Cara Membuat Film Pendek untuk Pemula

Anakkost.tv – Dalam membuat sebuah karya tentunya tidak langsung bagus dan hasilnya memuaskan bahkan orang yang sudah propesional saja selalu ada kata kurang puas dalam setiap karyanya walau itu hanya sedikit. Karena kita tahu bahwa manusia itu tidak sempurna begitu juga dengan karya – karyanya. Walau menurut kita bagus belum tentu menurut orang lain bagus.

Pada intinya berusaha boleh tapi jangan mundur karena kegagalan dan kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda. So bagi kalian yang ingin mencoba membuat sebuah film pendek dan belum tahu apa – apa tentang cara membuat sebuah film tentunya cocok sekali kalian mampir di artikel kali ini, karena disini aku akan coba membahas tentang bagaimana cara membuat film pendek bagi seorang pemula.

caramembuat film pendek

Sebelum memulai alangkah lebih baiknya kita mengetahui dulu apa itu film pendek agar kita paham dengan maksudnya dan lancar dalam pembuatannya.

Contents

Pengertian Film Pendek

Film pendek adalah sebuah film yang dibuat dengan simple dan komplek serta biasanya berdurasi kurang dari 50 menit bahkan bisa juga hanya berdurasi sekitar 60 detik dan yang penting ada 3 bagian utama di dalamnya.

Untuk memulai membuat film pendek jangan terlalu berpikir jauh membayangkan film yang wah dan genrenya luar biasa melainkan kita coba dulu membuat film dengan menggali apa yang terjadi pada lingkungan sekitar kita yang penting ada Prolog, Konplik/permasalahan serta eding dan tentunya dengan durasi yang pendek.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum membuat sebuah film pendek agar bisa berjalan dengan lancar dan runtut sehingga hasilnya bisa memuaskan apalagi bagi kita seorang pemula harus benar – benar mengikuti apa yang seharusnya dilakukan.

Persiapan Membuat Film Pendek

Ingat segala sesuatu yang kita persiapakan dengan matang tentu hasilnya juga akan memuaskan berbeda dengan yang hanya asal – asalan dan jangan pernah berharap yang terbaik jika kita membuatnya secara asal –asalan.

Dalam persiapan ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, untuk itu di bawah ini adalah hal – hal yang memang perlu disiapkan sebelum menuju ke langkah – langkah dalam pembuatan film seperti dokumenter.

  1. Riset Cerita

Kita matangkan dulu cerita apa yang akan kita ambil dan mencoba untuk riset kepada siapa saja yang berhubungan dengan cerita tersebut, bisa teman, orang tua bahkan browsing di google.

  1. Pembuatan Skrip

Setelah kita memantapkan cerita maka cerita tersebut bisa langsung kita tuangkan kedalam sebuah skrip agar bisa dipelajari lebih rinci lagi dan bisa melanjutkan ketahap berikutnya yaitu tentang tempat, peralatan dan lain sebagainya yang kita perlukan. Simak juga cara pembuatan naskah film yang baik dan benar.

  1. Mempersiapkan Peralatan

Dalam mepersiapkan peralatan juga harus teliti terutama pada kamera, batre, tripod, kabel, alat perekam audio dan peralatan – peralatan penunjang lainnya sebagai proferti syuting.

  1. Riset Lapangan

Sebelum melakukan shuting kita juga diharuskan untuk melihat kondisi tempat yang akan kita jadikan tempat pengambilan sebuah adegan agar bisa dikondisikan dengan peralatan yang akan kita bawa. Jika dipegunungan dan harus nginep maka perlu membawa tenda dan itulah perlunya persiapan.

  1. Pengambilan Gambar (Syuting)

Setelah kita tahu tempat maka bisa untuk membuat tekhnik pengambilan gambar agar tidak terbilang monoton. silahkan baca tentang tehnik pergerakan kamera

  1. Edit Hasil Video

Hasil dari video yang kita ambil masih dalam bentuk mentahan atau terpotong – potong bahakan mungkin ada beberapa adegan yang salah sehingga perlunya proses editing. Proses editing sendiri berguna untuk menggabungkan part video dan memberikan efek – efek khusus baik suara atau gradasi warna sehingga film tersebut lebih menarik lagi.

Jika kita kerjakan secara tim dan terurut maka kita sebagai pemula dalam membuat sebuah film tidak akan kesulitan. Tapi jika pengambilan videonya berantakan maka akan menyulitkan kita dalam mengedit video tersebut.

Baca juga situs tempat download audio tanpa copyright

Sepintar apapun orang yang bisa mengedit video jika video yang kita ambil tidak jelas alur ceritanya atau pengambilan gambarnya maka akan tetap terasa hambar bahkan bisa dibilang jelek.

Sedikit tambahan, sekarang sudah banyak aplikasi editing video yang dapat kalian gunakan baik pada handphone android maupun PC atau laptop sehingga tidak perlu lagi menyewa atau menyuruh orang lain dalam mengedit video atau film pendek buatan kita, asal kita mau dan berusaha tentu bisa.

5 Aplikasi Editing Video di Android

  1. KineMaster
  2. VidStitch
  3. VivaVideo
  4. VideoShow
  5. AndroVid Video Editor

Itulah 5 aplikasi android yang bisa kita gunakan untuk mengedit sebuah video dan tentunya memiliki fiture – fiture yang bisa menarik perhatian kita sebagai pengguna. Mungkin aplikasi edit video di handphone masih terbilang baru namun cukup mengambil perhatian banyak orang, tapi tetap kita jangan sampai melupakan aplikasi atau software editing video yang ada pada PC.

5 Software Editing Video di PC atau Laptop

  1. Adobe Premiere Pro
  2. Sony Vegas Pro
  3. Corel Video Studio
  4. Windows Movie Maker
  5. Camtasia

Nah itulah beberapa software editor yang tentunya sudah lama kita gunakan dalam mengedit sebuah video dari mulai versi bawah sampai sekarang dengan versi terbarunya dan dengan fiture – fiture baru tentunya.

Oke diartikel ini mungkin tidak terlalu dalam membahas software editing karena yang utamanya adalah bagaimana cara membuat film pendek bagi seorang pemula. Dimana caranya cukup mudah yang penting semuanya terencana dengan konsep yang matang sehingga mudah mengendalikannya jangan sampai mati langkah atau bingung dengan apa yang selanjutnya akan dilakukan.

Setelah itu tinggal kita upload ke youtube agar orang lain bisa melihat karya kita, menilai karya kita dan jangan lupa untuk mempromosikannya agar semakin banyak orang yang menontonnya atau simak juga cara biar banyak penonton DISINI, terimakasih.

 

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

1 Comment on "Cara Membuat Film Pendek untuk Pemula"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted