Bikin Puasa Kamu Menjadi Seru Dengan Aplikasi Google

Anakkost.tv – Tidak bisa dipungkiri lagi, selama bulan puasa apa yang sudah menjadi rutinitas akan sedikit berubah terutama dalam masalah pekerjaan. Apalagi yang kerjaannya berat seperti petani yang mencangkul di sawah, kuli bangunan dan pekerjaan berat lainnya karena tidak kuat dan cepat cape ketika sedang berpuasa dan biasanya hanya bekerja sampai waktu dzuhur, padahal biasanya sampai jam 3 atau jam 4 sore bahkan lebih.

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Hal seperti itu memang sudah tidak asing lagi, bahkan untuk pekerjaan – pekerjaan lainnya juga sama, karena yang namanya kerja tidak ada yang mudah dan tidak cape. Tapi yang jadi pertanyaan, setengah hari lagi ngapain? Apakah hanya tidur karena tidurnya orang puasa itu termasuk ibadah atau mungkin tadarusan di mesjid bahkan malah jalan – jalan ngabuburit, hehe.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakukan, bahkan dari yang biasa sampai dengan yang bisa mendapatkan pahala yang hanya dilakukan dengan menggunakan smartphone. Karena pada dasarnya ketika tidak ada kegiatan lagi pastinya kamu megang smartphone entah itu untuk main game, nonton video dan lainnya. Tapi tahu tidak kalau ternyata google menghadirkan #GoogleTemanRamadhan sehingga kamu bisa membuat puas kamu semakin seru dengan menggunakan aplikasi keseruan google.

Contents

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Dalam menghadapi momen Ramadhan  ternyata google sudah mempersiapkan konten – konten menarik didalamnya bahkan Veronica Utami selaku Head of marketing Google Indonesia menjelaskan :

“Selama Bulan Ramadhan Terjadi Peningkatan Pencarian di Sebesar 40 %, Kemudian Jumlah Unduhan dan Transaksi di Google Play sebesar 20 % dan Waktu menonton Youtube Juga meningkat 40%”

Dan memang google sendiri sudah mempersiapkan konten menarik dalam #GoogleTemanRamadhan untuk penggunanya dan rata – rata pengunjung melakukan pencarian tentang Ibadah, Belanja, Makanan, Konten religius dan juga lainnya yang masih berkaitan dengan Ramadhan. Berikut adalah aplikasi dan fitur google yang bisa membuat puas kamu menjadi lebih seru.

  1. Fitur Google Search

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Google Search pastinya merupakan fitur google yang paling banyak digunakan bahkan menjadi salah satu mesin penulusuran populer diantara yang lainnya. Perlu kamu ketahui kalau selama bulan ramadhan ini, google search telah menghadirkan fitur baru yang bernama Ramadhan One Box dimana didalamnya terdapat konten yang dapat menunjang ibadah kamu.

Untuk cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal ketik di bagian pencarian dengan kata kunci “Ramadhan” atau “Bulan Ramadhan” serta “Puasa”. Disana kamu akan menemukan jadwal waktu shalat berikut dengan arah kiblat selamat 30 hari ke depan.

  1. Aplikasi Google Maps

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Google map sangat membantu untuk menemukan jalan bahkan untuk terhindar dari kemacetan dan sangat membantu saat melakukan mudik ke kampung halaman atau mengisi waktu liburan di hari raya idul fitri. Namun ternyata bukan hanya itu saja yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi maps ini.

Akan tetapi kamu juga bisa menemukan beberapa tempat asyik yang ada di sekitar kamu, baik itu tempat makan untuk bukber, tempat ngabuburit, lokasi mesjid terdekat dan lainnya. Bahkan ada juga “Restoran untuk Bukber” yang telah bisa kamu temukan dengan cara membuka aplikasi google map dan kemudian geser ke atas pada bagian kartu dan cari logo Qraved untuk menemukannya.

  1. Fitur Asisten Google

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Bagi kamu malas untuk melakukan sebuah pencarian di google dengan cara mengetik, maka sudah tersedia asisten google. Dimana kamu dapat melakukan pencarian tanpa harus mengetik melainkan cukup dengan berbicara. Bahkan bukan hanya untuk pencarian tapi bisa juga untuk mengingatkan.

Seperti contoh “Ok Google. Ingatkan saya untuk shalat Dzuhur pukul 12.00 siang” dan itu akan menjadi pengingat yang nantinya akan mengingatkan kamu. Jadi, bisa dikatakan juga sebagai alarm agar selalu shalat tepat waktu, bahkan bisa juga untuk membangunkan kamu sahur, tapi jangan lupa kamu pastikan terlebih dahulu kalau pengaturan nya sudah dalam bahasa Indonesia.

  1. Aplikasi Google Play

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Kalau berbicara playstore sih pasti banyak sekali kegunaannya, bahkan bisa dikategorikan karena terdapat banyak aplikasi yang bisa membuat puasa kamu menjadi lebih seru bahkan bisa mendapatkan pahala, seperti meng-instal aplikasi Al Quran, Pengingat Waktu Shalat, Arah Kiblat, Lagu Islami dan aplikasi lainnya bahkan game yang bertemakan Ramadhan juga ada.

Tidak ketinggalan juga, di playstore terdapat diskon untuk aplikasi – aplikasi berbayar dan promo spesial bulan Ramadhan yang bisa kamu gunakan dan membelinya dengan pulsa.

  1. Aplikasi Google Duo

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Google Duo memang merupakan salah satu aplikasi keluaran google yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video call dengan tingkat kejelasan yang tinggi. Jadi bagi kamu yang lebaran nanti tidak sempat mudik. Bisa dengan melakukan video call bersama  orang keluarga, orang yang di sayang sampai dengan calon bini, hehe.

Aplikasi keluaran google ini juga hemat kuota tapi jaringan tetap lancar, tidak ketinggalan juga dengan fitur group video call sehingga bisa video call rame – rame dan juga pesan video serta yang tidak kalah penting Duo for Web yang bisa diakses dengan menggunakan PC atau Laptop.

  1. Aplikasi Youtube

Aplikasi dan Fitur Google Teman Ramadhan Kamu

Dan yang terakhir adalah aplikasi youtube, dimana kamu bisa melakukan banyak hal disini. Mulai dari menonton video lucu, video ceramah, video motivasi, lagu islami dan masih banyak lagi video lainnya yang bisa membuat puasa kamu semakin seru tapi harus bisa memilah dan memilih konten yang baik dan tidak membatalkan puasa atau mengurangi pahala dan usahakan untuk menambah pahala.

Pasalnya banyak sekali konten video yang memang tidak layak untuk ditonton juga, ya walau pihak youtube sudah berusaha mem-filter hal tersebut namun tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk merubah semuanya.

Nah itulah 6 aplikasi dan fitur dari google yang bisa membantu puasa kamu menjadi lebih seru dan juga mendapatkan pahala yang lebih. Jangan lupa juga untuk trending kan #GoogleTemanRamadhan agar orang tidak kebingungan dalam melakukan hal yang mungkin sulit dilakukan di dunia nyata namun bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi dan fitur dari google. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar