Tips Memotret Bulan Purnama Dengan Kamera Smartphone

Anakkost.tv – Hai sobat, bulan purnama merupakan fenomena alam yang jarang sekali terjadi, jadi ketika bulan purnama berlangsung tentunya kamu ingin sekali untuk mengambil gambar fenomena yang langka itu untuk kamu abadikan tentunya, tapi kamu bingung nggak punya kamera  DSLR ?. Tenang saja sobat kamu tak perlu bimbang dan khawatir akan hal itu, Smartphone mu juga bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar fenomena langka itu loh.

cara memotret bulan purnama

Memang mengambil gambar atau potret pada malam hari tidaklah mudah, tapi bukan berarti menghalangi kamu mengabadikan momen yang langka itu kan. Nah sekarang aku mau ngasih kamu trik buat menghasilkan gambar yang bagus menggunakan Smarthphone.

Cara Memotret Bulan Purnama dengan Smartphone

  1. Pilih Lokasi Terbaik

cara memotret bulan purnama

Pada zaman yang serba canggih ini kamu bisa menggunakan banyak alat yang memungkinkan untuk kamu mendapatkan gambar yang bagus. Nah kompas dan Google Maps bisa membantu kamu untuk menemukan lokasi yang tepat guy.

Untuk mendapatkan spot yang bagus usahakan kamu pilih spot yang benar benar jauh dari terangnya lampu kota, untuk menghindari resolusi cahaya tentunya. Misal tempatnya adalah di sawah pedesaan atau di laut, itu adalah tempat alternative yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil gambar bagus.

  1. Kreatif

cara memotret bulan purnama

Jadilah kreatif, karena dengan kreatif bisa jadi kamu tak perlu jauh jauh pergi ke pedesaan atau laut untuk bisa menghasilkan potret yang keren.

Ingalls pernah bercerita bahwa belia pernah pergi ke Shenandoah National Park untuk memotret Komet Lulin pada tahun 2009 lalu. Awalnya beliau khawatir karena lupa membawa teleskop seperti para fotografer lainnya. Namun berkat idenya yang kreatif dia menggunakan lampu merah dari headlamp yang dia pakai untuk menerangi hutan. Dan hasilnya National Geographic menobatkan foto hasil jepretan Ingalls sebagai salah satu potret terbaik di hutan itu.

  1. Mengunci Focus

cara memotret bulan purnama

Karena kamu tak punya kamera professional layaknya kamera DSLR tentunya kamu menggunakan Smarthphone mu. Ingalls juga menyarankan kamu untuk pergi ke perkotaan dengan latar depan menyala. Setelah berada disana ketuk layer Smartphone mu dan tahan jari pada objek untuk mengunci focus, kemudian geser jari keatas atau kebawah untuk meringankan atau menggelapkan eksposur.

  1. Menggunakan Tripod

cara memotret bulan purnama

Karena memotret bulan purnama harus dengan kecepatan yang lambat kamu sebaiknya gunakan Tripod agar gambarmu tidak goyang. Sebenarnya tak harus menggunakan Tripod yang bagus dan mahal seperti Tripod untuk kamera digital, kamu bisa menggunakan Tripod kaki tiga yang murah meriah dan gampang kamu dapatkan dengan penjepit smarthphone. Dengan cara ini Smartphone mu bisa ditempatkan pada tempat yang stabil.

  1. Gunakan Aksesoris Lensa Tele

cara memotret bulan purnama

Lensa ini bisa kamu tempelkan di kamera hp yang akan kamu gunakan. Ia akan memberi perbedaan pada hasil gambar yang kamu potret. jangan salah beli, karena lensa tele untuk smartphone berbeda dengan kamera pada umunya.

  1. Menggunakan Aplikasi Time Lipase

cara memotret bulan purnama

Yang terakhir kamu bisa gunakan Aplikasi yang bisa kamu install di playstore untuk memotret fenomena ini beberapa tahap. Agar tidak ketinggalan moment pas atau indah untuk di potret dan disini aku menggunakan aplikasi Framelapse.

Jadi gimana sangat mudahkan? Kamu tak perlu mahal-mahal membeli kamera DSLR hanya untuk mengabadikan fenomena yang langka ini, ternyata Smartphone mu juga sangat rekomend yah buat kamu gunakan. Kamu bisa gunakan beberapa cara diatas untuk membantu menghasilkan gambar yang bagus untuk phenomena langka ini sesuai dengan cara mana yang paling mudah untuk kamu pakai guys. Buat kalian yang ingin mencoba semoga berhasil ya, cukup sekian trik dari saya semoga bermanfaat.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar