Cara Melacak Smartphone Yang Hilang dengan Mudah

Anakkost.tv – Pernahkah kamu kehilangan smartphone? Tentu hal itu akan menjadi sangat menjengkelkan. Apalagi jika masih baru dan di dalamnya telah pula tersimpan data-data penting, selain akan terasa sangat menyedihkan, turut pula berbaur, dengan rasa gelisah bahkan gemas yang berujung menyulut emosi kamu.

Bahkan sepengalaman aku sendiri dulu, saat seorang teman kehilangan smartphone’nya, dia dalam kacaunya bilang seperti begini. “Gak apa-apa lah handphone mah, asal kartunya aja di kembalikan…”. DUSTA!!! Hehe… Tetep aja kalau di kembalikan kartunya doang mah, yang ada malah bisa – bisa ditamplok orang itu orangnya. Lebih parahnya ujung – ujungnya diteriaki maling… hehe.  Lagiaan siapa orangnya yang rela kasih handphone gitu aja apalagi masih baru dan mahal.

Nah, khusus untuk kamu yang mungkin pernah ngalamin kejadian kayak di atas, atau pun mungkin berniat kehilangan smartphone (jangan dong), berikut ini cara – cara melacak smartphone yang hilang.

Contents

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

  1. WhatsApp

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Selain salah satu jenis dari Instan messenger, aplikasi WhatsApp ini juga bisa kita gunakan sebagai mesin pelacak dikala hp mu hilang. Caranya yakni,

– Jenjalankan aplikasi messenger ini, kemudian masuk ke ruang obrolan bisa itu keluarga atau teman yang melakukan share location. Lalu pilih LOKASI TERKINI, dari share lokasi itu.

– Setelah sukses, lalu masuk ke google map, kemudian kamu ketik nama temanmu itu, pilih DAPATKAN ARAH.

– Dalam tampilan selanjutnya kamu akan diberi pilihan bagaimana cara mendapatkan ke arah tujuan. Di sana kamu bisa menggunakan Waze, GPS, Fake GPS, atau yang lainnya. Dan kamu akan di arahkan ke arah aplikasi yang telah di pilih, posisi hp yang hilang pun akan terlihat jelas.

– Terakhir, klik PETUNJUK ARAH yang ada di bawah, dan akan muncullah rute menuju arah smartphone mu yang hilang, kamu tinggal pilih MULAI, untuk dapatkan hp mu kembali.

  1. Locate My Friend

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Aplikasi yang memanfaatkan GPS ini, akan terus terupdate dengan posisi terbaru dari si pemegang hp sendiri. Dan jika hp mu hilang, cara berikut bisa kamu lakukan.

– Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa unduh langsung lewat Play Store, buka aplikasi Locate My Friend, pilih LOKASI BERIKUTNYA, dan secara otomatis kamu akan di suruh memasukan no telpon. Setelah itu pilih kembali BERIKUTNYA.

– Di halaman berikutnya kamu buatlah kata sandi, kembali pilih BERIKUTNYA, dan buatlah profil lengkap, lalu pilih kembali BERIKUTNYA, agar kamu mendapat akses lokasi dan menempatkan kamu di peta, lalu pilih IZINKAN AKSES,

– Kamu tinggal masukan kode, agar orang lain bisa masuk ke lingkaran tersebut, agar kamu dapat bergabung dengan resmi.

– Untuk mencari hp mu yang hilang, kamu hanya perlu klik profil dari penggunanya agar memperoleh petunjuk jalur yang akan di tempuh, klik opsi DAPATKAN ARAH, dan kamu akan langsung tersambung ke gmap, yang langsung akan mengirim rute tentang lokasi hp mu berada.

  1. Gmaps dan Gmail

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Untuk mencari letak handphone yang hilang dengan menggunakan Gmaps dan Gmail, kamu hanya perlu melakukan hal-hal seperti ini.

– Buka tautan/link ini : google.com/android/devicemanager atau https://www.google.com/android/find

– log-in ke akun Gmail pribadimu, lalu pilih TERIMA,

– Untuk mencari hp, di halaman selanjutnya kamu bisa melihat bagian peta untuk mengetahui keberadaan hp mu,

– Klik logo GPS sebelah kanan pop-up, jika GPS mu terakhir kali sebelum hp mu hilang dalam keadaan tidak aktif, kamu pilih ERASE, yang membuat hp mu kembali ke setelan pabrik, kemudian nyalakan GPS, dan lokasi hp mu akan segera terdeteksi.

  1. Android Device Manager

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Dalam hal ini, kamu bisa meminjam hp temen kamu untuk mencari hp mu yang hilang, ini cara-caranya;

– Buka Android Device Manager, kemudian LOG-IN SEBAGAI TAMU,

– Setelah itu masukkan alamat email yang terpasang di hp kamu yang hilang. Dan pilih BERIKUTNYA, masukan kata sandi kembali pilih BERIKUTNYA,

– Pilih IZINKAN, untuk mengakses lokasi perangkat yang hilang. Berikutnya pilih PETUNJUK ARAH, untuk mengetahui jarak tempuh ke arah hp mu.

– Jika sudah dekat, aktifkan opsi PUTAR, dan otomatis hp mu akan berdering. Dan tahunya di saku orang. Tinggal eksekusi deh,… (Gak berarti harus bawa-bawa penggebuk dan sebagainya, ya..).

  1. Find My Device

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Untuk hp yang hilang bisa juga dilacak dalam aplikasi ini. Begini langkah-langkahnya:

– Jika aplikasi ini belum terpasang kamu silahkan unduh dulu.

– Buka aplikasi dan lakukan LOGIN, dengan menggunakan layanan Gmail. Dan setelah itu keberadaan hp yang hilang akan segera di temukan lokasi keberadaannya.

Dan itulah macam-macam aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mencari jejak-jejak keberadaan hp mu yang hilang. Untuk berikutnya kita lanjutkan dengan aplikasi pencari handphone offline (berbayar). Ini dia…

Melacak Smartphone Dengan Aplikasi Berbayar

Berikut ini, cara mencari hp yang hilang dengan aplikasi online terbaik.

  1. Cerberus

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Ini dia, plikasi yang mungkin merajai Android untuk urusan mencari HP yang hilang. Aplikasi ini juga telah pula menyediakan berbagai pilihan misalnya saja, melacak handphone melalui GPS, menyalakan alarm, menghapus data, hingga mengunci perangkat Android untuk mencegah akses bagi pencuri untuk memperoleh data pribadimu.

  1. SeekDroid Lite

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Nah, yang berikut ini pun tidak kalah amannya adalah SeekDroid Lite. Hampir sama seperti Android Lost, dan aplikasi ini pun mampu menyalakan alarm, GPS, serta mengamankan data memori. Apalagi kalau kamu beli versi Pro bahkan memberikan jejak pergerakan Android setelah hilang atau pun telah dicuri.

  1. Android Lost

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Guna berjaga-jaga dari kemungkinan-kemungkinan lainnya yang akan terjadi. Tampaknya wajib  sekali nih bagi para pengguna Android untuk menginstal aplikasi bernama Android Lost demi suatu keamanan. Karena fungsi dari aplikasi ini, yakni akan dapat menyalakan suatu, internet dan menghapus memori internal. Selebihnya lagi, aplikasi ini pun bisa memberi tahumu melalui email apabila ada penggantian SIM, dan kamu akan mendapat pemberitahuan itu secara detailnya.

  1. Norton Mobile Security Lite

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Di urutan ke 4 ada Norton Mobile Scurity Lite. Dengan memasang aplikasi satu ini, tentu akan dapat membantu menyalakan alarm dengan sangat keras dan melacak keberadaan HP milikmu. Dengan aplikasi ini juga, kamu bisa mengunci otomatis HP milikmu sendiri, sehingga tidak aka bisa digunakan oleh si pencuri. Atau juga oleh orang yang menemukan hp mu saat terjatuh.

  1. Find My Phone

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Aplikasi yang menjadi pilihan untuk berikutnya Find My Phone. Aplikasi datu ini adalah aplikasi yang paling populer di kalangan para pengguna android. Dan bisa digunakan untuk mencari HP yang hilang. Bisa dibilang Find My Phone juga termasuk aplikasi yang paling mudah dan simpel untuk digunakan.

  1. McAfee Antivirus & Security

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Untuk daftar aplikasi yang berikutnya, tentu saja juga tidak kalah penting  dan bermanfaatnya. Aplikasi tersebut yakni Antivirus & Security. Dikatakan pula, jika aplikasi ini selain dapat membersihkan HP milikmu dari berbagai macam bentuk virus yang nantinya akan memperlambat koneksi di dalam smartphone kamu, aplikasi ini juga tentunya akan membantumu melakukan pelacakan lokasi keberadaan dari hp mu.

  1. Find Friends

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Yang terakhir yakni, aplikasi yang kita tunggu-tunggu, Find Friends. Ini khusus bagi kamu pengguna iPhone, dan tentunya aplikasi ini akan sangat membantumu agar bisa melacak posisi HP punyamu yang telah hilang. Tapi syaratnya kamu harus terkoneksi dulu dengan teman – temanmu sendiri. Dan dengan terkoneksi bersama teman-temanmu tersebut, maka posisi ponselmu secara otomatis akan bisa di deteksi juga oleh HP mikik temanmu. Hebat kan?

Nah, dan itulah seputar aplikasi yang bisa kalian gunakan dalam mencari keberadaan smartphone yang hilang. Di mulai dari macam-macam aplikasi gratis, sampai pada yang berbayar. Semoga dengan hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut di dalam hp kamu, akan meminimalisir tentang kejadian hilangnya smartphone untuk ke depannya.

Dan semoga pula, semua yang aku rangkum ini dapat bermanfaat. Bahkan menjadi suatu jalan keluar terbaik dari kebingungan selama ini yang diakibatkan hilangnya smartphone. Saya pamit dulu. Dan terima kasih sudah menyimak. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar