Hati-Hati Bahaya Aplikasi Zoom!

Anakkost.tv – Aplikasi Zoom, tentunya menjadi sebuah aplikasi yang kerap digunakan untuk WFH atau belajar online dari rumah di tengah pandemi Covid-19 ini. Dan aplikasi ini sendiri, kini ramai digunakan untuk menggelar virtual meeting, belajar online, bahkan pada sampai hanya sekadar melakukan video call dengan rekan bahkan keluarga.

Namun siapa yang menyangka, apabila aplikasi pupuler ini justru mengundang dampak bahaya bagi mereka yang menggunakannya. Sudah tahu, apa  dampak bahaya yang ditimbulkan oleh aplikasi Zoom?

Tentang Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom merupakan sebuah perusahaan jasa konferensi jarak jauh dari Amerika yang memiliki pusat di San Jose, California. Di mana di dalamnya telh menyediakan layanan konferensi jarak jauh yang turut menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, sekaligus kolaborasi seluler.

Bahaya Aplikasi Zoom

Di dalam apa yang disampaikan oleh sang pemilik aplikasi, Zoom Video Communications sebenarnya telah mengklaim apabila di dalam aplikasinya tersebut telah menerapkan enkripsi ujung-ke-ujung. Di mana hal ini juga merupakan suatu bentuk pribadi dari komunikasi internet yang melindungi percakapan dari mata-mata bahkan pula terkait pelanggaran keamanan lainnya dari pihak luar.

Namun untuk kenyataannya, Zoom sendiri malah telah menggunakan definisi sendiri dari istilah yang disebutkan. Sehingga malah akan memungkinkan Zoom itu sendiri melanggar privasi dan keamanan video bahkan audio contohnya dalam sebuah rapat.

Aplikasi Zoom Ketahuan Mengirim Data Pengguna ke Facebook

Karena adanya hal yang demikian, maka tentunya para pengguna aplikasi Zoom di iOS wajib sekali untuk mewaspadai terkait beberapa hal. Seperti yang telah diungkapkan olehh laporan Motherboard, aplikasi video conference ini juga telah ketahuan mengirim data pengguna ke Facebook tanpa sepengetahuan pemilik yang bersangkutan.

Data yang dikirimkan oleh Zoom in tentunya juga beragam, mulai dari waktu pengguna membuka aplikasi Zoom, dari model ponsel, lokasi pengguna, operator selular yang dipakai, hingga terhadap ID khusus. Data- data tersebut pun diketahui dapat digunakan oleh pengiklan atau pihak ketiga dalam mengirim iklan yang telah dipersonalisasi. Detailnya mengenai privasi pengguna juga akan tetap dikirim ke Facebook, meski pengguna Zoom tersebut tak memiliki akun Facebook pribadi.

Ini bukanlah suatuhal yang aneh sebenarnya. Karena mengingat belakangan ini memang telah banyak ditemukan bahwa pembuat aplikasi memang telah menggunakan perangkat pengembangan perangkat lunak Facebook untuk mengimplementasikan fitur-fitur tertentu ke dalam perangkat lunaknya. Namun yang menjadi masalahnya di sini, pengguna Zoom dari awalnya tidak diberi peringatan terkait hal ini.

Yang mana pengguna Zoom  juga tidak mengetahui bahwa data-data aktivitas mereka di iOS akan dikirimkan ke Facebook. Padahal, untuk Facebook sendiri selalu meminta agar pembuat aplikasi memberitahukan para pengguna mereka soal hal berbagi data dengan perusahaan yang menjadi besutannya.

Dan itulah, mengenai bahayanya aplikasi Zoom. Di mana dikatakan bahwa data kita akan turut di bagikan terhadap berbagai situs lain. Yang tentu saja, hal demikian itu akan memungkinkan munculnya banyak kalangan yang akan memanfaatkan moment tersebut.

Jika sudah tahu demikian, lantas bagaimana?

Terimakasih telah menyimak.

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - bahaya aplikasi zoom - aplikasi zoom bahaya -

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of