Cara Membuat Lighting Sendiri Dengan Biaya Murah Meriah

Cara Membuat Lighting Sendiri Dengan Biaya Murah Meriah – Pencahayaan dalam fotografi atau videografi sangatlah penting untuk menghasilkan hasil foto atau video yang bagus dan sempurna, dengan kondisi dan situasi yang berbeda maka sangat dipastikan untuk hasil dari foto atau video akan terasa berbeda dan kurang sempurna, dan inilah kenapa lighting sangat penting sekali walaupun dengan lighting alam yakni matahari bisa membantu juga namun kadang posisi yang kita butuhkan terkadang tidak menjamin cahaya alam ini bisa membantu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cara Membuat Lighting Sendiri

Banyak sekali model-model lighting yang dijual di pasaran namun untuk mendapatkan semua itu kita juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, banyak sekali merk-merk bagus yang pastinya dibandrol dengan harga yang lumayan, tapi sudah pasti harga tidak membodohi, hasilnya bisa membuat hasil jepretan atau video yang maksimal.

Contoh penerapan Lighting

Bagaimana jika kita tidak mempunyai dana yang lebih untuk mendapatkan semua itu, nah pada kesempatan ini saya akan memberikan solusi tersebut yang lumayan sekali kita bisa praktekan karena dengan membuat lighting sendiri kita bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat serta kita tidak perlu merogoh kocek yang berlebihan. Bagaimana caranya silahkan lanjutkan baca artikel ini.

Saya sendiri sudah membuat lighting ini untuk keperluan videografi, untuk pembuatan konten video didalam Channel AnakKost.tv saya menggunakan lighting hasil kreasi dan modifikasi dari alat-alat yang bisa kalian juga dapatkan di toko elektronik atau toko lampu dan juga dibengkel las terdekat dari rumah kalian. Dan berikut ini lighting sederhana yang saya buat.

Lighting Sendiri Dengan Biaya Murah Meriah
Lighting Sendiri Dengan Biaya Murah Meriah

Untuk bahan-bahan dalam pembuatan lighting sederhana yang perlu kalian siapkan diantaranya :

  • Lampu SpiraL atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan lighting ( Saya sendiri menggunakan Spiral 40wat )
  • Kabel yang sudah lengkap dengan colokannya ( Panjang kabel Min 5m )
  • Payung Lampu taman ukuran paling besar yang terbuat dari Seng ( bisa kalian dapatkan di toko lampu)
  • Pipa besi dibagi 2 bagian 1 ukuran lebih besar dan 1 lagi yang dibawahnya ( untuk naik turun seperti halnya tipod )
  • Baud dan Mur 10

Setelah semua terpenuhi silahkan kalian berangkat ke tukang las terdekat suruh tukang las itu untuk membuat stand lampu, seperti di foto tadi hasilnya buatkan seperti itu, total yang kalian keluarkan untuk membuat lighting sederhana ini bisa menghabiskan dana sekitar 150-200ribu tergantung harga peralatan dan ongkos biaya ke tukang las di tempat kalian. Untuk hasil sendiri saya rasa ini sudah cukup maksimal, dan untuk saringan cahaya kalian bisa gunakan kertas buku gambar atau juga kresek putih, bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut dibawah ini beberapa tutorial cara membuat lighting dari barang-barang bekas karya youtuber indonesia.

Pembuatan lampu sorot sederhana :

https://www.youtube.com/watch?v=HvZ9-oiB1Ag

Pembuatan softbox dengan barang bekas :

Demikianlah cara membuat lighting sederhana untuk pembuatan videografi, bagi kalian yang punya masukan atau ada cara yang lebih sederhana bisa komentar dibawah ini, terimakasih sudah mengunjungi blog official anakkost.tv dan tonton terus video kita di channel youtuber anakkost.tv serta subscribe dan share ke teman-teman kalian. semoga artikel tentang cara pembuatan lighting sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian yang mau terjun kedalam videografi dan fotografi.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara membuat lighting sederhana - lighting panggung sederhana - membuat lampu sorot panggung - cara membuat lighting sendiri - cara membuat lighting panggung sederhana - membuat lampu tembak sederhana - cara membuat lighting - membuat lighting studio sederhana - cara membuat lampu sorot panggung sederhana - membuat lighting sederhana -

Leave a Reply

1 Comment on "Cara Membuat Lighting Sendiri Dengan Biaya Murah Meriah"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted