Telah Hadir Aplikasi “Bagimu Negeri”. Pengganti Spotify, YouTube bahkan Facebook

Anakkost.tv – Yeay! Sekarang aplikasi-aplikasi buatan lokal mulai banyak di hadirkan lho! Dan tentu saja, dengan hal ini sekaligus akan membuat masyarakat dalam negeri nantinya akan lebih tertarik untuk menggunakan beragam aplikasi – aplikasi lokal tersebut. Hingga untuk ke depannya negeri kita akan lebih dikenal sekaligus bisa disejajarkan dengan negara – negara lainnya yang bisa dikatakan lebih maju dibanding Indonesia saat ini.

Ya, memang tidak bisa dipungkiri jika negara Indonesia dari hari ke hari semakin berkembang. Salah satunya dalam media elektronik mencakup aplikasi berbasis android. Contohnya saja Go-Jek, Go-Pay dan banyak yang lain lagi. Bahkan untuk yang lebih barunya lagi. Kini telah pula hadir aplikasi baru bernama ‘Bagimu Negeri‘. Yang katanya nih, bisa menjadi pengganti Spotify, Youtube, bahkan juga Facebook. Wow!

Lantas Apa Sih Aplikasi Bagimu Negeri itu?

Dikatakan oleh CEO Svara, yakni Farid Fadhil Habibi, di Jakarta, Jumat (6/12/12). Bahwa sejatinya aplikasi Bagimu Negeri ini adalah suatu aplikasi yang sengaja diciptakan agar nantinya bisa menggeser eksistensi aplikasi asing. Seperti vontohnya Spotify, Youtube bahkan Facebook di Tanah Air (Indonesia).

“Aplikasi Bagimu Negeri yaitu rumah yang nantinya akam mengagregasi keseluruhan konten-konten positif, agar dapat bersaing secara global. Bukan membuka Facebook, Youtube dan  Spotify.” ujar  Fadhil.

Yang mana di dalam aplikasi Bagimu Negeri ini dikatakan tidak hanya berisi berita positif bahkan edukatif. Melainkan juga konten hiburan. Di dalam aplikasi ini pun bahkan disertai pula live- chatting yang nantinya dapat dilakukan oleh setiap pengguna dengan pembuat konten.

Konten yang Ditampilkan Dalam Aplikasi Bagimu Negeri

Di sini dikatakan, jika aplikasi Bagimu Negeri tentunya nyaris sama dengan aplikasi-aplikasi lain pada umumnya. Bahkan Kementerian Kominfo telah pula dikatakan menggandeng TVRI bahkan RRI, serta dinas – dinas Kominfo yang ada di seluruh Indonesia untuk pengisian konten  di dalam aplikasi Bagimu Negeri.

Lebih lanjutnya, di sini pemerintah juga dikatakan telah pula bekerja sama dengan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI)  untuk mengadakan sebuah kolaborasi dengan 585 radio swasta yang juga turut tergabung di dalam organisasi tersebut.

” Semangatnya di Bagimu Negeri. Kontennya akan macam-macam….. Ada suara,  video,  teks,  semuanya akan kita wadahi. Bahkan audio pun ada macam-macam.  Seperti musik,  podcast bahkan streaming,” ungkap Fadhil.

Fadhil pun menambahkam, seperti kebanyakan aplikasi musik dan juga video streaming, nantinya akan dihadirkan dua skema. Yakni skema gratis atau pun berbayar. Untuk pengguna aplikasi yang tidak berbayar nantinya diberikan iklan, yang dalam hal ini jenis iklannya sendiri dapat diisi iklan layanan masyarakat atau bisa juga iklan program pemerintah.

“Kalau sekarang gratis.  Tapi musiknya berbentuk playlist,  yang kita sudah punya izinnya.  Jadi, setel playlist, kayak radio shuffling.  Tidak bisa menyetel lagu secara spesifik. Jadi random musiknya.” tambah Fadhil.

Dan terkait musiknya sendiri (dalam Aplikasi Bagimu Negeri), Fadhil kembali mengatakan bahwa Svara telah bekerjasama dengan Lembaga Managemen Kolektif Nasional (LMKN) agat mengurusi royalti. Sehingga pada akhirnya musik yang nantinya diputar, baik itu musik lokal maupun mancanegara, tidak akan terkendal secara legal.

Sehingga nantinya playlist dari radio-radio di daerah sejatinya akan berisi lagu-lagu serta musik daerah. Di mana hal itu dimungkinkan untuk menjadi pembeda antara aplikasi Bagimu Negeri dengan aplikasi streaming lainnya yang telah ada/dibuat.

Fitur Unggulan di Aplikasi Bagimu Negeri

Dan untuk fitur-fitur yang dibawakan oleh aplikasi Bagimu Negeri, dikatakan telah memiliki tiga fitur utama. Yang di mana ketiga fitur utamanya tersebut menyangkut “Home,”  “Social,” juga  “Library.”  “Home” yang sejatinya menjadi rumah bagi para penyedia konten. Salah satu contohnya radio Cosmo.

Fitur lainnya selain yang di atas, dalam Aplikasi Bagimu Negeri juga bisa live streaming, yang nantinya pengguna bisa melakukan live chatting dengan penyiar.

Di sini penyedia konten juga dapat menyajikan berbagai bentuk layanan. Mulai dari playlist, sampai pada podcast. Lain daripada itu Aplikasi Bagimu Negeri pun tentunya mampu mendeteksi lokasi, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk bisa menemukan radio lokal di mana pun mereka sedang berada.

Selain itu juga terdapat fitur “Social”, di mana semuanya dibuat seperti media sosial pada umumnya. Yang memungkinkan pengguna dapat berbagi sekaligus mengunggah konten positif yang mereka buat. Selebihnya lagi kamu pun juga bisa memberikan like bahkan juga komentar.

“Dari Home,  geser ke kanan. Di sana ada fitur Sosial. Berandai andai orang nantinya tidak lagi buka Facebook.   Mirip medsos normal. Tetapi sekarang lebih fokus ke audio dulu. Tapi nantinya akan bisa video,  foto,  teks, bisa share ke  WhatsApp,  sebut saja misalnya playlist. Dengan satu syarat, harus saling berteman.” pungkas Fadhil.

Tapi sayangnya aplikasi bagimu negeri ini sejatinya baru disediakan hanya untuk Android, App Store bahkan Web Play.  Tidak ada isu untuk teknologi,  karena sifatnya pun baru gerakan.  Tapi untuk ke depannya masih bisa  ditingkatkan lagi untuk menjadi lebih baik pula tentunya.

Dan itulah mengenai ulasan aplikasi “Bagimu Negeri”. Pengganti Spotify, YouTube bahkan Facebook. Mudah – mudahan saja dengan apa yang diutarakan di atas, nantinya bisa membuat aplikasi ini bersaing dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang belakangan ini memang nyatanya begitu marak digunakan.

Sehingga memungkinkan akan membuat kalangan masyarakat menjadi lebih menghargai produk sekaligus kreativitas dalam negeri, dibanding harus menggunakan aplikasi – aplikasi lainnya yang tentunya pula berasal dari luar Indonesia. Jaya terus industri Indonesia! Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of