7 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020 Yang Sangat Berguna di Masa Lockdown

Anakkost.tv – Lockdown Virus Corona memang sudah berlangsung cukup lama. Sehingga imbas dari hal tersebut juga sepertinya turut berdampak bagi kalangan lainnya yang terlebih besarnya pada siswa-siswa sekolah yang kini turut disarankan untuk belajar di rumah masing-masing.

Dan karena adanya hal tersebut, mungkin ada di antara kamu yang masih merasa kesulitan untuk memulai tahap pembelajaran di rumah. Apalagi bila ternyata orang tua kita nyatanya cukup sibuk, sehingga tidak sempat untuk mmenjadi pembimbing untuk proses belajar kamu.

Tapi kini tak perlu bingung dan risau, Guys! Karena kini kita pun sudah bisa belajar dengan berbasis online. Di mana berbagai aplikasi bahkantelah disediakan untuk memudahkan kamu belajar di rumah.

7 Aplikasi Belajar Gratis dan Terbaik 2020

  1. Ruang Guru

Pertama ada aplikasi Ruang Guru. Di mana aplikasi menjadi aplikasi yang paling direkomendasikan karena memang telah memiliki segudang fitur untuk mempermudah para siswa dalam belajar.

Aplikasi Ruang Guru boleh dikatakan bisa menjadi salah satu pilhan yang paling tepat, dimana ada banyak sekali fitur yang tentunya akan membantumu dalam memahami pelajaran yang ada di sekolah.

Lain daripada itu, di dalam aplikasi Ruang Guru juga telah terdapat serangkaian Video yang seru seputar mata pelajaran. Bahkan lebih lanjut lagi, di dalam aplikasi ini pun bahkan telah terdapat kuis yang nantinya akan sangat berguna buat kamu untuk menggetahui kemampuan belajar yang kamu miliki.

Namun sangat disayangkan, karena aplikasi ini memang  tidak gratis dan ada biaya tersediri di berbagai paket yang di telah sediakan.

2. Zenius

Selanjutnya ada Zenius. Aplikasi ini telah menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan untuk Ujian Nasional. Pengguna Zenius di sini bahkan bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap dari mulai SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, bahkan termasuk untuk kurikulum 2013 revisi.

Aplikasi Zenius sendiri tentunya bisa kamu diunduh di Play Store atau pun di App Store. Dan  selain  memang bisa diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran yang dihadirkan dihadirkan pun telah dalam format whiteboard yang tentu saja memerlukan kuota internet paling hemat. Jadi tentunya sangatberguna sekali, Guys!

3. Bimble SMARRT

Kemudian ada Bimble SMARRT. Yang mana aplikasi yang satu ini turut menawarkan banyak sekali kemudahan dalam hal belajar bagi para penggunannya.

Di dalam aplikasi ini sendiri juga telah banyak sekali materi yang disediakan. Mulai dari berbagai mata pelajaran yang berbeda, sampai dalam hal adanya berbagai Video pendukung dari aplikasi. Namun mode yang mengasikan di sini bukanlain karena adanya mode pemecahan materi pelajaran yang diperlihatkan secara sangat sederhana.

4. Quipper School

Quipper School merupakan sebuah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform satu ini, tentunya guru akan bisa mengirim sekaligus mengelola materi pembelajaran, ujian, bahkan sampai pada nilai siswa secara online.

Dan untuk siswanya sendiri, nantinya akan dimungkinkan dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas-tugas, bahkan sampai dalam hal ujian juga bisa dilakukan secara online dengan mudah.

Quicker School sendiri telah menggunakan teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System/LMS). Di mana pemanfaatan dari edtech dengan LMS dapat menjadi solusi terbaik untuk memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar bagi para guru serta siswa sebagai antisipasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait penyebaran Covid-19.

5. Rumah Belajar

Jika aplikasi ini merupakan suatu aplikasi pengembangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Yang juga dikatakan tidak ingin kalah dengan ikut membuat aplikasi yang diberi nama Aplikasi Belajar.

Nah, untuk aplikasi belajar dari pemerintah ini sudah tentu bisa digunakan secara gratis. Yang di dalam aplikasi ini sendiri (Rumah belajar) telah dikatakan memiliki aplikasi yang menarik bahkan banyak sekali konten yang sanagt bermanfaat untuk para siswa. Salah satunyasepeerti bermanfaat audio, video, gambar bahkan termasuk pula animasi.

6. Kelas Pintar

Di dalam aplikasi kelas Pintar, tentunya akan memberikan akses gratis selama sebulan untuk guru bahkan siswa di seluruh Indonesia. Kelas pintar bahkan telah menyediakan beragam materi belajar untuk para kalangan siswa.

Di mana telah terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti pada fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid dengan sistem online. Lebih lanjut lagi, telah adanya fitur “tanya” yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi belajar atau pula soal.

Yang pula akan memungkinkan siswa untuk bisa menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi dua sesi, yakni pukul 09.00-12.00 dan pukul 18.00-21.00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran tetap bisa berlanjut, kapan dan dari manapun.

7. Buku Sekolah Elektronik

Terakhir ada Aplikasi Buku Sekolah Elektronik. Yang mana di era Digital yang sudah sangat berkembang ini, tentunya siswa rasanya sudah tidak jaman lagi bila harus belajar dengan menggunakan buku-buku yang tebal bahkan pula banyak.

Dan kini, sudah ada aplikasi buku sekolah yang menawarkan beberapa materi buku yang telah tersimpan dalam sebuah aplikasi keren. Aplikasi ini juga telah turut menghadirkan berbagai macam buku sekolah dengan judul bahkan pula materi yang berbeda-beda. Selain bisa lebih praktis, dengan adanya aplikasi ini belajar pun tentunya akan juga semakin mengasikan bahkan akan lebih nyaman.

Nah, demikianlah tentang 7 Aplikasi belajar online terbaik di tahun 2020. Tentunya semua aplikasi ini akan sangat cocok untuk kamu gunakan di saat Lockdown Virus Corona kali ini.

Terimakasih telah bersedia menyimak. Sampai berjumpa kembali di waktu dan kesempatan yang lain.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of