Bukan Cuma di Youtube Live Streaming Video Game Juga Bisa Dilakukan di Facebook

Anakkost.tv – Masih ingat dengan Ibu Rumah Tangga yang dikatakan mendapatkan uang 60 juta dari live streaming PUBG Mobile di Facebook? Ya, dia adalah Lynda Embran, asal Malaysia, wanita yang mampu merubah hobinya menjadi seorang jutawan.

Nah, kamu juga mau gak nih, kayak Lynda Embran ini? Hanya dengan Live streamingan di Facebook, justru bisa di bayar mahal.

Kalau memang kamu merasa tertarik, di sini penulis akan turut membahas tentang bagaimana cara-cara terkait melakukan live streaming video game di YouTube. Kita simak bersama-sama.

Cara Melakukan Live Streaming di Facebook

Melakukan live streaming, ternyata tidak cuma bisa dilakukan lewat flatform YouTube saja loh, Guys! Belakangan ini di Facebook juga bisa melakukan hal serupa. Dan berikut ini cara yang bisa kita lakukan saat ingin melakukan live streaming video game di Facebook.

Cara live streaming video game di Facebook dengan perangkat seluler.22

  1. Sebelum kamu bisa melakukan live streaming, pertama sekali kamu harus download dan install aplikasi live game Android, yakni Omlet Arcade.
  2. Jika sudah bisa dipasang, selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut dan lakukan pendaftaran akun, dengan cara ketuk Buat Akun lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Pada saat kamu pertama kali dalam menggunakan Omlet Arcade, maka baiknya aktifkan dahulu perizinan dengan cara ketuk Aktifkan Sekarang. Geser toggle dalam mengaktifkan, lalu kembali ke aplikasi Omlet Arcade.
  4. Jika hal itu sudah kamu lalukan, sekarang kamu tinggal ketuk ikon + yang letaknya ada di bagian bawah lalu pilih opsi Go Live. Nantinya kamu sendiri tinggal pilih mana game yang hendak kamu mainkan tersebut, mau streaming PUBG di Facebook atau yang lain-lainnya yang nyatanya kamu sukai.
  5. Betikutnya kamu akan dialihkan ke dalam game. Dan untuk memulai live streaming, kamu hanya tinggal ketuk tombol overlay Omlet Arcade yang warnanya transparan.
  6. Pilih channel mana yang kamu mau lakukan dalam siaran langsung (live streaming). Sebut saja di dalam opsi Facebook. Maka kamu pun tentunya harus menghubungkan akun Facebook lqlu ikuti langkah-langkah berikutnya.
  7. Nah, Sebelum melakukan streaming, kamu pun bisa melakukan beberapa pengaturan, seperti halnya pada deskripsi, kualitas rekaman, hingga terkait overlay yang akan digunakan. Dan bila sudah dikira pas, tinggal ketuk saja ‘Mulai’.

Gampang sekali bukan?

Cara Melakukan Live Streaming video Game di Facebook dengan Laptop/ PC

Berikut ini tutorialnya :

  1. Kamu download dan install terlebih dahulu software live streaming PC, yaitu Open Broadcaster Software Studio (OBS Studio).
  2. Setelah itu kunjungi situs Live Streaming Facebook, lalu klik tombol Create Live Stream di (https://web.facebook.com/live/create/?step=landing&__fns&hash=Ac33RPWPapI59dhk)
  3. Nantinya, akan langsung muncul tampilan untuk mempersiapkan siaran langsung di Facebook. Di sini kamu hanya perlu menyalin Stream Key-nya saja.
  4. Selanjutnya, buka software OBS Studio yang sudah kamu install tadi. Lalu pada jendela utama, kamu bisa klik menu Settings yang letaknya ada bagian kanan bawah.
  5. Nah, di laman tersebut, nantinya kamu tinggal beralih saja ke tab Stream. Selanjutnya kamu pun pilih Service: Facebook Live, Server: Default, juga Stream Key: (tempel salinan) pada Langkah 3. Jika sudah selesai, maka klik OK.
  6. Buka game yang ingin kamu live stream di Facebook. Kecilkan jendela lalu kembali ke OBS Studio, selanjutnya klik ikon + di bagian Source dan pilih Game Capture. Kalau muncul ungkapan berikutnya, tinggal klik saja ‘OK’.
  7. Di jendela berikutnya, kamu ubah Mode: Capture specific window juga Windows: Pilih jendela game yang dimainkan. Jika sudah, kamu klik OK.
  8. Untuk bisa menambah audio game, kamu bisa klik ikon + di bagian Source, lalu pilih Audio Input Capture. Jika muncul jendela berikutnya, klik lagi ‘OK’.
  9. Selanjutnya tinggal atur Device: Default untuk bisa mendapatkan suara langsung dari PC dan game yang nantinya kamu mainkan. Klik OK, lalu menuji ke langkah berikutnya.
  10. Jika kamu ingin menambahkan facecam, kamu bisa sekali lagi klik ikon + pada Source dan pilih Video Capture Device. Kalau nyatanya belum punya webcam, kamu pun bisa mengubah HP Android jadi webcam dengan dibekali aplikasi bernama DroidCam,
  11. Beeikutnya kamu tinggal pilih perangkat mana yang akan digunakam dalam mengambil video. Di sini kamu pilih saja Device: DroidCam Source 3, apabila kamu menggunakan HP Android sebagai webcam-nya. Jika sudah selesai, klik OK.
  12. Lalu untuk memasukkan suara dari mic eksternal, sekali lagi ketuk ikon + pada Source lalu kamu juga pilih Audio Input Capture.
  13. Pilih perangkat yang kamu gunakan dalam melakukan voice, misalbya Device: Microphone (DroidCam Virtual Audio), lalu klik OK.
  14. Terakhir kamu hanya perlu atur layout tampilan sebelum memulai live streaming di Facebook. Jika sudah dirasa siap, kamu tinggal klik saja Start Streaming.
  15. Kamu kembali lagi ke laman Live Streaming Facebook tadi lalu tunggu hingga tampilan berubah. Di sini kamu tinggal mengatur deskripsi, game, juga judul. Untuk memulai streaming, kamu klik Go Live.

Gimana? Masih ada yang penasaran dan ingin ditanyakan?hehe… Bila saja ada bisa ajukan saja pertanyaan tersebut di kolom komentar ya, Guys!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of