Inilah 7 Aplikasi Yang Bisa Membantu Kamu Membatasi Penggunaan Smartphone

Anakkost.tv – Memang kadang kita suka lupa waktu saat asyik menggunakan smartphone, bahkan sampai lupa segalanya. Apalagi kamu yang suka banget bermain game, pastinya akan selalu mantengin layar smartphone kamu waktu tidak akan terasa terlah berlalu dengan lama. Padahal hal tersebut tidak terlalu baik, apakah baik untuk kesehatan atau baik untuk lingkungan dan keduanya memang mempunyai pengaruh yang cukup signifikan.

Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

Dan tidak bisa dipungkiri juga, banyak orang menghabiskan waktu dengan menggunakan smartphone untuk bekerja, bisnis bahkan sampai dengan mencari materi pembelajaran, berita dan yang lainnya.

Akan tetapi banyak yang tidak sadar akan bahayanya menggunakan smartphone terlalu lama, selain yang sudah aku sebutkan secara umum diatas. Banyak hal lainnya yang juga mempunyai efek berbahaya, dan yang paling berbahaya adalah kecanduan smartphone. Dimana kamu tidak bisa lepas dan rasanya sakit jika tidak menggunakan smartphone sehari saja, seakan kehilangan sesuatu hal yang sangat berharga.

Contents

7 Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

Untuk itu dibawah ini aku rekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk membatasi penggunaan smartphone tiap harinya. Bahkan kamu juga bisa mengetahui, berapa banyak waktu yang telah kamu habiskan untuk hanya sekedar bermain smartphone dan bandingkan dengan kegiatan lainnya yang lebih positif.

  1. Aplikasi QualityTime

Aplikasi QualityTime sendiri merupakan aplikasi visual yang menarik dan juga mudah digunakan dan dapat memungkinkan kamu untuk memantau serta mendapatkan laporan real time seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk menggunakan smartphone bahkan sampai dengan aplikasi yang kamu gunakan (favorit).

Banyak sekali hal yang ditawarkan di aplikasi ini seperti analisis mendalam unik dan kegiatan smartphone kamu dengan melacak penggunaan total, membuka layar kunci sampai dengan penggunaan aplikasi favorit dengan hitungan per jam, harian, bahkan sampai dengan mingguan.

  1. Aplikasi Forest: Stay Focused

Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

sama seperti aplikasi sebelumnya dimana aplikasi ini juga berfungsi untuk melepaskan kamu dari kecanduan smartphone dan mulai membangun kebiasaan baik dan menjadi lebih bermanfaat bagi orang banyak khususnya di sekitar kamu, karena terkadang karena asyiknya bermain smartphone lupa akan orang sekitar bahkan orang disamping kamu sekalipun.

Banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan disini, mulai dari mendorong kamu untuk fokus kerja, tidak kecanduan smartphone, membuat kamu produktif, motivasi diri untuk mencapai sebuah tujuan serta yang lainnya dan bisa kamu rasakan sendiri.

  1. Aplikasi Offtime

Dengan aplikasi kamu dapat melacak dan menyesuaikan diri untuk membatasi penggunaan smartphone. Sehingga kamu bisa melakukan hal – hal penting lainnya dan tidak akan ketergantungan bahkan kecanduan untuk selalu menggunakan smartphone dan jadikan waktu kamu menjadi lebih berkualitas.

Selain itu banyak juga fitur lainnya yang dapat kamu manfaatkan seperti memblokir panggilan dan sms masuk, membatasi penggunaan telepon, menghidupkan alarm jika penggunaan smartphone sudah berlebihan dan masih banyak lagi fitur lainnya yang dapat membantu kamu untuk menikmati hidup lebih indah tanpa kecanduan dengan smartphone.

  1. Aplikasi StayOnTask

Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu dalam membuat sebuah timer, dimana kamu bisa mempredisksi kapan akan melakukan hal lainnya. Apalagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa, dimana kadang niat awalnya mencari materi kuliah malah keasyikan bermain internet dan lupa dengan tugas atau niat awal, hehe.

Adapun fitur lebih yang bisa kamu dapatkan dari versi premium seperti nada alarm customizable, latar belakang bisa disesuaikan dengan gambar yang kamu inginkan, bisa menjadwal secara otomatis dan melacak sesi kerja dan lain sebagainya.

  1. Aplikasi AppBlock – Stay Focused

Stay Focused merupakan salah satu aplikasi kontrol diri yang tentunya bisa membantu kamu untuk memblokir aplikasi yang mengganggu sementara di smartphone kamu. Sehingga dengan demikian kamu bisa tetap fokus di dengan hal lainnya seperti bekerja, sekolah atau hal positif lainnya dan meninggalkan smartphone kamu dengan waktu blokir yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, dimana kamu unduh dan pilih aplikasi yang sekiranya dapat membuatkan berlama – lama menggunakan smartphone seperti game, youtube dan aplikasi lainnya. Sehingga dalam waktu tertentu kamu tidak bisa menggunakan aplikasi yang telah dipilih dan bisa fokus mengerjakan hal lain di luar smartphone.

  1. Aplikasi Checky – Phone Habit Tracker

Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan jawaban sederhana tentang berapa kali sehari kamu memeriksa smartphone. Sehingga kamu akan mengetahui tentang kebiasaan hal tersebut dan membuat kamu menjadi lebih sadar dan tentunya akan membawa kamu pada perubahan untuk penggunaan smartphone kedepan nya.

Bahkan kamu bisa tahu persih berapa banyak kamu menggunakan smartphone dan bisa dibandingkan dengan statistik penggunaan smartphone teman – teman kamu.

  1. Aplikasi StayFree

Aplikasi Terbaik Untuk Menghindari Kecanduan Smartphone

Dan untuk aplikasi terakhir yang aku rekomendasikan ialah aplikasi StayFree – Phone Usage Tracker & Overuse Remider yang juga bisa kamu gunakan untuk mengobati kecanduan kamu terhadap penggunaan smartphone.

Dimana disini kamu bisa mengetahui berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk menggunakan smartphone dan aplikasi favorit kamu (yang sering dibuka). Sehingga kamu bisa menetapkan batas penggunaan untuk hal tersebut terutama dalam penggunaan aplikasi yang kadang bisa membuat lupa waktu.

Nah itulah 7 aplikasi yang aku rekomnedasikan untuk bisa mengatasi ketergantungan kamu dengan smartphone bahkan mungkin sudah tingkat tinggi. Sehingga kamu bisa lebih memanfaatkan waktu dengan hal – hal positif dan tidak lupa juga untuk menjaga silaturahmi dengan orang – orang terdekat. Karena kadang kita lebih akrab dan lebih dekat dengan orang jauh dibandingkan orang yang nyata dekat karena smartphone. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar