Streaming PUBG Mobile : Cara Install OBS dan Setting Open Broadcaster Software Agar Tidak Lag

Anakkost.tv – Menjadi streamer PUBG Mobile kini bisa dibilang menjadi suatu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Apalagi bila dikatakan channel yang kamu miliki tesebut memang sudah terkenal dan tentunya telah banyak pula pengikutnya. Dan itu bakalan otomatis, untuk masalah kamu mendapatkan uang, itu hanya menghitung waktu.

Namun terkadang, memang selalu ada saja hasil yang kurang memuaskan di dalam melakukan live streaming PUBG Mobile ini. Di mana biasanya, video yang kamu buat tersebut justru malah Nge-Lag dan cenderung kurang lancar. Waduh! Kalau begini bisa berabe juga….

Live Streaming PUBG Mobile dengan Open Broadcast Software

Nah, bila mungkin kendala seperti di atas kerapkali atau pernah kamu alami, maka tentunya kamu pun tak perlu pula berkeluh kesah setengah mati. Apalagi sampai nyabutin pagar rumah milik tetangga.

Karena sebenarnya memang ada solusi yang bisa kamu lakukan apabila kendala seperti di atas mengganggu kamu.

Caranya pun tentunya cukup mudah, karena kamu pun hanya perlu menggunakan Broadcaster Software. Di mana software satu ini dikatakan memiliki fungsi yang baik di dalam melakukan streaming, sekaligus recording (Perekam Layar). Mantap sangat bukan?!

Mantapnya bagaimana? Mengingat untuk aplikasi seterkenal Facebook saja memang sudah menyarankan untuk menggunakan software satu ini sebagai media para streamer untuk melakukan livestream di facebook atau platform-flatform livestreaming lainnya. Dan kalau kamu sampai meragukan? Waduh, gak tahu lah….

Lebih lanjut lagi, jika Open Broadcaster Software atau lebih dikenal dengan OBS ini memang merupakan aplikasi perekam layar gratis yang telah turut dikelola oleh OBS Project.

Dan untuk cara supaya kamu bisa install software OBS nya, kamu bisa simak di penjelasan berikut ini.

Cara Install OBS di Windows

Yaps, memang benar, untuk proses pemasangan atau instalasi OBS sendiri sejatinya memanglah cukup mudah. Karena pada dasarnya, proses instalasinya memang sama persis dengan cara instalasi dekstop software lainnya. Sehingga dengan demikian, kamu pun tentunya gak bakalan ribet lagi di dalam menginstal software satu ini.

Berikut ini Tentang Cara Instal OBS di Windows :

1. Jika kamu belum memiliki software-nya, kamu bisa doenload terlebih dahulu Open Broadcaster Softwarenya secara gratis disitus resmi milik OBSproject. Atau untuk lebih memudahkan, kamu bisa langsung sedot saja dari SINI!

2. Unduh masalah software nantinya akan sesuai dengan arsitektur gadget yang kamu pakai.

3. Setelah Software berhasil terunduh, selanjutnya kamu lakukan proses instalasi

2 Nah, pada saat proses instalasi OBS, biasanya akan ada beberapa custom pilihan plugin. Dan kalau mengenai hal yang satu ini, tentunya kamu pun akan bebas melakukan pemilihan plugin tersebut apakah akan tercentang atau tidak.

3. Tunggu terlebih dahulu, hingga proses instalasi selesai.

4. Selanjutnya, kaku silahkan buka OBS yang telah kamu install tadi.

5. Dan apabila, proses instalasi memang telah selesai kamu lakukan, sekaligus juga memang sudah bisa dijalankan. Maka kini saatnya kqmu untuk menuju proses selanjutnya yaitu cara livestream menggunakan obs.

Agar lebih jelasnya, berikut ini mengenai tata cara setting OBS untuk livestream :

1. Kamu mulai dengan cara membuka Software OBS yang sudah terinstall

2. Jika sudah, kamu lanjutkan ke file atau menu setting OBSnya

3. Nah, biasanya, nanti akan muncul opsi jenis livestream. Misalnya saja dalam hal ini kamu pilih saja opsi Streaming Services.

4. Selanjutnya, Pada bagian Services kamu bisa menggantinya ke Twitch Facebook Live.

5. Supaya nantinya kamu bisa otomatis terhubung ke facebook live, kamu tentunya membutuhkan Stream Key. Untuk mendapatkan stream key livestream facebook, caranya adalah begini :

Kamu buka facebook milik kamu, selanjutnya pada bagian status klik ••• kemudian pilih opsi Siaran Langsung, nah di situ biasanya akan terdapat stream key kamu.

6. Jika kamu telah berhsil mendapatkan Stream key, selanjutnya kamu tinghal Pilih Hubungkan

7. Jangan lupa untuk lakukan centang pada bagian pertama, untuk menggunakan koneksi aman (SSL).

8. Selanjutnya, kamu secara otomatis akan diarahkan ke Stream Key Persisten. Dan biasanya, di sinilaj stream key tadi digunakan. Kamu segera saja copy dan pastekan Stream Key ke OBS kamu. kemudian Apply, dan klik OK!

9. Agar kamu pun bisa menampilkan gambar di Live Streaming yang kamu lakukan, kamu tentu saja bisa langsung, pilih “tambahkan Scenes Baru”

10. Biasanya, pada bagian Source, kamu juga bisa tambahkan Display Capture, kemudian kamu bisa langsung pilih OK saja.

Sebenarnya telah ada dua metode Display Capture dan Windows Capture. Namun masalah ini bisa kita BHS lain waktu saja. Yang terpenting yang pentingnya aja dulu.

11. Terakhir, kamu Start Streaming!

Lalu bagaimana jika timbul pertanyaan seperti begini. Kok, Video Patah-Patah Saat Live Streaming PUBG Mobile Menggunakan OBS?

Nah, jika dalam melakukan livestream kamu gambarnya patah-patah, Kamu bisa mengatasinya dengan cara menurunkan resolusi dan fps videonya. Karena biasanya, video rekaman patah-patah ini sendiri memang disebabkan karena encoder overload atau processor keberatan saat sedang encoding video. Maka dari itulah, sebelum melakukan streaming PUBG Mobile, usahakan terlebih dahulu supaya setying OBS kamu telah benar-benar sesuai dengan spesifikasi komputer yang akan kamu gunakan.

Terimakasih..

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments