Cara Mempromosikan Video Youtube

cara promosi video youtube
cara promosi video youtube

Banyak sekali cara mempromosikan video youtube, banyak juga manfaat dari mempromosikan video , termasuk untuk membangun channel kita atau sebuah brand dalam channel kita, melibatkan lebih banyak penonton untuk berlangganan dan mendapatkan informasi dari video kita, dengan banyaknya saingan video di youtube maka tips cara mempromosikan ini harus kalian pelajari dan praktekan, banyak youtuber sukses dunia maupun lokal yang menggunakan strategi dalam promosi video mereka dan semua itu berhasil untuk menjaring para penonton baru.

Pelajari dan cobalah berikut adalah cara mempromosikan video youtube :

Berkolaborasi Dengan Youtuber Lainnya

Video kolaborasi menjadi tehnik promosi yang paling ampuh dalam hal ini, dengan video kolaborasi dengan youtuber lainnya maka akan mampu mendongkrak penonton berdatangan ke channel kita, dengan begini video kolaborasi akan sama-sama saling menguntungkan satu sama lain. Cobalan untuk berkolaborasi dengan youtube yang sudah mempunyai banyak subscriber melebihi kamu, bisa dengan berkolaborasi dalam video secara terpisah atau video dengan menjadi tamu youtuber lainnya seperti yang suka dilakukan sama youtuber indonesia mereka saling berkunjung dan membuat video di channelnya otomatis kamu akan bisa secara mudah promosi channel kamu di videonya, Jadi buatlah video kolaborasi apapun yang menginteraksikan kamu sama teman youtuber lain.

Maksimalkan Hasil Pencarian Youtube

Memaksimalkan hasil pencarian youtube maupun google ini juga tidak kalah pentingnya, coba perhatikan jika seseorang mencari di pencarian youtube atau google dengan mengetikan Video Lucu Terbaru makan hasil yang akan ditampilkan di youtube maupun google akan banyak sekali video yang akan ditampilkan, nah jika kamu mempunyai video yang sama atau berkaitan dengan video lucu terbaru tentunya jika tampil dihalaman pertama atau bahkan urutan pertama maka dengan begitu bukan suatu hal yang sulit mendapatkan penonton, ia kan ? maka dari itu memaksimalkan hasil pencarian google atau youtube intinya membuat video kamu tampil dihalaman pertama, atau istilah dalam dunia blogger itu ada SEO ( Search Engine Optimization ).

  1. Perbanyak share ke social media – untuk pertama kali mungkin kamu akan sangat merasa letih, karena dalam membangung channel itu tidak mudah seperti yang kalian pikir, banyaklah share dan bagikan link video kamu ke berbagai social media, dengan begitu orang lain akan penasaran dan mulai menonton video kita, ini tidak cukup hanya dilakukan sekali saja, lebih sering dan lebih banyak share itu lebih baik, tetapi kalian harus ingat, bukan berarti sehari kita share ke ribuan social media, tetap secara bertahap buatlah senatural mungkin bahwa itu share dari orang yang menonton video kamu, bukan dari kamu sendiri yang sengaja share semua link video ke sosmed. Bagaimana agar dapat membuat video kita pensaran untuk ditonton ? simak cara ke 2.
  2. Buatlah keyword atau judul yang bikin orang penasaran, misalkan kita membuat video Cara membuat lighting sederhana, maka buatlah judul seperti cara membuat lighting sederhana murai meriah cukup 50ribu. Dengan begitu jelas orang akan lebih tertarik dengan judul kedua tentang membuat lighting hanya dengan 50ribu. Silahkan kamu coba ! baca artikel tentang pengertian tag judul dan deskripsi

Buatlah Thumbnail Yang menarik

Gambar thumbnail yang bisa menarik dan membuat penasaran orang yang akan menonton. Contoh thumbnail yang keren dan menarik bisa mengikuti seperti thumbnail yang ada di channel dibawah ini :

cara membuat thumbnail menarik contoh thumbnail youtube keren

Dengan thumbnail diatas tentu akan lebih menarik dan membuat orang penasaran untuk menontonnya, beda dengan thumbnail yang asal-asalan. Mungkin ada sebagian orang yang ngomong, Ah ada juga kok thumbnail biasa aja views nya bisa banyak !, ya menurutku bisa saja itu terjadi jika memang channel tersebut sudah banyak subscriber, memuat konten trending topik atau yang sedang viral di dunia maya. Namun terlepas dari itu semua, mempercantik thumbnail video juga bisa menambah rasa penasaran penonton, dan tentu lebih baik dan dapat lebih banyak mengundang klik pada video tersebut.

Biar paham dan Lebih jelas lagi tentang cara pembuatan dan ukuran thumbnail yang bagus bisa cek artikel cara membuat thumbnail youtube

Buatlah Blog Untuk Channel Kamu

Blog Sarana Promosi Youtube
Blog Sarana Promosi Youtube

Selain sosial media, Blog juga sangat baik untuk kamu jadikan tempat promosi, seperti Channel AnakKost.Tv dan blog ini adalah sarana bagi kami dari team promosi untuk membuat blog dan memberikan informasi lewat tulisan, juga sebagai tempat promosi untuk memperluas jaringan channel kita. Untuk sebagian orang mencari tips youtube tidak hanya mencari informasi dalam bentuk video saja, tapi sebagian mereka ada yang suka dengan membaca dari sebuah blog, dan kita membuat blog ini untuk menargetkan dan menambah jaringan channel kita lewat blog. Dengan begitu dari sosmed kita sudah menyebarkan brand kita, dari blog kita juga punya. silahkan kalian coba dan buatlah blog yang berkaitan dengan channel kamu. Selain itu ada juga kelebihan Blog untuk channel kamu :

  1. Dampak Baik untuk SEO – Dengan aktif menulis di blog maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan blog kalian, bahkan jika kalian selalu update artikel blog dengan berbagai macam konten yang menarik dan menulis dengan banyak kata maka secara logika akan banyak pengunjung yang datang ke blog dan dengan begitu kita bisa promosikan channel kita di blog agar pengunjung blog mengetahui tentang channel kita, video kalian akan semakin banyak yang menonton.
  2. Tambahkan widget berlangganan Channel di Blog –  Selain view yang kita dapat kita juga dapat menyisipkan tombol berlangganan didalam atau di sidebar blog kita, dengan begitu akan lebih mudah bagi pengunjung blog kamu untuk selalu mengikuti channel kamu. Kamu bisa banyak menemukan cara memasang kode widget subscriber di blog di google, atau jika bingung tentang cara buat blog dan cara memasang widget, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Kembangkan Lebih Dalam Media Sosial

social media share
social media share

Selain untuk meningkatkan SEO video, media social juga sebagai tempat promosi yang bagus dan tertarget untuk sebuah brand atau channel youtube. Berbagai macam social media di internet, tinggal kita yang pintar memanfaatkannya, seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Ask.Fm dan masih banyak lagi, untuk 4 social media itu saja sebenarnya sudah cukup kalau kita secara maksimal dalam mempromosikannya.

Promosi maksimal itu bagaimana sih ?

Begini, jadi maksud mempromosikan video atau channel kalian secara maksimal itu kalian harus benar-benar mengetahui untuk siapa channel kalian, misalkan video gaming, terus kita share ke pengguna sosial media diatas umur 40an maka jelas akan sia-sia karena channel gaming ini khusus bagi pecinta gaming atau anak muda.

Maka dari itu kamu bisa cari apa saja yang lagi ngetrend di media sosial saat ini. Gunakan selalu hashtag yang berkaitan dengan brand atau kriteria channel kamu, hashtag untuk saat ini sangat penting sekali karena bisa dengan mudah berbagi ke berbagai kategori viral di media sosial.

Selengkapnya silahkan baca artikel terbarunya di Promosi via sosial media

Buat T-Shirt Channel Kamu

Walaupun jamannya sekarang jaman serba teknologi atau digital, tetapi jangan salah untuk promosi sebuah channel lewat kaos itu jangan pernah dibilang tidak efektif, mengapa ? Ketika orang lain melihat sebuah desain baju yang keren dan bagus maka sudah pasti mereka akan penasaran. Dengan begitu mereka akan mengenal channel kita dan suatu saat mereka akan penasaran untuk mengunjungi channel kita.

Buatlah logo yang menarik dan bagus, jangan asal-asalan ya, karena logo ini akan mendeskripsikan channel kita. Jaman sekarang sudah banyak jasa print baju online ataupun cari yang dekat dengan tempat tinggal kamu, kamu akan mudah untuk mendapatkan baju berlogo channel tinggal siapkan logo, dan datang ke tempat print baju.

Jika males ribet, kamu bisa kontak kita aja lewat email, kita juga menerima jasa sablon dengan bahan kaos gildan setara kualitas distro dan tentunya bisa satuan.

Kaos ChannelBuat Iklan Di Media Lokal

Di Indonesia sangat jarang sekali channel youtube di iklankan di media lokal, tapi bagi sebagian negara lain , beriklan di media lokal yang relevan sangat bagus dan bisa mendapatkan antusias dari para pembaca.

Untuk tips iklan dimedia lokal satu ini lebih cocok bagi channel brand marketing seperti channel yang memuat konten barang jualan dan sejenisnya.

Buatlah Playlist Video

Biasanya penonton hanya melihat satu buah video kemudia beres, nah untuk mempromosikannya maka kamu bisa membuat playlist dari berbagai video yang ada di youtube kemudia masukanlah video kamu dalam playlist tersebut dan ketika penonton menonton playlist itu maka secara otomatis video kamu akan muncul juga didalam deretan video tersebut secara sengaja atau tidak sengaja pasti ada kemungkinan video kamu ditonton. Maka ini juga sebuah peluang untuk mempromosikan video kamu bersama video lainnya yang relevan atau berkaitan.

Berkomentar Di Video Yang Relevan

Youtube Share
Youtube Share

Kunjungilah dan tonton video orang lain yang berkaitan dengan channel kamu, kemudian buatlah komentar pintar dan berbobot jangan asal spam ya. Dengan begitu komenta kamu akan mendapatkan feedback positif dari penonton lainnya dan juga si pembuat video,  Komentar kamu akan menjadi trend komentar dalam video tersebut dan berpeluang menjadi komentar teratas.

Aktif di Berbagai Forum

Seperti yang kita ketahui mempromosikan di sesial media merupakan tempat berkumpulnya orang-orang dalam internet, namun selain sosial media ada juga forum.

Forum diskusi atau forum jual beli yang ramai dan familiar di indonesia sangat banyak sekali, seperti contoh Kaskus, Ads-Id dan masih banyak lagi. Forum sebagai media sarana promosi yang perlu kamu coba, bisa dengan membuat Thread yang berkualitas, buatlah informasi atau berita yang berkaitan dengan channel kalian, setelah itu berilah dibawahnya referensi untuk mengunjungi channel kamu di youtube, tidak cuma begitu, Kalian juga bisa memasang signatur yang akan muncul disetiap post kamu.

Silahkan kalian cari bagaimana membuat thread atau memasang signatur di forum, karena tutorialnya sudah banyak yang share di google juga. Semakin aktif di forum dan memberikan signature atau bio di profile forum kalian maka lambat laun channel kamu akan semakin terkenal. ( Baca :  Cara Promosi Channel Di Forum )

Promosi Lewat Sosial Bookmark

Di indonesia sangat banyak sekali sosial bookmark yang nofollow atau dofollow, nah kamu aktiflah untuk share video-video kamu di sosial bookmark, tapi perlu kamu garis bawahi disini. Share video-video kamu di sosial bookmark yang berkualitas, atau yang sekiranya ramai oleh para pengunjung. Jangan asal sosial bookmark yang jelek dan tidak ada pengunjungnya, jelas ini akan merugikan kalian juga, hanya buang-buang tenaga dan waktu, serta hasil nol besar.

Contoh sosial bookmark yang bisa kamu gunakan untuk share :

https://www.kancyl.com/

Setelah membuka situs sosial bookmark tersebut, langsung saja daftar dan share link videonya.

Berikan Hadiah Bagi Subscriber Aktif (Giveaway)

Nah ini point yang bisa membuat pelanggan kalian betah, dengan sesekali kalian memberikan hadiah bagi para subscriber maka mereka akan semakin anteng dan betah untuk menantikan video-video kamu selanjutnya, bisa dengan memberikan kuis kemudia pemenangnya akan mendapatkan hadiah atau apa yang sekirangnya merekan inginkan. Dengan begitu mereka akan antusias dan senang untuk berbagi bersama teman-temannya tentang aksi interaksi di channel kamu.

Memberikan hadiah pada subscriber bukan hanya memberikan barang sebagai giveaway, tetapi dengan merealisasikan permintaan membuat konten di video selanjutnya pun itu cukup memberikan kesan baik pada subscriber.

Cukup sekian saja untuk cara mempromosikan video youtube, semoga dengan artikel diatas kalian bisa mempromosikan video youtube kalian dengan tepat dan benar, dan semoga channel yang kalian bangun bisa cepat menjaring banyak subscriber dan penonton setia. Jangan lupa jaga kualitas video kalian dan fokus selalu update video-videonya. Kunjungi juga ya channel kita di GNC Subscribe dan like 🙂

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara mempromosikan video youtube - cara promosi video youtube - cara mempromosikan channel youtube agar di endorse - cara promosi situs youtibe - https://www anakkost tv/cara-mempromosikan-video-youtube/?subscribeAnchor&wpdiscuzConfirmID=684&wpdiscuzConfirmKey=16dabae7b47f0aaeb82858e1e9c8a63f&wpDiscuzComfirm=yes&#wc_unsubscribe_message -

Leave a Reply

31 Comments on "Cara Mempromosikan Video Youtube"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted