Cara Mudah Agar Foto, Video dan Dokumen Tidak Terunduh Secara Otomatis di Whatsapp

Anakkost.tv – Berbicara tentang aplikasi whatsapp pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu semua. Namun ternyata banyak orang pengguna whatsapp tidak sepenuhnya tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi tersebut, bahkan yang mereka tahu hanya mengirim pesan dan menerima pesan saja. Entah itu malas mencari tahu atau memang tidak mau tahu?

Akan tetapi kita sebagai pengguna whatsapp sedikit banyaknya harus tahu fitur apa saja yang ada di dalamnya. Hal ini juga dapat mempermudah kamu dalam bekerja atau yang lainnya dan salah satunya akan aku bahas kali ini.

Cara Mengirim Foto, Video dan Dokumen di Whatsapp

Pastinya kamu semua sudah pada bisa melakukannya namun kadang ada juga pengguna yang masih bingung! Terutama dalam mengirim file, sedangkan kirim video atau foto pastinya sudah sering dilakukan. Akan tetapi dibawah ini akan coba aku jelaskan semuanya agar lebih jelas lagi, hehe.

  1. Kirim Dokumen Lewat Lewat Whastapp

  • Langkah pertama kamu buka dulu aplikasi whatsapp nya dan kemudian kamu pilih nama yang akan di kirim foto tersebut.
  • Setelah itu kamu tap icon lampiran yang berada di kolom pengetikan pesan.

  • Dan kemudian kamu pilih Dokumen, cari dan pilih dokumen yang ingin kamu kirimkan dan kemudian tap Kirim.

  1. Kirim Video Lewat Whatsapp

  • Langkah hampir sama dengan yang di atas, namun disini kamu jangan tap Dokumen melainkan tap Galeri.

  • Kemudian kamu pilih video yang akan kamu kirimkan dan disana bisa kamu potong terlebih dahulu jika diperlukan.
  • Disitu juga bisa kamu tambahkan pesan khusus untuk memperjelas apa sebenarnya isi video tersebut sebelum dia menonton nya. Kemudian kamu tap icon panah seperti halnya kamu mengirim pesan.

  1. Kirim Foto Lewat Whatsapp

Sama persis dengan cara mengirim video, akan tetapi disini yang kamu pilih bukan file video melainkan file gambar. Bisa juga kamu masukan caption khusus sebelum dikirim.

Cukup mudah dan memang umum dilakukan, namun kadang ketika kita sudah masuk pesan dan memilih salah satu file yang akan dikirim, kesulitan dalam mencarinya. Apalagi mencari file dokumen, kalau foto sama video aku rasa cukup mudah, hehe. Untuk itu ada tips khusus yang bisa kamu ikuti agar tidak kesulitan dalam mengirim file dokumen atau pun foto dan video.

Tips Mengirim File Dokumen dengan Mudah

  • Langkah pertama, kamu cari terlebih dahulu file dokumen tersebut berada dan setelah ketemu kamu tap/ tahan lama atau bisa juga langsung dengan tap icon titik tiga yang ada di samping kanan file tersebut.

  • Setelah itu, kamu cari dan pilih Bagikan

  • Maka akan muncul beberapa pilihan dan kamu tap icon Whatsapp

  • Kemudian kamu cari nama orang yang ingin kamu kirim file tersebut, bisa di schroll atau dicari pada kolom pencarian dengan mengetik namanya.

  • Kamu tap namanya dan tap icon panah biru yang ada dibagian pojok kanan bawah untuk mengirim file tersebut.

Jadi dengan demikian, cara yang sangat mudah ketika kamu ingin mengirim dokumen dan tidak akan kesulitan dalam mencari file nya. Begitu juga dengan mengirim foto atau video kamu bisa tap Bagikan.

Cara Agar Foto, Video dan Dokumen Tidak Terunduh Secara Otomatis

Sekarang baru kita beralih pada cara agar apa – apa yang dikirim oleh teman dalam bentuk file tidak terunduh secara otomatis. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat kuota dan juga menghemat memori handphone kamu. Untuk caranya bisa kamu ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

  1. Kamu buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp nya dan kemudian masuk pada setelan dengan tap icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas di bagian Chat.

  1. Setelah masuk, kamu lanjutkan dengan tap Penggunaan data dan Penyimpanan

  1. Kemudian kamu perhatikan bagian Unduh Otomatis media dan disana ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih dan tentukan sendiri.
  • Saat menggunakan data seluler : artinya segala bentuk file, baik itu foto, video, dokumen akan terunduh secara otomatis saat kamu menggunakan paket data sekalipun.
  • Saat terhubung ke WiFi : artinya disini setiap foto, video dan dokumen akan terunduh otomatis hanya ketika handphone kamu tersambung dengan wifi dan jika menggunakan data seluler harus di unduh manual.
  • Saat Roaming : kalau yang satu ini aku rasa sangat jarang terjadi dan intinya sama saja.
  1. Kamu pilih satu per satu dan hilangkan centang yang ada di setiap kolom yang tersedia agar tidak terunduh otomatis, baik itu Foto, Audio, Video dan Dokumen.

  1. Setelah fix maka jangan lupa tap OK.

Gimana cukup mudah bukan? Memang sangat mudah dan satu lagi untuk cara mengirim audio juga tidak jauh berbeda dengan cara mengirim foto, video atau dokumen sekalipun. Begitu juga dengan cara cepatnya, hehe.

Nah itulah cara agar foto, audio, video dan dokumen tidak terunduh secara otomatis terutama saat menggunakan pekt data. Terlebih juga kadang kalau kamu punya banyak group di whatsapp, dipastikan banyak gambar – gambar atau foto yang aneh – aneh masuk ke galeri kamu begitu juga video karena terunduh otomatis. Padahal tidak penting – penting amat. Untuk itu, dengan cara itu kamu bisa menghemat kuota sekaligus menghemat memori handphone. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of