Ternyata Bisa Mudah Masuk Grup WhatsApp Hanya Dengan Search di Google!

Anakkost.tv – WhatsApp adalah aplikasi chatting yang tentunya paling banyak penggunanya sekarang ini. Di mana selain memberikan kenyamanan terhadap para penggunanya, WhatsApp juga dikatakan telah menjamin keamanan dari privasi tiap-tiap akun. Sehingga tentu saja, para pengguna selain akan merasa nyaman, tentunya akan merasakan pula keamanan terkait data-data pribadi mereka.

Tapi sudah kamu tahu? Walau sejatinya WhatsApp juga telah memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap penggunanya. Anehnya, sistem WhatsApp sendiri apalagi untuk terkait group di WhatsApp justru bisa dilacak dengan menggunakan search Google. Why?

WhatsApp Tidak Terlalu Mementingkan Data Privasi

Dengan enkripsi end-to-end tentunya menjadikan aplikasi WhatsApp ini menjadi tidak bisa dibobol. Namun sepertinya grup WhatsApp kita ternyata tak serta merta menjunjung terhadap hal-hal berbau privasi.

Terkait semua hal itu nyatanya turut  pula dilansir oleh Engadget, di mana jurnalis dari media DW yakni Jordan Wildon, turut pula memperhatikan bahwa ternyata Google setidaknya beberapa undangan grup WhatsApp dalam mesin pencariannya.

Dan dengan begitu, tentunya kita pun akan kita bisa dengan mudah masuk ke grup WhatsApp yang pemiliknya mungkin tak menginginkannya (grup tersebut) untuk jadi publik.

Dan yang lebih anehnya lagi, walau pun beberapa di antaranya memang tidak berbahaya, ternyata telah banyak sekali yang di dalamnya turut menyertakan data sensitif.

Tidak Melindungi Privasi Bukan Berarti Membocorkan Data Pemilik

Kendati demikian, pihak WhatsApp sendiri nyatanya menyebutkan. Apabila masalah ini memang bukan merupakan kebocoran data. Melainkan lebih terhadap tautan yang telah dibuat.

“ini memang channel publik yang dapat dicari (WhatsApp), dalam hal ini lewat Google” ungkap pihak WhatsApp.

Salah satu contohnya sebut saja terkait grup WhatsApp milik sebuah LSM yang diketahui pula telah terakreditasi PBB. Yang mana di dalamnya juga telag terdapat daftar semua anggota grup, lengkap beserta nomor telepon milik mereka.

Google Telah Menawarkan Blokir Indek Publik

Turut menanggapi hal tersebut, Humas Google, Danny Sullivan, turut pula menegaskan, bahwasanya situasi ini tidaklah jquh berbeda dengan situasi lainnya, di mana sebuah situs yang terdaftar secara publik, akan bisa diindeks oleh sistem Google.

Sebenarnya pihak Google sendiri pun telah menawarkan fitur untuk memblokir konten publik milik sebuah website ini sejak jauh-jauh hari (untuk tidak terindeks). Namun hal tersebut ternyata tidak digunakan penulis WhatsApp, karena  nampaknya hal ini memang sudah menjadi pilihan serta tanggung jawab dari pengguna WhatsApp.

Yups, itulah tentang mudahnya masuk akun gruop di WhatsApp hanya dengan menggunakan search google.

Terimakasih telah bersedia menyimak. Sampingan bertemu kembali di ulasan serta bahasan yang selanjutnya. Good Bye!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of