Patut Diwaspadai! 5 Bahaya Menggunakan Aplikasi YouTube Vanced

Anakkost.tv – Memang hal yang sudah umum, bila aplikasi YouTube nyatanya dikatakan terbatas. Lebih dari itu beragam iklan dengan durasi lama pun kerap kali muncul mengganggu kita.

Apalagi yang paling membuat kita jengkel itu, di saat pertengahan video yang sedang kita tonton, eh….! Tahu – tahu muncul iklan dengan durasi panjang. Bahkan hampir  satu menit. Yaelah! Menganggu banget lah pokoknya. Apalagi bila diketahui bahwa kita sedang asyik – asyiknya menonton video.

Apa Sih YouTube Vanced Itu?

Mungkin karena berbagai kendala itulah, yang mana para peminat  video belakangan ini lebih memilih aplikasi YouTube Vanced. Yang di mana aplikasi ini dikatakan sebagai  aplikasi alternatif modifikasi Youtube yang hadir dengan segudang kemampuan.

YouTube Vanced sendiri memang tidak terdapat di play store, namun biar demikian kamu tak perlu galau untuk bisa mendownloadnya. Karena bisa di cari di ranah pencarian.

Kelebihan YouTube Vanced

Untuk kelebihan dari YouTube Vanced sendiri, yakni memungkinkan kamu untuk memblokir semua iklan. Namun selain itu, masih pula ada beberapa kelebihan lainnya yakni tentang kemampuannya untuk bisa berjalan di background, memiliki opsi dalam memilih tema gelap (dark mode), dan masih banyak yang lainnya lagi.

Bahaya Menggunakan YouTube Vanced

Namun siapa yang menyangka, karena dengan kita menggunakan aplikasi YouTube Vanced tersebut, nyatanya akan timbul beragam bahaya. Dan hal-hal yang nyatanya membahayakan tersebut yakni.

  1. Harus Update Manual

Nah, dijelaskan jika kita menggunakan aplikasi resmi dari Play Store. Tentunya perihal update aplikasi secara otomatis di download. Tapi untuk aplikasi non play store (MOD) justru sebaliknya. Alias harus update manual.

Dan yang jadi berbahayanya di sini, contohnya daja ada exploit atau malware baru yang muncul atau bahkan masuk di Android, dan kamu sendiri lupa dalam mengecek update dari YouTube Vance. Jelas kamu bisa menjadi korban.

Hal lainnya lagi, tentunya memang tak bisa dipastikan tentang kapan aplikasi ini juga akan update, atau tidak bisa jadi, malah gak bakalan update sama sekali.

  1. Bisa Menerima Banned dari Google

Lain halnya dengan kita menggunakan YouTube, di sini tentunya Google lebih bisa membaca jenis perangkat bahkan aplikasi apa yang kita gunakan. Bahkan,  selebihnya mereka bisa pula mendeteksi kalau kita menggunakan aplikasi yang sudah dimodifikasi sendiri.

Nah, ceritanya di sini, ketika memang kamu ketahuan menggunakan YouTube Vanced, tidak bisa jadi  kalau Google nantinya akan mem-banned account yang kita gunakan. Bahaya Loh!

Apalagi jika kamu ternyata sering menggunakan layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, bahkan Google Maps. Bila salah satu saja kena banned  Google. Lantas bagaimana efek yang akan terjadi. Sangat merugikan.

Apalagi, turut kita ketahui pula, jika Google nyatanya sudah mempunyai keputusan  sedemikian, tentunya akan sangat sulit untuk kita bisa merubahnya  kembali. Dan cara satu-satunya untuk mencegah hal seperti itu, gunakanlah aplikasi YouTube  yang biasa. Yang tentunya lebih aman untuk kita gunakan.

  1. Tidak Ada Inspeksi dari Pihak Ketiga

Biasanya setiap aplikasi yang masuk ke dalam Google Play Store, memang harus melalui proses inspeksi dari Google Play Protect. Yang dimana fungsinya sendiri, yakni untuk mencegah munculnya malware, spyware, bahkan termasuk ware jahat lainnya masuk ke HP yang mendownload..

Dengan hal kecil ini saja, tentunya banyak aplikasi jahat yang ujung-ujungnya berhasil lolos dari pengawasan Google. Bahkan dimungkinkan akan ikut tertarik pula oleh Google Play Store.

Jika sudah demikian, kalian bisa apa? Pakai antivirus kah? Hehe…. percuma saja, namanya Malware tetap saja dimungkinkan lolos.

  1. Data Pribadi Tidak Aman (Bocor)

Khususnya untuk kamu semua yang menggunakan akun Google untuk masuk ke beragam situs serta aplikasi. Akun kamu tersebut tentulah berisikan banyak data sensitif yang membuat aplikasi mod sendiri berbahaya.

Apalagi jika pada akhirnya, data – data yang kamu punya itu dicuri, kemudian digunakan dalam hal berbuat kejahatan. Wah, bisa jadi lebih berbahaya dengan menggunakan YouTube Vanced sendiri. Tertarik? Hehe…

  1. Proses Coding Tidak Diverifikasi

Ketika kita sedang menggunakan aplikasi YouTube, setidaknya kita bisa lebih percaya kepada perusahaan basar seperti Google ini dalam membuat aplikasi YouTube.

Berbeda dengan kita, kalau malah menggunakan aplikasi mod seperti halnya YouTube Vanced. Yang dimana kita sendiri tidak bakal tahu yang membuat mod tersebut adalah orang seperti apa? Wuih, malah nyerem-nyeremin akh….

Memang sih, buat yang sudah paham dunia coding, mungkin akan lebih bisa melihat seluk-beluk aplikasi tersebut,  bahkan pula mampu mengetahui jika adanya kejanggalan.

Lain halnya dengan kita, yang mungkin masih buta terkait semua itu. Nyatanya akan sangat susah untuk memastikan kualitas coding di aplikasi mod seperti ini. Yang juga bisa membuat mereka menanggung resiko sendiri.

Kiranya itulah mengenai seputar pembahasan YouTube Vanced. Yang dimana selain memiliki kegunaan yang bisa dibilang cukup menguntungkan. Namun dalam kenyataannya banyak pula hal buruk alias bahaya yang pula ditimbulkannya.

Maka oleh karena itu, lebih baik gunakan saja aplikasi YouTube yang ada. Walau kenyataan memang memiliki beragam kekurangan, tapi setidaknya bahaya yang lebih besar bisa lebih dulu ditanggulangi. Jangan mentang-mentang banyak iklan jadi gak doyan lagi gunain aplikasi tersebut. Yang ujung-ujungnya malah lebih senang mencoba aplikasi yang dimungkinkan berbahaya.

Kiranya cukup sekian saja pembahasan kali ini. Untuk kritik dan saran yang membangun, bisa kamu semua tulis sendiri di kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of