Cara sukses Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram

Anakkost.tv – Dunia semakin maju seiring perkembangan zaman termasuk sistem jual beli yang sekarang banyak bersifat online. Bahkan banyak perusahaan – perusahaan besar yang menyediakan tempat untuk kita bisa berjualan online seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan yang lainnya. Tinggal kamu tentukan sendiri mana yang lebih baik dan mudah.

Namun bukan itu yang akan bahas kali ini, melainkan tentang cara berjualan online di akun instagram. Sekarang sudah banyak juga teman – teman kita yang menjual barang atau produk miliknya dengan menggunakan instagram. Jadi bukan hanya menjadi endorsemen saja yang menghasilkan uang dari instagram. Namun berjualan online itu tidak semudah yang kita bayangkan, namun membutuhkan tehnik dan strategi yang matang agar hasilnya bisa maksimal.

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Kenapa Memilih Instagram dan Bukan Media Sosial yang Lain?

Ada beberapa alasan yang akan aku jelaskan dibawah ini, mengapa instagram lebih mendominasi untuk berjualan online dibandingkan dengan akun media sosial yang lainnya.

  1. Indonesia sendiri merupakan peringkat ke-4 di Dunia untuk pengguna instagram terbanyak dan peringkat ke-2 di Asia.
  2. Pengguna instagram di Indonesia sudah aktif lama dan dari tahun ke tahun semakin bertambah bahkan bisa mencapai 2 kali lipat nya.
  3. Selain itu, pengguna instagram di Indonesia sering mention teman – temannya tentang hal – hal baru atau berbagi foto yang menurut mereka bagus dan unik bahkan tren masa kini.
  4. Setiap saat atau setidaknya setiap hari pasti membuka akun instagram baik 1, 2 menit saja, entah itu mengupload foto atau melihat – lihat saja update terbaru dari orang lain.
  5. Hampir 50% pengguna instagram suka membeli barang yang menurutnya menarik setelah melihat postingan – postingan sebuah online shop di instagram.

Jadi tunggu apalagi, buat kamu yang berniat jualan online dengan menggunakan akun instagram. Jangan sampai nyesel dan semain lama semakin banyak orang yang mencoba peruntungan nya jualan di instagram sehingga buat kita masuk menjadi lebih susah apalagi untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Cara Jualan Di Instagram yang Menjanjkan

Disini aku akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara berjualan dengan menggunakan akun media sosial khususnya instagram. Apalagi kamu yang bisa dikatakan sebagai seorang pemula dan belum tahu betul tentang hal ini, untuk itu bisa kamu simak dibawah.

Cara Jualan Bagi Seorang Pemula

  1. Membuat Akun Khusus

Jika ingin serius berjualan, maka buatlah akun khusus untuk jualan dan jangan disatukan dengan akun pribadi karena itu akan kurang maksimal hasilnya. Kamu bikin nama olshop yang keren, bisa menggunakan nama kamu atau nama yang tidak jauh dengan nama instagram pribadi.

  1. Upload Foto Produk Sebanyak Mungkin

Sebelum mencari follower alangkah lebih baiknya kamu upload dulu berbagai foto produk lengkap dengan deskripsi nya dan bila perlu kamu poles foto – foto tersebut sehingga orang betah dan tertarik untuk melihatnya, terlebih ingin membelinya. Jadi jangan sembarang ambil gambar lalu di upload yah. Karena itu hasilnya kurang maksimal dan tidak akan banyak yang tertarik dengan foto kamu, apalagi berniat untuk membelinya.

  1. Mencari Banyak Follower

Akun baru sudah siap, foto produk sudah di upload maka saatnya untuk mencari follower. Ada cara jitu yang bisa kamu ikuti dalam mencari follower yang banyak dengan waktu singkat. Caranya kamu cukup cari terlebih dahulu akun instagram yang menjual barang – barang relatif sama dengan yang kamu jual dan cari yang sudah mempunyai banyak follower. Disitu kamu follow semua akun yang telah mengikuti akun olshop tersebut. Akan tetapi jangan sekaligus melainkan bertahap, takutnya disangka spam sama instagram kan tidak lucu.

  1. Unfollow Akun yang tidak Followback

Setelah banyak akun yang kamu follow, tunggu beberapa hari atau minggu. Apakah banyak yang mem-followback atau tidak. Jika ada yang tidak mem-followback maka lebih baik kamu unfollow dan tidak perlu satu – satu melainkan unfollow secara masal agar tidak cape.

  1. Memasang Iklan di Media Sosial Lainnya

Jadi kamu tidak perlu berjualan dan memasang produk di media sosial lainnya tapi cukup memasang iklan yang diarahkan ke akun instagram olshop kamu. Atau bisa juga dengan cara membuat sebuah halaman facebook dan juga yang lainnya. Intinya share sebisa mungkin tapi jangan sampai tergolong spam karena itu dapat merugikan kamu sendiri.

Jika 5 hal di atas sudah kamu lakukan, maka sekarang saatnya kita beralih pada strateginya itu sendiri. Jadi bukan hanya mentok sampai disitu dan diam menunggu pembeli yang memesan melainkan juga melakukan hal lain yang dapat meningkatkan omset penjualan kamu.

Strategi Jualan Online di Instagram

Adapun strategi jualan online dengan menggunakan akun instagram seperti dibawah ini.

Srategi jualan di Instagram

  1. Lengkapi bagian profil akun instagram kamu selengkapnya, mulai dari akun media sosial lain yang bisa mereka hubungi (WA, BBM, Line dsb.).
  2. Gunakan foto profil yang menarik dan menjadi ciri khas olshop kamu. Jadi alangkah lebih baik menggambar atau desain sendiri. Agar tidak sama dengan olshop lainnya, bila perlu didalam logo tersebut terdapat pilosofi yang bagus.
  3. Jangan lupa, selain memberikan deskripsi yang lengkap tentang barang yang kamu jual. Lengkapi juga dengan hastag (#) agar orang – orang dapat mencarinya dengan mudah bila perlu gunakan hastag yang sudah populer agar semakin besar peluang toko atau barang kamu dilirik orang lain.
  4. Aktifkan juga akun terkain dalam instagram yang bisa kamu atur pada bagian pengaturan seperti facebook dan twitter sehingga akan share otomatis.
  5. Upload foto produk pada jam – jam dimana banyak orang sedang santai dan membuka instagram. Jadi jangan seenaknya upload foto produk apalagi yang baru membuka dan berbeda lagi jika olshopnya sudah terkenal tapi ingat konsisten itu wajib kita perhatikan.

 

Gimana? Cukup jelas bukan! Ya strategi itu memang sangat penting untuk bisa memajukan sebuah usaha. Jadi kita harus pandai dalam mengatur strategi. Akan tetapi bukan hanya itu juga yang harus kamu lakukan dan ada hal penting lainnya yang wajib kamu perhatikan seperti cara berjualan nya itu sendiri agar bisa cepat laku dan untung besar.

Tips Jitu Berjualan Pada Akun Instagram

Disini aku akan sedikit berbagi tips tentang cara berjualan di instagram agar cepat laku dan mendapatkan untung yang banyak secara continued.

  1. Jangan pernah mengupload foto produk secara bersamaan dengan jumlah yang banyak. 1 hari cukup 1 produk saja dan yang lainnya di pending dulu. Karena orang yang melihatnya juga bisa menjadi risih jika terlalu banyak yang di upload dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan.
  2. Jika ada seseorang yang sedang bingung dan galau masalah produk, disana kamu bisa masuk dan menawarkan suatu produk yang kamu miliki atau bisa juga ikutan komentar/promosi pada akun instagram orang lain yang sudah banyak follower namun tetap jangan terlalu berlebihan, secukupnya saja.
  3. Selalu berikan layanan terbaik untuk konsumen dan balas semua komentar yang masuk baik itu komentar positif atau negatif sekalipun dan jangan sekali – kali kamu menaggapi komentar negatif dengan emosi tapi jelaskan secara perlahan dan biarkan mereka malu sendiri dan mungkin itu saingan dari toko sebelah untuk menjatuhkan toko kamu.
  4. Jika follower kamu sudah bertambah banyak, maka jangan hanya diam. Tapi sekali – kali like foto mereka atau komentar namun jangan promosi didalamnya yah. Cukup dengan kata – kata yang sewajarnya saja. Jadi jangan semua kolom komentar di isi dengan prosmosi, tapi lihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.
  5. Uploadkan setiap orang yang memesan barang kamu, bila perlu minta foto penerimaan barang dari konsumen dan jangan lupa untuk minta testimoni nya juga agar kepercayaan orang lain terhadap olshop kamu semakin bertambah.

 

Waowwww, cukup sulit juga yah! Tapi jika sudah dijalankan akan terasa mudah, yang penting yakin dengan apa yang kamu lakukan dan jangan sekali – kali membohongi konsumen karena itu akibatnya sangat fatal dan akan merusak citra olshop kamu. Jika ada diantara kamu yang mempunyai cara lain atau tips lain berjualan yang baik dan benar di akun media sosial bisa share ilmunya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - omset penjualan dalam vlog -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar