih dan klik “Channel” dilanjutkan pada klik “Status dan Fitur

monetisasi

  1. Kemudian kamu klik kembali bagian “Monetisasi” setelah itu klik kembali “Aktifkan” pada bagian monetisasi.

aktifkan monetisasi

  1. Ikuti langkah selanjutnya untuk menyetujui persyaratan YPP, dan bisa kamu lihat di bagian terakhir apakah channel kamu sudah masuk kriteria sepenuhnya atau belum.

Jika sudah memenuhi maka tinggal kamu tunggu peninjauan dari pihak youtube dan setelah di setujui maka kamu bisa malanjutkannya untuk membuat akun adsense serta menentukan preferensi monetisasi itu sendiri terutama dalam pembuatan format iklan.

Disetujui atau Tidak Disetujuinya YPP

Disini kamu bisa dikatakan H2C, karena dalam mengajukan sebuah permohonan tidak selamanya diterima walaupun syarat dan ketentuan utamanya sudah terpenuhi melainkan harus bersabar terlebih dahulu. Karena bukan itu saja yang mereka lihat melainkan juga kebijakan lainnya, seperti kebijakan YPP, persyaratan layanan youtube, kebijakan spam dan pedoman komunitas yang ada.

Jika semuanya sudah terpenuhi, maka pihak youtube akan mengirimkan email untuk memberi tahu bahwa proses peninjauan permohonan telah selesai dilakukan. Hal ini bisa kamu cek pada bagian “Monetisasi” yang ada pada channel youtube kamu dan biasanya tidak langsung melainkan butuh waktu bisa sampai 1 minggu lebih bahkan 1 – 2 bulan, tapi ada juga yang belum 1 minggu sudah aman.

Disetujui Menjadi YPP

Jika channel youtube kamu telah disetuji untuk menjadi YPP dan akun adsense sudah dibuat seta forat iklan atau jenis iklan sudah kamu atur, maka bisa langsung mengaktifkan iklan atau monetisasi pada setiap video yang ingin kamu pasang iklan.

Cara Mengaktifkan Monetiasi Video

  1. Kamu masuk pada channel youtube
  2. Kemudian masuk pada bagian “Creator Studio” dan pilih serta klik dibagian kanan “Pengelola Video
  3. Setelah itu kamu pilih video mana yang ingin di monetisasi dengan mencentang bagian kotak yang tersedia disamping video.

cara monetisasi video

  1. Selanjutnya pilih tindakan dan klik Monetisasi, tunggu beberapa saat untuk prosesnya dan jika sudah aktif akan muncul icon $ di samping kanan video atau disamping icon publik.

Tidak Disetujui Menjadi YPP

Jika channel youtube kamu tidak disetujui YPP, jangan berkecil hati terlebih dahulu melainkan ada hal yang bisa kamu lakukan dan ada kemungkinan kamu belum sepenuhnya mematuhi kebijakan YPP dan pedoman komunitas yang sudah ditetapkan. Untuk itu kamu baca dan pelajari kembali agar channel tersebut bisa disetujui menjadi YPP. Perlu kamu ketahui juga, kalau melakukan permohonan kembali maka kamu ajukan setelah 30 hari penolakan yang dilakukan oleh pihak YPP agar bisa ditinjau dengan maksimal.

Nah itulah cara menaggapi kebijakan terbaru Program Partner Youtube (YPP) yang harus kamu ketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan youtube sekarang. Bahkan cara mengajukan permohonan untuk menjadi YPP sudah kembali di update pada tanggal 01 Mei 2018 kemarin dan jika masih ada pendaftaran yang masih tertunda maka akan ditinjau kembali pada akhir bulan Juni nanti, harap bersabar menunggu. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of