7 Youtuber Fingerstyle Indonesia Terbaik, Yang Mana Favorit Kamu?

Anakkost.tv – Berbagai genre musik memang kerap kali hadir menghiasi dunia hiburan tanah air. Dan bukan di tv – tv saja, melainkan di YouTube sendiri sudah banyak sekali di temukan beragam hiburan yang berlatar belakang musik ini.

Sebut saja Fingerstyle. Teknik bermain gitar yang saat ini menjadi favorit bukan hanya untuk di luar negeri. Melainkan sampai tanah air kita tercinta Indonesia pun turut pula dilanda demam Fingerstyle tersebut.

Apa Sih Fingerstyle Itu?

Fingerstyle, merupakan tekhnik bermain gitar super dinamis. Karena menggabungkan 3 perpaduan dasar di antaranya bass, ryhtem, melody sehingga menghasilkan harmonisasi yang sangat indah.

Berbeda dengan tekhnik memetik gitar pada umumnya, karena dalam fingerstyle ini, tidak hanya memerlukan segala macam tekhnik memetik gitar saja, melainkan juga diharuskan menciptakan harmonisasi yang pas, yang nantinya akan berpadu dalam tempo yang sangat tepat.

7 Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Di Indonesia pun tentunya banyak sekali channel – channel YouTube yang kerap kali menampilkan Fingerstyle ini. Bahkan bisa dibilang kemampuan yang di suguhkan pun tidak pula kalah bagusnya dengan Fingerstyle – fingerstyle di luar sana. Beberapa orang Indonesia yang terbilang sukses membawakan genre Fingerstyle ini di antaranya :

  1. Jubing Kristianto

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini. Di kalangan musisi terutama gitaris, nama Jubing kristianto memang sudah tak asing lagi. Ia merupakan gitaris kawakan  asal Indonesia, asal kota Semarang yang mampu memainkan gitar dengan sangat mumpuni.

  1. Nathan Fingerstyle

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Nama akun nya di youtube Nathan Fingerstyle, begitu booming nya saat ini. Siapa saja yang pernah melihat YouTube-nya, tentu kamu akan mendapatkan suguhan yang luar biasa sekali. Karena di dalamnya kamu akan melihat bagaimana Nathan yang begitu ahli dalam bermain fingerstyle- nya. Dari mulai lagu lokal sampai lagu khas luar negeri juga turut dia suguhkan. Hingga membawa nuansa harmoni yang sangat khas sekali.

  1. Josephine Alexandra

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Dirinya mulai bermain piano disaat usianya baru menginjak 4 tahun dengan mengambil kursus piano klasik. Di umurnya yang ke 11, baru Josephine mulai belajar bermain gitar dan drum. Namun tidak mengambil kursus gitar fingerstyle saat itu, melainkan hanya belajar untuk memainkan akord gitar saja.

Di ungkapkan pula jika awal mulai Joshepine mulai belajar gitar fingerstyle ketika dia menonton Sungha Jung di Youtube, dan mulai memainkan beberapa lagu dengan tab, hingga pada akhirnya dia mampu menemukan cara untuk mengatur lagu pada gitar.

  1. Alip_Ba_Ta

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Di balik namanya yang sedikit cukup nyeleneh. Siapa yang menyangka jika nama alip ba ta belakangan ini justru sangat viral di jagad maya lantaran kerap mengunggah permainan fingerstyle gitarnya di akun sosmed bahkan juga youtube nya. Dalam setiap unggahan nya, ia kerap kali memakai teknik fingerstyle yang sangat berbeda dengan gitaris pada umumnya.

Yang tentunya juga menjadi keunikan tersendiri dari pemilik nama asli Alif Gustakhyat tersebut. Bahkan di setiap lagu yang di-cover-nya tersebut,, sang musisi atau pemilik lagu selalu berkomentar bahkan memuji Alip ba ya ini. Seperti halnya gitaris avanged sevenfold dan bonjo.

  1. Kevin Nikolas

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Kevin Nikolas di kenal sebagai pendiri IFGC. Di sini Kevin mencoba membuat Fingerstyle dengan cara sangat sentimentil. Bahkan beberapa musik yang tertuang dari gitar akustiknya kemudian direkam di studio rumah sendiri.

Menurut Kevin, karena lagunya cukup emosional, mala take part gitar pun harus direkam satu napas atau one take. Lalu layer lainnya seperti ambience dari gitar, organ, clarinet direkam secara tracking, untuk selanjutnya di suguhkan secara spontan.

  1. Olive Prima

Youtuber Fingerstyle Terbaik 2019

Sama halnya dengan Kevin Nikolas, Olive Prima yang kemampuan  Fingerstyle- nya sangat luar biasa juga  menjadikannya sebagai salah satu pentolan di IFGC (Indonesian Fingerstyle Guitar Community). Yang juga merupakan wadah sekaligus komunitas yang menampung gitaris – gitaris fingerstyle berbakat di seluruh Indonesia.

Di channel ini pula, kamu tentunya akan bisa melihat karya – karya original dan cover dari gitaris – gitaris member IFGC, serta kegiatan-kegiatan yang diadakan komunitas setiap waktunya.

  1. Daniel Adhi Wijaya

Daniel Adhi Wijaya juga dikatakan sebagai sosok yang hebat dalam mencover. Selain itu juga dirinya turut menyediakan partitur secara cuma – cuma. Fingerstyle yang di tampilkan nya pun begitu menariknya. Tak kalah bila di banding fingerstyle – fingerstyle yang lain-lainnya.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Untuk Seorang Fingerstyle

Untuk menjadi seorang fingerstyle memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Melainkan harus pula memperhatikan berbagai hal penting di dalamnya. Dan untuk kamu yang mempunyai niat menjadi seorang fingerstyle, ini dia hal – hal penting yang wajib kamu ketahui.

  1. Tangga Nada Dasar

Hal pertama yang harus di perhatikan tentu saja dalam hal tangga nada dasar. Tangga nada dasar sendiri artinya suatu tangga nada yang di dalamnya tidak terdapat nada kres maupun mol, sehingga akan sangat memudahkan kita dalam hal belajar tangga nada.

Nada dasarnya sendiri yakni C, karena di tangga nada C, kita tidak akan pernah menemui nada – nada kres maupun mol. Jarak atau interval nadanya yaitu 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

  1. Teknik Strumming

Tekhnik strumming dalam arti simpelnya “genjrengan.” Di sini kamu bisa belajar mulai dari teknik upstroke sampai downstroke. Dan untuk langkah selanjutnya, yakni menggabungkan kedua teknik strumming tersebut (up-down stroke).

Walau sepintas belajar strumming ini terlihat sangay mudah sekali, namun sebenarnya belum tentu seorang gitaris pemula bisa membuat variasi genjrengan yang lancar bahkan enak didengar.

  1. Teknik Petikan

Setelah genjrengan, hal yang pula harus dalami yakni tekhnnik petikan. Setidaknya Kamu harus melatih ke- empat jemarimu untuk memetik senar satu per-satu maupun bebarengan dengan sangat lancar.

Yang paling utama yang perlu diperhatikan, yakni jangan sampai sekali-kali menaikkan tempo petikan, kalau memang petikan yang kamu buat belum terdengar benar-benar bersih.

  1. Fingering

Fingering sendiri yakni suatu penempatan posisi jari. Penempatan posisi jari ini terbagi menjadi dua, yaitu fingering tangan kanan (fingerpicking), dan fingering tangan kiri. Fingering di sini, yang kita bahas adalah penempatan posisi jari tangan kiri kita ketika sedang menekan senar.

Dari sekian poin penting yang pula harus di perhatikan yakni di saat setiap jari kamu memetik senar, harus menguasai satu fret (kolom) pada gitar. Sebagai latihan, di sini kamu bisa memetik senar satu sambil menekan nya dari fret satu hingga ke fret empat, dengan ke-empat jari tangan kirimu. Setelah itu lanjutkan ke senar ke dua sampai ke senar enam. Ulangi terus sampai benar – benar lancar.

  1. Family Chord

Ini juga tak kalah pentingnya dari berbagai hal yang harus di perhatikan dalam fingerstyle, yakni Famili chord. Yang juga seringkali disebut grup chord, yakni sebuah rumus yang dapat kita gunakan untuk mempermudah ketika mencari chord apa saja yang dimainkan dalam sebuah lagu.

  1. Pembacaan Tablature

Ini merupakan hal yang sangat penting dari ketentuan-ketentuan di atas.  Terutama bagi kamu sendiei yang menginginkan benar-benar ingin bisa bermain fingerstyle. Seandainya kamu mengikuti sekolah musik, pasti pelajaran ini tak akan terlewat untuk di sisipkan di awal-awal pertemuan pelajaran.

Karena biasanya dengan bisa membaca tablature, maka kita juga akan di mudahkan untuk dapat memahami pelajaran-pelajaran yang telah diberikan. Di sini tab juga difungsikan untuk menuliskan chord maupun notasi dengan singkat, supaya nantinya mudah dimengerti oleh semuanya..

Dan dengan adanya tab ini, seorang gitaris jika ingin membagikan hasil kreasi nya ataupun hasil aransemen nya, tak usah repot-repot lagi untuk kembali menjelaskan satu per satu cara memainkan fingerstyle. Hanya dengan menuliskannya saja ke dalam sebuah tablature gitar agar bisa dipelajari.

Nah itulah pembahasan dari ke-7 Fingerstyle YouTuber terbaik versi Indonesia. Yang tentunya tak pula kalah keren bila di banding mereka fingerstyle – fingerstile dunia. Terbukti dari beberapa di antaranya sampai mendapat pujian daripada pemilik lagu aslinya. Hebat sekali bukan?

Dan pertanyaan penulis sekarang, dari ke 7 fingerstyle Indonesia di atas, yang mana yang kiranya menjadi favorit kamu tentunya? Jawabannya bisa tulis di kolom komentar, ok! Dan sekian dulu pembahasan untuk kali ini. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of