Cara Membuat Stabilizer Kamera Sendiri

Anakkost.tv – Dalam mengabil sebuah video bisa dikatakan lebih sulit dibandingkan dengan mengambil sebuah foto apalagi video yang kita ambil dengan cara berlari. Buka sulit dalam pengambilannya tapi sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena banyaknya getaran yang ditimbulkan yang bisa membuat orang pusing jika melihat video tersebut apalagi kameranya dengan handphone.

Sudah banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut mulai dari penggunakan rel seperti rel kereta namun jaraknya cukup terbatas tapi hasilnya stabil.

Tapi sekarang jaman semakin maju dan sudah ada yang namanya stabilizer kamera.

Apa itu stabilizer?

Stabilizer adalah suatau alat yang bisa kita gunakan untuk menstabilkan sesuatu, jika dalam kamera maka berfungsi untuk menstabilkan posisi kamera agar video yang kita ambil tidak buram dan bikin pusing orang yang melihatnya.

Kalau dulu stabilizer kamera itu hanya dengan menggunakan sebuah tripod namun karena banyak adegan gerak maka harus membawa kamera dengan bergerak juga karena tripod biasanya digunakan pada adegan diam ditempat atau masih dalam jangkauan kamera. Banyak sekali stabilizer yang dapat kita gunakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Macam – macam Stabilizer Kamera

  1. Stabilizer untuk kamera action cam
  2. Stabilizer untuk kamera DSLR
  3. Stabilizer kamera manual
  4. Stabilizer kamera otomatis

Sekarang sudah banyak stabilizer kamera yang dibuat secanggih mungkin dengan bantuan elekronik sehingga goyangan yang ditimbulkan bisa teratasi dengan mudah berbeda dengan yang masih manual tanpa bantuan alat elektronik seperti dynamo. Bahkan pada sebuah drone juga ada yang menggunakan stabilizer atau sering juga disebut dengan gimbal apalagi pada drone terbaik.

Kegunaan Stabilizer Kamera

Jelas stabilizer ini berfungsi untuk menstabilkan gambar atau video yang kita rekam agar terhindar dari hasil buram karena getaran yang ditimbulkan. Karena video yang bagus itu video yang tidak ada getaranya, walaupun atau terlihat slow dan tetap enak dilihat.

Untuk harga stabilizer kamera sangat bermacam – macam mulai dari yang murah sampai yang mahal juga banyak. Bahkan yang paling terknal dan laris dipasaran adalah stabilizer kamera keluaran DJI.

Tapi jika untuk beli terlalu kemahalan kalian juga bisa membuatnya sendiri dan tentunya bisa dilakukan juga dengan menggunakan barang – barang bekas dan yang paling mudah membuat stabilizer kamera yang manual.

Perlatan Membuat Stabilizer Kamera Sendiri

Untuk perlatan yang digunakan tidak terlalu sulit bahkan di sekitar kita juga banyak seperti halnya :

  • Pipa air
  • Baut
  • perekat
  • Laher berkas motor, dll

Dengan peralatan atau bahan tersebut juga kalian bisa membuat stabilizer kamera yang diinginkan (sederhana). Untuk cara pembuatannya sendiri bisa kalian lihat video tutorial dibawah ini

Nah itulah cara pembuatan stabilizer sederhana yang tentunya dapat kalian ikuti, masih banyak cara lain dalam membuat stabilizer sederhana dan tentunya dengan alat dan bahan yang lainnya, bagi kalian yang suka ngevlog sepertinya wajib untuk menggunakan sebuah gimbal atau stabilizer agar hasilnya lebih bagus lagi. Meski harga kamera vlog 5 juta ke atas namun jika di barengi dengan stabilizer akan lebih sempurna lagi, simak juga beberapa kamera selfie terbaik DISINI. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - diy gimbal stabilizer kamerA -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar