Akhirnya Google Menghapus Banyak Aplikasi Berbahaya di Playstore

Anakkost.tv – Memang tidak bisa di tampik jika dalam beberapa aplikasi di Play Store kebanyakan rata – ratanya memang mengandung malware. Malware di sini di katakan merupakan sejenis virus yang di rancang dengan tujuan untuk merusak, yaitu dengan cara menyusup ke dalam sistem komputer maupun smartphone.

Maka karena sebab itulah, Google akhirnya memutuskan untuk melenyapkan aplikasi – aplikasi yang mengandung Malware tersebut. Yakni dengan cara menghapusnya langsung lewat Play Store.

Aplikasi Jahat di Playstore

Selama ini, aplikasi-aplikasi jahat yang di tampilkan dalam Play Store mungkin tak pernah sedikitpun kita sadari. Mengingat kegunaan dari beberapa aplikasi tersebut memang telah terlanjur kita sukai. Padahal secara tidak sadar aplikasi tersebut justru di dalamnya terdapat Malware yang dimungkinkan bisa meretas ke dalam sistem kamu, dengan cara menyusup melalui email, download internet, atau pun ke dalam program – program lain yang memang telah terinfeksi.

Dan untuk baru-baru ini saja setidaknya Google telah menemukan sebanyak 29 dari aplikasi yang sudah terpampang di aplikasi Play Store ini. Bahkan jika di jumlahkan, di antara ke 29 aplikasi tersebut telah di download setidaknya sampai 10 juta kali.

Berikut daftar dari ke 29 aplikasi yang telah di hapus tersebut :

  1. MultiApps-Multiple Accounts Simultaneously,
  2. Glitch Lens-Vaporwave & Ghost Photo Editor,
  3. Pretty Makerup Photo,
  4. Rhytm Camera,
  5. First Camera HD,
  6. Reflex Camera HD,
  1. Qing Camera,
  2. Photo Blue,
  3. QR Code Scanner,
  4. New Hair Fashion,
  5. Age Face,
  6. Galaxy Overlay,
  7. Super Mark,
  8. Blur Image,
  9. Lens Flares,
  10. Cut Cut Mix Pro,
  11. Lie Detector Prank,
  12. Cut Cut Mix,
  13. Color Splash Photo Effect,
  14. QR Code Scanner,
  15. Photo Blur,
  16. Feel Camera HD,
  17. Magic Effect,
  18. Smart Magnifier Pro,
  19. Magnifying Glass Pro,
  20. Magnifier Pro – Magnifying Glass,
  21. Age Face,
  22. Super Mark, terakhir
  23. Filter Photo Frame.

Alasan PlayStore Menghapus Aplikasi

Seperti yang telah di bahas di atas, untuk alasan penghapusan dari ke-29 aplikasi jahat tersebut, dikarenakan merupakan jajaran aplikasi-aplikasi berbahaya yang tentu saja akan sangat merugikan bagi para penggunanya.

Dikatakan, dari ke 29 aplikasi yang telah di hapus tersebut, 24 di antaranya sudah masuk dalam kategori “HiddAd“. Sedangkan 5 sisanya lagi masih tergolong kategori “Adware“.

HiddAd di sini bisa di artikan sitem yang menyembunyikan suatu ikon setelah peluncuran pertama dan membuat pintasan langsung di layar muka telepon sehingga mengakibatkan para pengguna aplikasi tersebut tidak mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi yang telah di pasang hanya dengan cara menggeser dari ikon nya.

Sedangkan untuk Adware sendiri, merupakan suatu gangguan dalam bentuk iklan. Di sini pengguna akan di arahkan atau mungkin melihat banyak iklan di setiap kali mereka mengunjungi situs, seperti halnya dalam situs medsos seperti YouTube, Facebook, dan berbagai yang lainnya yang mempromosikan berbagai macam aplikasi dari smartphone.

Itulah berbagai aplikasi yang ternyata kini telah dilenyapkan oleh pihak Google. Dan untuk kamu yang suka download aplikasi, mulai hari ini di harapkan agar semakin peka atau lebih berhati – hati, karena siapa tahu di dalam aplikasi yang kamu download tersebut di dalam nya telah mengandung Malware yang justru merugikan. Sekian untuk pembahasan kali ini dan jangan lupa simak juga cara mengaktifkan fitur dark mode di playstore. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar