Ukuran Dan Cara Membuat Thumbnail Video Youtube

Halo youtuber indonesia, update lagi kali ini tentang masalah yang mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui dan masih bingung tentang cara menambahkan dan mengedit tampilan thumbnail atau cover video youtube, Berbeda dengan cover channel pastinya ya, jangan sampai kalian salah.

Di artikel kali ini, aku akan memberikan tutorial lengkap membuat thumbnail youtube dari mulai mengambil gambar potongan video, Mengeditnya di Photoshop, ukuran thumbnail yang cocok, serta fils PSD yang tinggal pakai yang bisa kamu rubah sesuka hati.

Jika ingin mengganti thumnail lewat android, aku juga bahas caranya, jadi baca sampai tuntas ya.

cara buat humbnail dan ukurannya

Thumbnail atau cover video youtube sebenarnya penting gak sih ?

Jawabannya penting sekali, dengan thumbnail yang sudah kita edit maka itu akan menambah nilai lebih bagi penonton youtube untuk mengklik video kita, jadi tujuan utama selain mempercantik tampilan depan video juga sebagai cara untuk menambah viewer video, selain dari thumbnail ada juga beberapa cara untuk meningkatkan viewers bahkan sampai subscriber, bagaimana caranya silahan pelajari artikel cara promosi youtube.

Baiklah kita lanjutkan lagi, untuk cara membuat thumbnail yang bagus dan keren dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Capture Frame

Bagian ini sangat penting sekali dan gunakanlah imajinasi/insting kamu, tentukan gambar bagian mana yang akan membuat orang penasaran.

Langsung saja kita mulai, silahkan simak baik-baik.

Putar video yang akan kamu capture gambarnya, kamu bebas memutar videonya lewat media player apa saja, setelah itu pause pada frame yang sekiranya menarik untuk dijadikan thumbnail.

Kemudian setalah video di pause pada frame yang kamu inginkan tekan keyboard Prt Sc atau Print Screen.

Lalu paste (ctrl + v) pada software editing photo, biasanya karena lebih lengkap dan mudah saya menggunakan Adobe Photoshop CS, mau CS berapapun sebenarnya untuk hal mengedit thumbnail tidak perlu yang terbaru juga tidak apa-apa, yang penting komputer kamu kuat menjalankan software tersebut.

  • Bukan Photoshop
  • Pilih File terus New dan ukurannya 1280×720 (resolusi 300 pixel)

 

  • dan tekan Ok (Sampai layer baru terbuka warna putih)
  • Tekan CTRL + V (Paste) dan setelah itu maka gambar yang telah di print screen tadi akan muncul pada layer putih tersebut.

Bagaimana agar bisa diedit dan menjadikan lebih menarik ?

Ketika kamu ngedit cobalah kamu kreasikan gambar tadi supaya lebih menarik dengan menambahkan sebagian teks dari judul video milik kamu. tidak perlu semua, tetapi hanya teks yang sekiranya intinya saja. Selain teks juga kamu bisa menambahkan emotion atau frame di thumbnail tersebut. Ya, kalau bingung sih tinggal kamu lihat aja cover milik orang lain selanjutnya kamu kreasikan sendiri supaya lebih menarik dan menonjol daripada video orang lain.

contoh thumbnail dan ukurannya

Setelah dirasa cukup lalu save dengan menekan (ctrl + shift + s) sampai muncul gambar seperti dibawah ini.

  1. Nama file thumbnail
  2. Ekstensi gambar pilihkan JPEG
  3. Klik Save

Ada juga Contoh Format PSD Photoshop Thumbnail Youtube yang bisa kamu ubah dan tinggal edit silahkan download di link berikut (tampilan thumbnail pada file dibawah ini seperti pada gambar yang dijadikan tutorial diatas)

Download FIle PSD Thumbnail Sudah Jadi

Dalam file PSD yang sudah saya berikan ini, ukuran dan dimensinya sudah pas dengan ukuran standar youtube, silahkan kreasikan sendiri.

Font yang digunakan dalam thumbnail PSD tadi adalah font Lemon/milk, untuk yang tertarik bisa mendownloadnya disini.

Selain itu dibawah ini juga ada beberapa thumbnail yang bisa kamu gunakan dengan mudah, jadi cukup kamu download saja dan edit di photoshop sesuka hati. Jadi dengan file yang saya berikan dibawah ini kamu tidak perlu repot-repot mempercantiknya, tinggal sesuaikan.

Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube

Langkah selanjutnya adalah mengganti thumbnail pada video yang telah di upload :

  • Login youtube
  • Pilih Creator Studio
  • Masuk ke Video Manager
  • Pilih video yang akan di ganti Thumbnailnya kemudian klik edit
  • Lalu klik Custome Thumbnail
  • Upload Foto yang telah di edit tadi
  • Save
  • Selesai

merubah thumbnail youtube

Cara mengganti thumbnail lewat android sebenarnya mudah sekali, kamu hanya perlu membuka Google Chrome lewat android kamu, setelah itu akses youtube.com, namun sebelum kamu akses kamu rubah dulu settingan google chrome seperti dibawah ini.

Berikan checklist pada Request Desktop Site

Cara mengganti thumbnail lewat android

Setelah itu kunjungi situs youtube.com login dan ikuti cara seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Kesimpulan

Dengan cara tadi kamu bisa lebih mudah menentukan gambar terbaik untuk dijadikan gambar thumbnail, ditambah lagi dengan kreasi kalian dalam mengedit thumbnail tersebut untuk dibikin lebih menarik lagi, yang harus di perhatikan adalah ukuran thumbnail, jangan sampai salah ya.

Simak juga cara membuat cover channel yang keren

Ada salah satu komentar yang bertanya kenapa di videonya tidak ada option change thumbnail?

Ada faktor yang bisa mengakibatkan option change thumbnail tersebut tidak muncul, yaitu

  • Channel kamu belum di verifikasi.

Jika faktor diatas sudah di lewati, maka pasti change thumbnail di channel kamu akan muncul dengan sendirinya.

Semoga artikel cara membuat thumbnail youtube ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada yang masih bingung dan masih ada pertanyaan dari masalah ukuran dan cara membuat thumbnail youtube, silahkan mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini.

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - membuat thumbnail video youtube - ukuran thumbnail youtube - cara membuat thumbnail youtube - Cara Membuat Thumbnail di android - cara membuat thumbnail video youtube - video membuat - video cara membuat - cara membuat cover video youtube - thumbnail youtube - cara membuat thumbnail -
  • Sudjono Arif Fauzan

    Terima kasih gan infonya sanagt membantu langsung praktek dah untuk buat di channel saya ; https://www.youtube.com/channel/UC-vldMUWuMT1cIIO77DH6WQ
    Terima kasih
    Salam sukses Gan

    • admin

      kerenn tuh channelnya tinggal tambah thumbnail yang oke buat video2nya dan channelnya

  • rama

    ternyata bisa juga diverifikasi dengan menggunakan no. hp saja.. langsung terverifikasi bro.. langsung bisa ganti thumbnail deh mantap

    • AnakKost

      yups gan, karena belum di verifikasi biasanya betul.

  • Susantokun

    mantap bang terima kasih 😀

    • AnakKost

      sama-sama gan, semoga bermanfaat.

  • Joshua Edwin

    Udah aku coba gan, download file psd yang dari agan.. Semua bisa dan keren2 gan.. Makasih banyak thumbnail videoku jadi keren dan bagus banget.. Moga saja makin ramai…