7 Aplikasi yang Bisa Kamu Gunakan untuk Membuat Game Sendiri

Anakkost.tv – Selamat berjumpa kembali. Gimana kabar kamu semuanya? Sehat dan tentu baik-baik saja bukan? Semoga di hari ini menjadi hari yang juga sangat menyenangkan khususnya bagi pembaca semua.

Oh, ya…? Untuk pertemuan kita saat ini, aku akan mencoba membahas tentang 7 macam aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat game karya kamu sendiri. Gak terbayangkan bukan, gimana rasanya memainkan game yang telah kamu buat sendiri itu? Apalagi jika di sukai oleh orang – orang di sekitarmu.

Wow, amazing! Selain namamu nantinya akan populer kamu pun tentunya akan menjadi salah satu sosok jenius yang tentunya akan menjadi sesuatu kebanggaan khususnya untuk kamu sendiri. Gimana? Sudah tak sabar bukan? Baiklah, kita langsung saja menuju TKP. Enjoooyyy….!!

Aplikasi Pembuat Game

Pernah terbayangkan gak, jika seandainya kamu bisa menciptakan kompleksitas game tinggi seperti halnya Final Fantasy XV, Mobile Legends, Dota, maupun game – game hebat lain – lainnya.

Tapi walau kenyataan tidak sampai mencapai hal itu, setidaknya dalam aplikasi yang akan aku jelaskan di sini kamu akan bisa mengerjakan proyek game (pilot) yang hanya cukup dengan mempersiapkan aset grafis serta suara buatan mu sendiri.

Dan untuk mempersingkat waktu, ini dia 7 aplikasi yang bisa membuat mu menciptakan game sendiri.

  1. GameMaker : Studio

Aplikasi Pembuat Game

Dengan menggunakan software satu ini, dapat memungkinkan kamu membuat sebuah game hanya dengan drag-and-drop. Meski demikian, kamu masih tetap bisa mengubah script-script daripada game-nya dengan bahasa pemrograman yang juga mudah dipahami.

Dan untuk kamu yang ingin menggunakan versi gratis dari GameMaker : Studio ini, kamu di sini bisa memublikasikan game tersebut ke versi Windows saja. Sedangkan untuk kamu yang ingin mencoba versi berbayarnya, kamu bisa export ke Android, iOS, HTML5, dan sebagainya.

  1. Construct 2

Aplikasi Pembuat Game

Sebenarnya fungsi dari Construct 2 ini hampir sama dengan GameMaker : Studio. Hanya Construct 2 ini dikatakan merupakan software terbaik yang di sediakan untuk membuat game bagi kamu yang awalnya tidak pernah menulis coding sebelumnya.

Construch 2 di sini menawarkan GUI yang cukup baik. Yakni untuk membuat sebuah game, kamu hanya di perlukan melakukan drag-and-drop. Logika game serta variabel nanti bisa kamu sesuaikan dengan mudah.

Yang juga merupakan keunggulan lain dari Construct 2 ini, adalah kamu bisa mempublikasikan game kamu ke berbagai versi, di dari HTML5, Windows Store, Chrome Web Store, atau bahkan Facebook.

Apalagi seandainya kamu membeli versi berbayar, tentunya kamu akan pula bisa export ke versi Android, iOS, Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya.

  1. RPG Maker MV

Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi ini sebenarnya merupakan lanjutan dari seri RPG Maker yang sudah berusia dua puluh tahun lebih. Di sini Enterbrain kembali mengajak kita membuat RPG 2D sendiri lewat aplikasi RPG Maker MV.

Dalam hal ini tentunya kamu tidak akan di beda-beda kan, mau yang sedang iseng, atau developer profesional yang ingin membuat RPG dengan cerita epik, RPG Maker MV tetap bisa memenuhi kebutuhanmu di mana pun dan kapan pun.

Pada versi terbarunya ini RPG Maker menyajikan fitur Side View Battle selayaknua seri pada game Final Fantasy era SNES. Lebih mengesankan lagi karena tampilan visualnya pun telah pula di rombak, yakni dengan suayu ukuran sprite yang lebih besar bahkan juga di dukung resolusi HD.

Selebihnya lagi dalam aplikasi  ini juga telah tersedia editor sprite dan ilustrasi. Yang memungkinkan kamu pula untuk bisa membuat sebuah RPG utuh tanpa harus susah-susah menggambar satu aset pun. Namun tentu saja untuk tampilan yang lebih unik bahkan menarik, kamu tetap disarankan membuat aset dari hasil karya sendiri.

  1. Clickteam Fusion 2.5

Aplikasi Pembuat Game

Pada aplikasi Clickteam Fusion, menyediakan editor drag and drop untuk membuat game 2D atau pun 3D. Di sini Clickteam Fusion turut pula memiliki fitur editor event frame-by-frame yang selayaknya pada pembuatan animasi dengan Adobe Flash.

Sebenarnya Clickteam Fusion sendiri saat ini memang sudah banyak di pergunakan dalam membuat game komersial populer, contohnya saja Five Nights at Freddy’s, The Escapists, dan Angry Video Game Nerd Adventures. Tersedia juga Clickteam Fusion dengan versi gratisnya, yakni dengan fitur terbatas untuk iseng-isenh kamu coba nanti.

  1. Unity

Aplikasi Pembuat Game

Jika saja bagi para developer game, tentu sudah tidak akan asing dengan software Unity ini. Karena dengan software ini juga kamu bisa membuat game-game berbasis 3D dengan sangat mudah sekali. Bukan itu saja, jika 3D saja bisa di buat apalagi dengan 2D-nya.

Kamu yang ingin mencoba membuat game dengan Unity, kamu dapat memulai dengan versi Personal dulu. Karena selain gratis, di dalamnya juga terdapat beberapa fitur unggulan Unity yang tentunya bisa kamu gunakan.

  1. Unreal Engine 4

Aplikasi Pembuat Game

Di banding aplikasi – aplikasi yang telah di sebutkan di atas, sepertinya aplikasi yang satu ini memang di buat untuk kamu-kamu yang memang sudah dah profesional (yang sudah punya pengalaman dalam pembuatan game sebelumnya).

Karena selain hanya untuk membuat sebuah game, Unreal Engine juga bisa digunakan pula untuk membuat virtual reality, edukasi, arsitektur, bahkan film.

Untuk kamu yang masih kebingungan untuk menjalankan aplikasi ini/ untuk pembuatan game nya bagaimana? Kamu bisa lihat banyak tutorial pembuatan game Unreal Engine 4 ini di YouTube.

  1. Godot Game Engine

Aplikasi Pembuat Game

Di sini di jelaskan jika Godot Game Engine adalah sebuah “open source game engine” yang sangat mendukung game 2D maupun game 3D. Untuk game 2D sendiri, software pembuat game ini menawarkan performa yang lebih baik, lebih sedikit bug, juga alur kerjanya yang bersih.

Selain itu Godot Game Engine ini juga menggunakan sistem ‘drag-and-drop’ pada saat pembuatannya. Namun di sini pengguna bisa meluaskan perintah tersebut dengan menambahkan sebuah script berbahasa Python yang biasa dikenal dengan nama GDScript.

Itulah ke -7 dari aplikasi-aplikasi yang bisa kamu aplikasikan dalam sebuah pembuatan game. Walau tentu saja masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang selain aku sebutkan di atas tadi.

Lantas apakah sih, keuntungan dari membuat game itu sendiri? Ini dia penjelasannya tentang keuntungan atau pun segi manfaat dari sebuah pembuatan game.

Keuntungan Membuat Game Sendiri

Jika di tanya keuntungan apa yang di dapat dari membuat game? Sebenarnya banyak juga untungnya kalau memang hasilnya bagus dan di akui. Seperti halnya.

  1. Jika aplikasi game yang kamu buat telah di terima bahkan di sediakan di toko aplikasi

Contohnya dalam game yang disediakan Play Srore. Banyak berbagai  game yang bisa di download baik itu game yang gratis maupun yang berbayar. Di sini, seorang develover alias pembuat/pengembang game ini di mungkinkan untuk mendapatkan penghasilan besar dari game gratisnya tersebut.

Dan penghasilannya tersebut bis berupa iklan atau promosi yang sebelumnya telah di sematkann didalam aplikasi tersebut. Jadi, tidak menutup kemungkinan ketika ada orang yang mendownload dan menggunakannya, si pembuat game itu pasti akan mendapatkan penghasilan.

Salah satu ciri ketika kamu download salah satu game gratis. Rata-rata bahkan kebanyakan telah disematkan iklan, yang biasanya iklan itu akan muncul  di sana saat koneksi kamu tersambung.

  1. Untuk Game Berbayar

Masih berhubungan dalam Play Store. Di sana kamu bukan hanya akan menemukan aplikasi gratis. Tapi juga banyak di antaranya yakni aplikasi berbayar.

Dan tentunya, dari poin bahkan uang yang nantinya di bayarkan itu tentu saja akan mengalir ke rekening si pembuat sendiri atau pemilik game tersebut. Dengan begitu, semakin banyak yang mendownload game nya tersebut, maka akan semakin besar juga keuntungan yang di dapatnya.

  1. Menjual Fitur Premium

Mungkin jika selama ini ada beberapa game gratis maupun berbayar yang mengharuskan para penggunanya untuk membeli fitur-fitur tambahan bila ingin merasakan permainan itu lebih jauh. Dan pastinya setiap uang dari pembelian fitur itu juga termasuk keuntungan bagi si pembuat game. Contoh dari beberapa fitur berbayar yang biasanya sering dijual adalah membeli tanah atau lokasi baru, membeli poin, membeli mobil keren, senjata, dan banyak yang lainnya.

Itulah kiranya mengenai seputar pembahasan mengenai 7 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar membuat game sekaligus keuntungannya bila nanti kamu telah menjadi pembuat game profesional.

Dan semoga saja itu kejadian ya, sobat anakkost.tv. Yang penting di sini berusaha saja dulu. Tentang rezeki siapa yang menyangka. Ok. Sampai di sini dulu. Terima kasih buat kamu semua yang setia menyimak pembahasan ini sampai tuntas. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of