Cara Ampuh Mengatasi Google Play Terhenti

Anakkost.tv – Google Play terhenti memang kadang membuat kita sebagai pengguna kebingungan dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Terlebih banyak aplikasi yang perlu di perbaharui menggunakan play store. Pastinya hal ini akan membuat kamu kalang kabut yang akhirnya memutuskan untuk pergi ke tukang servis handphone.

Padahal hal tersebut bisa kamu atas dengan mudah dalam dalam waktu yang tidak lama, play store kamu akan langsung bisa digunakan kembali. Hanya saja kamu perlu melakukan beberapa langkah yang akan aku sebutkan atau lebih tepatnya beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan play store yang sering terhenti. Sehingga kamu tidak perlu panik apalagi sampai membawanya ke tukang servis, karena kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Penyebab Terhentinya Layanan Google Play di Android

Adapun masalah terhentinya google play ini ternyata di sebabkan oleh beberapa hal dan mungkin bisa bisa langsung menjadi solusi untuk mengatasinya. Adapun beberapa hal yang menyebabkan google play terhenti diantaranya :

  • Pengaturan waktu yang sembarang atau tidak sesuai dengan lokasi kamu, sehingga perlu menyetel ulang atau di buat menjadi otomatis.
  • Terdapat koneksi internet yang bermasalah sehingga perlu mencoba koneksi lain atau melihat pengaturan jaringan di handphone kamu.
  • Terjadinya crash di layanan google play yang dimiliki android kamu.

Beberapa penyebab di atas memang bisa membuat layanan google play kamu sering terhenti dan tidak bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Sehingga bisa dengan cek 3 hal tersebut, tapi jika masih terhenti maka bisa di lanjut dengan cara mengatasi yang lebih detail lagi dibawah ini.

5 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

Kalau dulu, sebelum tahu cara mengatasinya maka langsung pergi ke pengaturan, aplikasi, play store dan kemudian di hentikan paksa dan sumber aplikasi lainnya di dapat dari sumber lain juga seperti halnya Black Martket, 9apps dan lainnya yang jelas juga bisa meng-instal aplikasi – aplikasi penting yang sebelumnya bisa di instal dari playstore. Namun ternyata hal itu tidak baik karena beberapa hal dan diantaranya tidak ada pemindaian penuh terhadap aplikasi yang bisa saja terdapat malware yang berbahaya.

  1. Melakukan Penghapusan Cache & Data Google Play Store

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan pergi kebagian pengaturan dan kemudian masuk pada aplikasi dan cari serta pilih Google Play Store. Setelah itu kamu buka bagian penyimpanan dan bisa langsung kamu tap Hapus Cache tapi jika masih tidak berhasil bisa di lanjutkan dengan tap Hapus date.

Jika bingung dengan caranya bisa langsung kamu perhatikan gambar dibawah, tapi sekedar mengingatkan untuk posisi dari susunan dalam aplikasi akan berbeda di setiap handphone. Sehingga kamu bisa mencarinya sendiri dan untuk gambar dibawah saya menggunakan handphone Sony.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

  1. Melakukan Update Pada Google Play & Google Play Servis

Adapun cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi google play terhenti yaitu dengan meng- update ke versi terbaru. Mulai dari  google play servis dan sampai dengan google play store itu sendiri, adapun cara yang bisa kamu lakukan seperti dibawah.

Update Google Play

Untuk bisa meng-update google play servis caranya cukup mudah, kamu hanya cukup masuk pada play store dengan cepat dan se-bisa mungkin masuk pada bagian pengaturan dengan cara tap garis 3 kebawah yang ada di pojok kiri atas, geser kebawah sampai menemukan pengaturan, geser lagi kebawah sampai menemukan Versi Play Store, tap dan OK.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

Update Google Play Servis

Kalau untuk update google play servis kamu cukup masuk pada play store, kemudian tap garis tiga kebawah yang ada di pojok kiri atas dan tap kembali bagian Aplikasi & game saya. Di bagian pembaharuan kamu cari Google Play Servis dan kemudian tap Update.

  1. Melakukan Rest Google Account

Jika masih saja tidak bisa, maka bisa dengan melakukan rest pada google account. Untuk caranya juga cukup mudah dan bisa kamu simak dibawah ini.

Pertama kamu masuk ke bagian pengaturan di smartphone kamu dan kemudian cari Akun & Sinkron. Kamu tap dan lanjutkan dengan memilih Google maka akan tampil akun gmail yang terkait dengan play store, kamu tap dan tap kembali titik tiga yang ada di pojok kanan atas untuk menghapus akun google tersebut.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

  1. Melakukan Pemaksaan untuk Berhenti

Adapun cara selajutnya yang bisa kamu lakukan dan sempat juga aku singgung di atas. Dimana kamu bisa paksa untuk berhenti terlebih dahulu aplikasi google play nya. Dengan cara masuk pada bagian pengaturan, kemudian pilih aplikasi dan cari google play store. Setelah itu, langsung saja kamu tap Paksa Berhenti setelah itu restar smartphone kamu.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

  1. Melakukan Pengaturan Ulang Smartphone

Untuk cara yang terakhir merupakan cara yang memang sudah tidak bisa diatasi lagi dengan 4 cara di atas. Sehingga kamu perlu melakukan pengaturan ulang pada smartphone kamu atau mengembalikannya ke pabrikan.

Untuk caranya juga sangat mudah, kamu cukup masuk pada bagian pengaturan dan masuk pada Buat cadangan & Setel ulang. Kalau untuk cadangan lebih baik di non-aktifkan saja agar semuanya fress. Setelah itu lakukan reset data pabrik dan ikuti langkah – langkah selanjutnya.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dengan Mudah

Nah itulah 5 cara yang dapat aku share kali ini, untuk bisa mengatasi google play yang sering terhenti, baik itu selalu muncul atau hanya ketika ingin di buka. Memang hal tersebut kadang menjadi kendala dan membuat aktifitas smartphone menjadi terhambat. So, untuk sekarang jangan bingung lagi karena kamu bisa mengatasinya sendiri. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of