Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Anakkost.tv – Siapa saja tentunya akan merasa sangat panik apalagi ketika tidak diduga-duga mendadak terjadi gempa yang cukup kencang apalagi Sampai menimbulkan bangunan roboh. Waduh! Nulis kok serem banget ya?!

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Tapi mulai sekarang mungkin hal itu tidak akan terjadi lagi (paniknya maksudnya), karena di sini, aku akan sekaligus berbagi tentang sebuah aplikasi – aplikasi smartphone yang tentunya akan sekaligus membuat mu berjaga – jaga juga mengantisipasi bila suatu waktu gempa semacam tadi kembali lagi terjadi.

Info Dini Gempa Lewat Aplikasi Sekaligus Cara Penggunaannya

Dalam berbagai aplikasi yang akan aku sebutkan ini, tentunya akan sekaligus pula membantu kamu supaya mengetahui info – info seputar gempa dari sejak dini. Sehingga tentu saja, akan semakin besar pula keuntungan yang dapat kamu peroleh untuk mengantisipasi hal – hal yang tentunya kelak bakal terjadi. Dan berikut ini, aplikasi – aplikasi yang tentunya akan membuatmu tahu/ menyuguhkan berita seputar gempa secara update.

  1. Info BMKG

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang resmi diluncurkan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang telah disediakan seperti halnya notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info aktual seputar BMKG.

Di sini pengguna tentunya juga bisa memperoleh informasi seputar perkiraan cuaca berdasarkan pada lokasi. Untuk informasi gempa bumi sendiei, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, selain itu BMKG juga telah merekomendasikan untuk pengaturan lokasi ke mode High Accuracy, agar info yang didapat lebih akurat tentunya.

  1. Disaster Alert

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Sisaster Alert ini merupakan  sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) yang bertempat di Hawaii. Di dalam aplikasi ini, para pengguna tentunya bisa melacak peta dari bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti halnya gempa bumi, tsunami, gunung meletus, sampai pada badai, longsor, banjir juga kebakaran hutan.

Karena didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC pula, disaster Alert tentunya akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS. Pengguna juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang dimungkinkan berbahaya. Yang lebih pentingnya lagi aplikasi ini juga bisa melacak pesebaran wabah suatu virus.

  1. Safety Tips

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Yang ke 3 adalah Safety Tips. Di dalam aplikasi ini, lebih memunculkan seputar bencana yang terjadi di negara Jepang (Japan Tourism Agency/JTA). Dan juga diperuntukkan untuk para turis yang mungkin saja akan melakukan liburan.

Dan  tentu saja, dengan adanya aplikasi ini, mereka yang nantinya merupakan turis yang ingin berwisata ke Jepang ini akan lebih mudah mengakses informasi seputar gempa, tsunami, gunung meletus, serta cuaca secara lebih aktual.

Karena memang khususnya ditujukan untuk para turis, aplikasi ini pun telah pula menampung tiga bahasa selain Bahasa Jepang. Yakni, Bahasa Inggris, Mandarin, juga Korea. Kendati demikian, setiap warga lokal di sana pun tentunya bisa pula mengakses aplikasi ini.

  1. QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Aplikasi QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts merupakan aplikasi gratis (online) yang diperuntukan khusus bagi pengguna iOS,  iPhone bahkan iPad.

Dan seperti aplikasi – aplikasi lainnya, aplikasi ini pun tentunya akan selalu update salah perihal  bencana alam khususnya  gempa bumi. Namun sejauh ini, tampaknya aplikasi tersebut memang baru hanya bisa mendeteksi gempa bermagnitudo 1,0 di Amerika Serikat dan 4,5 skala richter di negara lain.

Saat membuka aplikasi ini pun, pengguna akan di suguhkan dengan apa yang sedang terjadi di peta Ring of Fire. Pengguna tentunya juga bisa melacak daftar gempa yang baru terjadi dan memperbesar peta nya untuk mengetahui di mana tempat sekaligus bencana tersebut sedang terjadi.

Lebih tepatnya jika kamu mungkin memiliki sanak saudara yang sedang berada di wilayah bencana, pengguna bisa langsung mengetahui bahkan mencoba menghubungi mereka. Kelebihannya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna untuk memasang tanda bahaya hanya jika magnitudo gempa berada di satu skala tertentu.

  1. Earthquake Alert!

Aplikasi Ini Bisa Memberi Informasi Saat Gempa

Aplikasi terakhir ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba. Namun biarpun begitu fitur yang ditampilkan sudah sangat luar biasa.

Di sini dijelaskan jika aplikasi QuakeAlert merupakan aplikasi yang sedang dikembangkan oleh Early Warning Labs. Dan untuk sementara, aplikasi ini hanya baru bisa digunakan dalam format beta, tentunya pula hanya di negara Amerika Serikat. QuakeAlert ini diklaim bisa menginformasikan gempa yang akan datang hingga 20 detik sebelum gempa terjadi. Mantap bukan?

Sensor yang mendeteksi gelombang getaran akan langsung  ditransmisikan ke badan geologi AS (USGS). Untuk dideteksi lokasinya juga  ukuran gempa nya sendiri.

Server Early Warning Labsbpun tentunya akan menghitung setiap peringatan untuk setiap pengguna yang disesuaikan dengan personalisasi waktu goncangan berikut intensitas nya.

Lebih tepatnya, disaat notifikasi dari gempa tersebut muncul, selain detail gempa yang akan diperlihatkan, tentunya akan ada pula petunjuk keselamatan gempa yang bisa dilakukan oleh para pengguna aplikasi ini.

Jadi tentunya sudah tidak akan merasa was-was lagi bukan, dengan adanya gempa yang nantinya akan terjadi? Karena jika kamu telah memiliki salah satu dari aplikasi yang telah disediakan oleh smartphone ini, kamu pun tentunya akan bisa berjaga-jaga dan pula lebih leluasa dalam melakukan berbagai aktivitas.

Selain itu juga tidak akan mudah terpengaruh dengan berita – berita hoax seputar bencana yang seringkali diutarakan selama ini. Karena berita benarnya sendiri tentunya kamu akan lebih update disetiap harinya. Dan sampai di sini kiranya pembahasan – pembahasan seputar aplikasi gempa. Untuk kesetian nya penulis ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of