Cara Jitu Membuat Deskripsi Video Youtube

Anakkost.tv – Seperti yang kita ketahui kalau youtube sendiri merupakan salah satu mesin telusur terbesar di Dunia dan bersanding dengan Google. Untuk itu peran deskripsi pada setiap video yang di upload di youtube sangat besar kontribusi nya.

Hal ini disebabkan dalam deskripsi kamu bisa menerapkan berbagai kata kunci supaya penonton dapat menemukan video kamu dengan mudah dan tentunya dapat membuat video kamu menjadi lebih banyak penonton.

Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah deskripsi agar bisa maksimal dan tentunya berfungsi dengan baik. Untuk itu bisa langsung kamu simak dibawah ini.

Contents

Buatlah Deskripsi yang dapat Ditelusuri

Deskripsi juga bisa berfungsi untuk menyampaikan informasi yang penting dan dapat membantu penonton dalam menemukan video yang sedang dicarinya. Apalagi jika deskripsi nya di buat dan di ketik dengan apik dengan kata kunci yang tepat dan hal itu akan bisa mendapatkan jumlah penayangan dan waktu tonton yang banyak. Adapun kemungkinan tindakan yang bisa kamu ambil seperti dibawah ini.

  • Memberikan gambaran terhadap video kamu dengan menggunakan bahasa yang dasar, alami dan bukan hanya serangkaian kata kunci.
  • Perlunya mencantumkan kata kunci di awal deskripsi.
  • Menonjolkan 1 sampai 2 kata identifikasi utama yang menggambarkan video baik dalam deskripsi ataupun judul.
  • Kamu bisa menggunakan Google Trends dan Perencanaan Kata Kunci Google Ads untuk bisa mengidentifikasi kata kunci populer berikut dengan sinonim. Jangan lupa masukan juga berbagai istilah agar memaksimalkan traffic dan penelusuran.
  • Wajib menghindari kata – kata yang tidak relevan dalam deskripsi, hal ini bisa menyebabkan kurangnya pengalaman menonton video.

Langkah – langkah dalam Menyiapkan Deskripsi Video

Memang dalam setiap video baru yang di upload kamu akan diminta untuk menuliskan sebuah deskripsi dan semakin baik deskripsi yang buat maka semakin besar peluang video kamu ditonton banyak orang dan tentunya sukses menjadi seorang youtuber.

Tuliskan deskripsi yang unik dan spesifik agar bisa menghasilkan penelusuran yang lebih baik dan bisa juga kamu biat deskripsi secara default untuk informasi tambahan seperti kontak media sosial dan lainnya dalam setiap video baru yang di upload.

Memaksimalkan Deskripsi

Sebuah deskripsi juga bisa sangat berguna dan dapat membantu orang lain dan bukan hanya membantu menemukan video tapi dapat mempelajari dan memutuskan apakah video tersebut yang dicari atau tidak? Dalam deskripsi juga terbagi menjadi dua, dimana apa yang langsung mereka lihat dan “Tampilkan Lebih Banyak” sehingga seperti yang sudah aku sebutkan di atas, kalau awal deskripsi harus menggunakan kata kunci. Adapun tindakan yang bisa kamu lakukan seperti dibawah ini.

  • Kamu harus memastikan kalau setiap video memiliki deskripsi yang unik dan hal itu tentunya akan membuat video mudah untuk ditemukan melalui penelusuran serta membantu menonjolkan di antara video lainnya yang serupa.
  • Kamu gunakan beberapa kata di baris pertama untuk bisa menjelaskan isi video dan jangan lupa menyertakan kata kunci yang tentunya mudah untuk ditelusuri dengan bahasa yang mengalir secara alami.
  • Dan lebih dijelaskan kembali untuk lengkapnya agar ketika orang klik tampilkan Lebih Banyak maka akan bisa membaca dan mencari informasi yang lebih.

Buatlah Deskripsi yang Dapat Digunakan Pemirsa

Memang kolom deskripsi hanya bisa menampilkan teks namun bisa juga kamu manfaatkan untuk berinteraksi langsung dengan penonton video kamu,seperti memberikan informasi kalau hal yang unik atau tutorial nya mulai di menit ke sekian agar penonton bisa langsung melompat ke menit yang di tuju, hehe. Selain itu, bisa juga kamu sertakan link yang kamu maksud dalam video yang kamu buat.

Mengukur Efektivitas Tampilan Deskripsi

Kamu juga harus melihat tampilan deskripsi kamu di berbagai tampilan lainnya seperti di latop, tablet, pc dan lainnya berikut dengan performanya di youtube analytics. Agar berbagai infromasi terpeting dapat terlihat dengan jelas dan langsung tampil.

Sertakan Hastag dalam Deskripsi Video

Jangan lupa gunakan juga hastag dalam deskripsi yang kamu buat dan hastag tersebut nantinya akan tampil di atas judul video kamu. Hal ini juga dapat membantu penonton kamu dalam menemukan video dengan hastag tertentu.

Penempatan hastag sendiri bisa di bagain atas deskripsi, tengah, bawah ataupun di dalam kalimat asa memenuhi syarat penggunaan hastag, contoh ( #anakkost #youtube #video ). Gunakan hastag yang penting dan jangan terlalu banyak juga, kamu bisa menggunakan hastag 1 – 5 agar bisa tampil dibagian atas judul video.

Buatlah Deskripsi yang Cocok Buat Pengiklan

Jika channel kamu sudah termonetisasi, pastinya target kamu bukan hanya penonton melainkan juga iklan yang tampil. Sehingga perlu kamu ketahui kalau peranan deskripsi juga sangat penting bagi pengiklan selain judul.  Karena pengiklan juga dapat menggunakan istilah kata kunci yang kamu buat untuk mengikutsertakannya dan tetap dalam batasan yang wajar serta tidak menyinggung ataupun sejenisnya.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah deskripsi agar hasilnya maksimal dan bisa membantu video kamu menjadi lebih populer dan tidak lupa juga mengundang pengiklan khusus yang V nya mungkin lebih besar, hehe

Intinya,jangan pernah mengabaikan kolom deskripsi apalagi sampai tidak kamu mengisinya, karena itu perannya cukup penting bagi perkembangan video kamu berikut dengan karir kamu sebagai seorang youtuber. Jangan lupa update terus tentang seputaran tips youtube di website anakkost.tv agar kamu bisa lebih maksimal lagi menjadi seorang youtuber,hehe. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar