Boros Kuota Karena Keseringan Buka Instagram, Begini Cara Mengatasinya

Anakkost.tv – Membahas tentang hal ini, tentunya kita pun akan kembali ingat terhadap pembahasan yang sebelumnya yaitu beragam aplikasi yang dikatakan boros kuota internet.

Dan di dalam bahasan itu sendiri, sedianya Instagram pun dikatakan menjadi salah satu aplikasinya (boros kuota internet). Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Agar Tidak Boros Kuota Saat Menggunakan Instagram

Terkait cara agar kamu tidak khawatir lagi akan boros kuota saat menggunakan aplikasi Instagram, sebenarnya ada 3 cara. Dan berikut terkait ketika caranya.

Kurangi aktivitas Instagram dengan cara mematikan notifikasi.

Caranya sendiri yakni ;

  1. Buka aplikasi Instagram kamu, kemudian tap ikon profil, setelah itu lanjutkan tap ikon tiga garis horizontal yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.
  2. Cari menu byang ada tulisan ‘Push Notifications’.
  3. Setelahnya, kamu bisa pilih Off pada jenis notifikasi yang nantinya ingin kamu matikan di Instagram. Di sini kamu pun nyatanya bisa juga memilih untuk tetap mengaktifkan notifikasi. Misalnya saja dari orang-orang tertentu.

Nah, dengan kamu Push Notifications, maka notifikasi Instagram pun nantinya tidak akan lagi beroperasi di sistem latar. Oleh karena itulah, pengeluaran kuota juga akan mulai berkurang. Tapi biar pun demikian, kamu pun tentunya perlu mengetahui, bahwa metode ini hanyalah akan memberikan efek minor.

Menghemat kuota Instagram dengan mengaktifkan fitur ‘Cellular Data’

Caranya seperti berikut:

  1. Kamu buka aplikasi Instagram, setelahnya tap ikon profil, lalu tap ikon tiga garis horizontal pada pojok kanan atas, lantas pilih Settings.
  2. Setelah hal itu kamu lakukan, maka kamu pun hanya perlu scroll ke bawah sampai kamu menemukan kata Cellular Data Use.
  3. Dan untuk yang terakhir, tinggal Use Less Data.

Kalau dengan cara yang ini, nantinya akan membuat video tidak akan lagi bisa dimuat sampai kamu ingin memutarnya sendiri. Namun biar pun demikian, untuk masalah foto nyatanya masih akan tetap dimuat seperti biasanya.

Khusus Untuk Pengguna Android Nougat, bisa langsung mengaktifkan Data Saver

Cara melakukannya:

  1. Jalankan Android Settings, selanjutnya tap Data usage yang terletak pada kolom Wireless & networks.
  2. Dan setelahnya, tap opsi Data saver.
  3. Terakhir tinggal kamu nyalakan Data saver dengan tombol slide. Dan untuk sekedar tambahannya, opsi Data Saver nyatanya juga bisa kamu temukan di dalam Notification Bar.

Bahkan menurut lansiran Google, fitur Data Saver juga nyatanya dapat mengurangi resolusi pada gambar, mengurangi bitrateyang ada pada video, compress data, bahkan turut  meniadakan fungsi yang dirasa akan cepat memboroskan kuota.

Dan itu saja kiranya tentang bahasan kali ini. Sampai jumpa di waktu yang akan datang.

Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of