Inilah 5 Ciri Akun Instagram Palsu atau Spam

Anakkost.tv – Semakin berkembangnya dunia digital memang memudahkan kamu dalam melakukan beberapa hal, namun perlu di sadari juga bahwa ketelitian dan kecermatan kamu harus lebih ditingkatkan lagi terutama dalam menaggulangi masalah hoax yang memang sekarang lagi gencar dan banyak sudah yang menjadi korbannya.

CIRI akun instagram palsu

Dan ternyata bentuk hoax tersebut bukan hanya terjadi pada berita – berita saja, melainkan juga akun – akun media sosial seperti halnya di instagram, facebook, twitter dan lainnya. Ternyata banyak orang iseng yang membuat akun palsu dan membuat kehebohan di dalamnya. Lebih parahnya lagi akun palsu tersebut merupakan nama dari orang – orang yang terkenal seperti artis, selebgram, youtuber, pejabat dan lainnya. Sehingga menjadi keresahan tersendiri.

Pastinya kamu juga pernah atau mungkin sering menemukan akun – akun seperti itu, dimana sebenarnya akun tersebut palsu atau hanya spam semata. Namun terkadang kita sebagai pengguna tidak bisa membedakan mana akun resmi/ asli dan mana akun palsu/ spam semata. Untuk itu khusus di artikel kali ini, aku akan mengajak kamu semua untuk mengetahui bagaimana caranya mengetahui akun – akun palsu khususnya di instagram dan mungkin bisa kamu terapkan juga di media sosial lainnya.

Tips Mengetahui Akun Instagram Palsu

Disini aku akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui beberapa akun palsu dan membantu untuk memberantas nya dengan melaporkan hal tersebut pada pihak instagram. Dengan demikian kamu berperan sebagai pemberantas hoax, hehe. untuk langsung saja dibawah ini ada 5 cara yang bisa kalau lakukan untuk mengetahui hal tersebut.

  1. Mempunyai Jumlah Follower dan Following yang Ganjil

Ya, ganjil disini bukan ganjil genap melainkan jumlah yang tidak wajar. Dimana biasanya akun – akun instagram palsu suka memiliki jumlah following yang lebih banyak dari pada follower dan perbedaannya juga cukup jauh atau sangat jauh. Terlebih biasanya juga lebih banyak follower daripada following. Apalagi itu akun dengan nama yang sudah terkenal atau hist di kalangan selebgram. Jelas itu merupakan akun palsu dan bisa kamu cek lagi dengan mencari nama lain dari akun tersebut.

  1. Memiliki Informasi Akun yang Sedikit

Untuk ciri yang kedua, biasanya akun fake atau palsu itu memiliki informasi yang sedikit bahkan mungkin hanya terdapat namanya saja. Bisa juga kamu lihat pada nama yang tertera dan nama instagram itu sendiri (@). Bahkan akunnya juga terkunci serta tidak semua akun bisa mengikuti aktifitas instagram tersebut. Mulai dari akun privat sampai dengan pembatasan komentar. Oya, kamu bisa simak DISINI untuk mengetahui bagaimana caranya membatasi komentar di postingan instagram, hehe.

akun instagram palsu

  1. Banyak Spam

Maksudnya disini kamu selalu menemukan postingan – postingan yang sama atau berbeda namun menggunakan caption yang sama. Dimana seperti halnya mempromosikan sebuah produk, jasa atau yang lainnya. Padahal hal seperti itu kemungkinan besarnya tidak dilakukan oleh akun – akun yang memang nyata. Mungkin niatnya menipu atau mencuri data informasi lainnya. Jadi kamu harus tetap berhati – hati dengan hal tersebut.

  1. Aktivitas Akun Mencurigakan

Dimana kalau yang namanya akun instagram paslu mempunyai target tersendiri. Seperti halnya untuk mencapai jumlah follower, setiap hari bahkan dalam 1 hari bisa mengikuti beberapa akun instagram. Tapi ketika sudah mencapai batas yang di inginkan, tiba – tiba berhenti dan sama sekali tidak ada aktifitas lainnya. Entah itu postingan foto, video, story, komentar, menambahkan following dan lain sebagainya.

  1. Tes Akun dengan Menggunakan Fitur About This Account

Untuk yang terakhir, kamu bisa mengecek akun tersebut dari kapan terdaftar, asal negara, username sebelumnya serta yang lainnya dengan menggunakan fitur About This Account. Jadi bisa kamu lihat dan simpul kan sendiri apakah akun tersebut memang asli atau palsu, terlebih jika dilihat ternyata nama sebelumnya aneh dan ya makin mencurigakan saja, hehe.

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah akun tersebut memang asli atau palsu. Hal ini biasanya terjadi pada akun – akun perempuan, dimana banyak yang menggunakan nama samaran namun foto yang berada di dalamnya atau postinggan nya adalah orang lain. So, jangan langsung percaya jika kamu menemukan postingan seperti itu, bila perlu kamu buka terlebih dahulu profil isntagram nya dan lihat postingan – postingan di dalamnya.

Atau ketika kamu menemukan postingan yang janggal, biasanya ada tulisan lihat postingan serupa. Nah langsung saja kamu tap dan kemungkinan besar akan menemukan akun atau postingan aslinya. Kalau untuk akun – akun instagram yang sudah terferivikasi cukup mudah untuk menemukannya, karena ada tanda khusus yang bisa kamu lihat.

Jadi ketika kamu menemukan akun palsu seperti itu, apalagi mengundang bahaya dan terlebih itu akun palsu tentang kamu. Maka jangan dibiarkan, bisa kamu DM akun tersebut dan minta untuk dihapus. Tapi jika tidak ada tanggapan maka bisa langsung kamu laporkan pada pihak instagram bahwa akun tersebut palsu dan bukan milik kamu. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of