Cara Menghapus Video Youtube yang di Upload Orang Lain

Anakkost.tv – Ternyata sekarang kasus pencurian bukan hanya terjadi pada barang yang ada dirumah saja melainkan pencurian lewat online juga bisa. Salah satunya pencurian video pada akun youtube, yah kalau hanya di download untuk bisa ditonton tanpa online sih tidak apa – apa. Tapi ini di download sama mereka dan di upload kembali dengan menggunakan akun youtube mereka dan hal ini yang disebut dengan re-upload.

Tentunya hal ini sangat merugikan kita sebagai seorang creator yang habis – habisan membuat sebuah skrip, mengambil sudut – sudut video dan editing yang kadang memerlukan imajinasi yang tinggi agar hasilnya bisa maksimal. Namun orang lain seenaknya mengambil dan mengupload kembali di channel youtube lain.

Dan kebanyakan video yang re-upload lebih banyak penontonnya dibandingkan dengan video aslinya. Jelas hal itu sangat merugikan kita sebagai pemilik, apalagi sudah dikaitkan dengan adsense.

Langkah Menindak Lanjuti Video yang di Curi

Untuk itu youtube telah memberikan fitur dimana kita bisa melaporkan video kita yang telah di curi atau di re-upload oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Caranya juga cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus melaporkan nya kepada pihak berwajib. Untuk lebih jelasnya bisa kau simak dibawah ini.

    1. Pertama – tama kamu cari video kamu yang telah di re-upload oleh orang lain dan ingin kamu laporkan atau hapus.
    2. Buka video nya kemudian klik Lebih banyak/ Titik 3 yang ada pada bagian bawah video dan setelah itu klik laporkan.
    3. Cara Claim Video
    4. Jika kamu sudah klik laporkan maka akan muncul pilihan tentang jenis laporan apa yang ingin kamu ajukan dan terdapat pada video tersebut. Dan karena disini kita akan melaporkan video kita yang telah di re-upload maka bisa kamu pilih Melanggar hak saya dan Melanggar hak cipta saya yang kemudian klik Berikutnya.
    5. Cara Claim Video
    6. Kemudian kamu akan dialihkan pada halaman support youtube yang telah dibuat oleh google. Alangkah lebih baiknya kamu baca terlebih dahulu konsekuensi atas laporan yang kamu buat, jadi tidak sembarangan membuat laporan dan kita juga harus mempunyai bukti yang kuat terlebih dahulu. Jika tidak ada bukti malah kita yang dilaporkan balik atas pencemaran nama baik orang lain.
    7. Cara Claim Video
    8. Jika sudah yakin maka bisa langsung pilih dan klik KIRIM KELUHAN HAK CIPTA dan kamu akan diarahkan kembali pada youtube.
    9. Setelah itu tinggal kamu pilih dan untuk pertanyaan (Apa masalahnya?) bisa langsung kamu pilih Pelanggaran hak cipta (Seseorang sudah menyalin karya saya) dan untuk pertanyaan (Siapa yang terpengaruh?) kamu klik Saya serta untuk pertanyaan (Harap pilih salah satu) kamu pilih video Youtube saya di upload ulang oleh pengguna lain.
    10. Pelanggaran Hak Cipta
    11. Belum selesai sampai disitu, kamu juga di haruskan mengisi kolom data yang telah disediakan dan isi dengan benar mulai dari nama lengkap dan seterusnya serta jangan lupa jika sudah selesai klik Kirim Keluhan.

jika sudah selesai maka tinggal menunggu konfirmasi dari pihak youtube bahwa data atau pelanggaran yang kamu ajukan valid maka video dari akun youtube tersebut akan dihapus. Prosesnya memang cukup lama dan kamu harus bersabar untuk hal yang satu ini, karena pastinya banyak laporan yang masuk sehingga harus ngantri, hehe. Apalagi terdengar berita kalau pihak youtube sendiri melakukan pengecekan secara manual dengan bantuan staff yang ada dan bukan dilakukan oleh mesin secara otomatis, tapi kurang tahu juga yah hanya berita saja.

Laporkan re-upload

Cara Mengetahui Video Kita Telah di Hapus Pada Channel Orang Lain

Caranya kamu tinggal tunggu email masuk pada email yang telah digunakan untuk mengajukan pelanggaran tersebut. Jika sudah berhasil dan di ACC maka kamu akan mendapatkan email seperti dibawah ini. Akan tetapi jika gagal jangan berkecil hati, coba dan coba lagi terus. Untuk lebih meyakinkan lagi tinggal kamu cek video youtube yang telah kamu laporkan pada channelel orang lain dan jika kita play maka tidak akan bisa diputar dan terdapat keterangan copyright.

Tips Agar Video Kamu Tidak Dicuri

Adapun tips yang akan aku berikan agar video kamu di youtube aman dan tidak ada orang yang mencurinya begituh saja dan dijual kembali pada akun youtube nya. Disini kamu bisa mengaktifkan Contentd ID pada channel youtube yang kamu buat dengan catatan channel kamu juga bersih dari yang namanya copyright dan untuk lebih jelasnya bisa kamu simak DISINI mengenai cara mengaktifkan Content ID.

Dengan menggunakan Content ID maka kamu bisa mengambil berbagai tindakan atas materi video yang cocok dengan pemiliknya seperti dibawah ini.

  • Membisukan Audio atau musik yang cocok dengan pemiliknya.
  • Mencekal keseluruhan video yang telah di upload sehingga langsung hilang.
  • Memonetisasi video dengan tujuan mendapatkan iklan, namun banyak juga yang pendapatannya terbagi dan hal itu tidak terlalu merugikan kita.
  • Melacak statistik dari penayangan video tersebut.

Jadi jika ada yang mencoba re-upload video kamu maka akan terkena salah satu content ID di atas, tinggal kamu tentukan mana yang akan di masukan. Akan tetapi kebanyakan nya melalui membisukan audio namun banyak juga yang langsung dihilangkan video nya agar mereka jera, hehe. tapi kalau untuk musik dan channel kita sudah mendapatkan lencana verifikasi maka secara otomatis penghasilan nya akan terbagi menjadi dua, hal ini sudah banyak di ungkapkan oleh youtuber yang membuat cover musik. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar