Bahayanya Main Game Sambil Isi Daya dan Bocah 13 Tahun Menjadi Korban

Anakkost.tv – Smartphone, memang merupakan sebuah media simpel, yang mudah di bawa ke mana pun tanpa harus berbekal tas seperti layaknya laptop maupun komputer. Selain kegunaannya yang lengkap, mengingat bermacam  informasi bisa di dapatkan di dalamnya, smartphone juga telah diliputi tempat penyimpanan berbagai macam game yang bisa diunduh langsung dan di mainkan dalam smartphone itu sendiri.

Terkadang karena kesediaan yang tersedia di smartphone ini terlalu lengkap, membuat banyak di antara penggunanya menjadi ketagihan dalam menggunakannya. Terkadang bisa membuat mereka sampai lupa waktu.

Namun, tahukah kamu? Jika sebenarnya dalam segala kelengkapan yang tersedia dalam smartphone ini terkadang justru bisa berdampak bahaya bagi penggunanya? Seperti kabar yang terjadi pada seorang anak yang dinyatakan meninggal tewas saat bermain game dalam keadaan smartphone masih di charger.

Contents

Bahayanya Main Game

Melakukan segala jenis hal bila dilakukan secara berlebih memang akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Sama halnya dengan smartphone. Seperti contoh yang terjadi pada seorang anak berusia 13 tahun di Cina bernama Liu.

Liu, diketahui meninggal dunia dua jam kemudian setelah sebelumnya dinyatakan tersengat listrik saat sedang bersantap dengan kawannya di sebuah restoran ayam goreng.

Setelah diselidiki lewat CCTV, Liu kala itu menyambungkan ponselnya dengan menyambungkan kabel di pihak ketiga saat bermain game di waktu yang bersamaan. Namun beberapa menit setelahnya, diketahui tubuh bocah ini mendadak saja menjadi kaku dan tegang akibat terkena sengatan listrik langsung dari smartphone.

Tak lama setelahnya tubuh bocah lelaki berusia 13 tahun ini lemas dan melosoh dari tempat duduknya. Dan membuat temannya yang kala itu berada dekat dengannya menjadi terkejut dan segera menolong Liu. Dengan dibantu beberapa orang yang berada di sekitarnya, tubuh Liu segera dilarikan ke sebuah Rumah Sakit.

Menurut keterangan dari dokter yang memeriksa Liu, dikatakan bahwa si bocah meninggal akibat sengatan listrik. Hal yang sama juga di utarakan oleh kakak kandung perempuan Liu sendiri, yang juga mengatakan bahwa adanya bekas luka bakar di sekitar wajah bahkan tubuh adiknya itu.

Ia pun turut menambahkan, kalau smartphone milik adiknya itu masih berfungsi dengan baik. Bahkan charger yang juga digunakan nya kala itu saat pas kejadian, masih pula berfungsi. Malahan masih mampu mengisi daya baterai sampai penuh.

Tak diketahui dengan pasti, bahkan sampai saat ini tentang kejadian bocah laki-laki ini sampai tersengat listrik, hingga membuatnya sampai meninggal.

Waktu Main Game yang Baik

Seperti yang dijelaskan di atas. Bahwa bahaya akibat bermain smartphone atau game memang sangatlah berbahaya bahkan berdampak sangat mengerikan. Dan agar para pengguna smartphone lainnya lebih bisa antisipasi dengan kejadian-kejadian yang membahayakan tersebut. Baiklah simak dulu trik ataupun waktu yang tepat dalam bermain game tersebut. Ini dia!

Bermain game memang senantiasa membuat kita ketagihan. Tapi jika kita tahu waktu yang tepat dalam penggunaannya. Maka tak usah khawatir dengan segala akibat tersebut.

Bagi Seorang Pelajar

Jika kamu adalah seorang pelajar, maka yang harus diutamakan sebelum bermain game adalah mengutamakan dahulu waktu dan tugas-tugas sekolah. Selalu disiplin dalam mengulang setiap pelajaran di rumah, mengikuti rapat jika kamu tergolong siswa yang terlibat dalam suatu organisasi sekolah, dan juga mengerjakan tugas. Sebelum hal itu selesai jangan sampai sekali-kali kamu melarikan diri untuk bermain game.

Bagi Seorang Pekerja

Sedangkan yang bagi kamu mungkin menjadi seorang karyawan dan juga suka bermain game. Maka selesaikanlah terlebih dahulu tugas pekerjaan itu. Jangan sampai malah mengalihkan fokus dalam kesulitan melaksanakan tugas kerja, dengan berbalik bermain game. Karena biasanya apa yang terdapat di dalam game itu terlalu mengasyikkan, sehingga bisa saja membuat lupa dengan pekerjaan yang tengah kamu lakukan.

Hal – Hal yang Harus di Hindari saat Main Game

Berikut ini hal-hal yang semestinya kamu hindari saat bermain game :

  1. Memberikan Informasi Pribadi

Karena kita tidak pernah tau dengan siapa kita bermain game, maka jangan sekali-kali memberikan informasi tentang pribadi kamu secara sembarangan. Apalagi untuk seorang wanita terutama di bawah umur. Jangan sembarangan mengirim foto sendiri apalagi foto yang terlalu vulgar dengan adegan-adegan menantang. Karena dalam hal ini wanita seringkali menjadi korban bullying atau mungkin bisa lebih daripada  itu.

Jangan pula mengirimkan informasi-informasi tentang alamat rumah, no telphone, email pribadi, apalagi menyangkut data-data tentang tanggal lahir maupun usia, no rekening, dan lain sebagainya. Karena sebenarnya informasi-informasi tersebut bisa saja digunakan untuk semacam scam, bahkan bahayanya lagi kalau sampai menjebak kamu ke dalam aksi-aksi kriminal.

  1. Berkata Kasar

Tanpa diduga biasanya kata-kata kasar akan keluar spontan dari mulut seseorang apalagi bagi mereka para pecinta game. Hal itu mungkin dikarenakan limpahan dari rasa jengkel yang diakibatkan daripada game yang di mainkan nya. Baik itu berupa kekalahan, error jaringan, maupun sebagainya.

Dan kalau memang kalian merasa jengkel bahkan pula mengalami kesal dalam bermain game, hal itu jelas-jelas harus kamu tahan, agar orang yang lain yang mungkin tanpa kamu sadari ada di sekeliling, tidak menimbulkan penilaian negatif untuk diri kamu.

  1. Menggunakan Software atau Aplikasi Cheat

Penggunaan aplikasi cheat tentu memang dilarang oleh aplikasi-aplikasi apa pun. Selain dapat mengganggu permainan, dimungkinkan pula akan mengganggu pemain lainnya yang juga sedang bermain. Maka untuk itu semua, developer game pasti ingin memberantas para cheater di game buatannya tersebut.

Nah, sampai di sini penjelasan yang berhubungan dengan bahaya-bahaya bahkan trik dan tips yang bisa kamu ketahui dalam bermain smartphone atau juga game. Semoga bisa bermanfaat, Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar