Sejarah Lengkap Berdirinya Situs Video Youtube

Sejarah Berdirinya Situs Web Youtube – Seperti yang kita ketahui youtube adalah situs web yang berisi video-video dalam arti lain tempat berbagi video. Mungkin diantara kalian ada yang hanya pengguna saja dan tidak tahu sejarah dari youtube itu sendiri! Nah dalam artikel aku kali ini aku akan membahas tentang Sejarah Berdirinya Youtube.

sEJARAH AWAL MULA BERDIRINYA YOUTUBE

Youtbe berdiri pada tahun 2005 tepatnya pada tanggal 14 Februari 2005. yang didirikan oleh tiga orang mantan pegawai PayPal yang bernama Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim. Awalnya youtube adalah sebuah situs web independen yang dipegang oleh ketiga orang tadi sebelum akhirnya pada tahun 2006 situs youtube ini di beli secara resmi oleh google.

Simak juga cara mendapatkan uang dari youtube.

Youtube sendiri membebaskan bagi orang yang menggunakannya untuk mengupload video apa saja yang mereka miliki, seperti video klip, dokumentasi, musik dan juga yang lainnya, dengan bantuan HTML5 dan Adobe Flas Video yang digunakan. Dalam kenyataan ternyata pengguna situs ini bukan hanya masyarakat kalangan menengah kebawah melainkan juga media yang korporat seperti CBS, BBC, HULU, VEVO dan masih banyak organisasi lain yang ikut mengupload video miliknya ke youtube.

Contents

Awal Perjalanan Youtube

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa pendiri youtube adalah tiga orang mantan karyawan PayPal. Steve Chen dan Karim pernah menekuni studi mereka di bidang sains computer yang ada di University Of Illinois sedangkan Chand Hurley melakoni studinya di bidang desain yang ada di Indiana Uneversitas Of Pennsyvania. Tempat pertama yang mereka pakai untuk bekerjasama yaitu di atas sebuah Pizzeria dan Restoran Jepang yang ada di daerah California.

sTEVE CHEN PENDIRI YOUTUBE

Youtube menggunakan sebuah domain (.com) sehingga menjadi youtube.com yang aktif mulai tanggl 14 februari 2005 silam. Youtube berkembang sangat pesat walau baru beberapa bulan saja, dan sebenarnya berdirinya youtube ini dibantu oleh para angel insvestor seperti Sequoia Capital yang telah menginvestasikan uangnya sebesar 3,5 juta dollar US. Seorang mantan CEO PayPal juga ikut bergabung di youtube tidak lain dia adalah Reolof Botha yang juga merupakan patner dari Sequoia di PayPal.  Adapun video pertama yang di upload oleh salah satu pendiri youtube “Jawed Karim” pada bulan april 2005 yang berjudul (Me At The Zoo) yang isi videonya menceritakan dirinya sedang ada di kebun binatang San Diego.

Baca juga kisah sukses anak kecil dapat milyaran dari youtube

Youtube mulai memasuki babak baru pada musim panas di tahun 2006, pada tahun itu youtube telah berhasil merangsek dan masuk di peringkat 5 website terpopuler dengan statistic pengunggahan video  yang angkanya mencapai 65.000 per harinya dan mampu menjaring 20 juta pengunjung setiap bulannya, dengan rincian 44% wanita dan 56% laki-laki yang mengunjungi situ youtube tersebut (menurut Nielsen/NetRatings).Di tahun yang sama youtube juga mengubah jalur perkembangannya dengan partnership di bidang periklanan serta marketing bersama NBC.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa youtube telah di beli oleh google. Google telah membeli youtube dalam bentuk saham seharga 1,65 milyar US Dollar, dengan kejadian ini youtube mempunyai titik sejarah baru dalam perkembangannya. Adapun perjanjian antara pihak youtube dengan pihak google diantaranya youtube tetap ingin melanjukan kegiatannya secara independen yang akhirnya disetujui oleh google dan menjadi akuisisi Google yang terbesar kedua. Masih ditahun 2006 youtube mendapatkan kesempatan untuk menjadi Person Of The Year dari majalah Time serta dinobatkan sebagai produk terbaik nomer 9 dari 10 produk terbaik  oleh majalah PC World Youtube..

Youtube Semakin Berkembang Terus

Dengan pencapaian yang diraih youtube pada tahun 2006 tidak membuat youtube merasa puas, terbukti pada awal tahun 2007 youtube mulai memberikan youtube awards yang merupakan penghargaan kepada video youtube terbaik tahunan yang dinilai lewat vote pengguna. Selanjutnya youtube juga bekerjasama dengan CNN untuk bisa menayangkan debat presidensial di Amerika antara Republik dan Demokrat tepatnya pada tanggal 23 juli dan 28 november 2007. Masih di tahun 2007 youtube juga bekerja sama dengan MGM (Lions Gate Entertaiment) dan CBS yang telah diberikan kebebasan untuk mengupload full legth film ekslusif bioskop ataupun efisode dari sebuah serial tv. Yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Hulu yang sudah terlebih dahulu menayangkan bahan-bahan tontonan dari FOX, NBC serta Disney.

Youtube tidak pernah berhenti untuk mengembangkan dan melebarkan sayapnya. Tepatnya pada bulan maret 2010 melakukan atau memulai streaming untuk beberapa konten eksklusif yang waktu itu hanya bisa di nikmati oleh masyarakat Amerika.

Selanjutnya pada tanggal 31 maret 2012 youtube telah di rilis ulang  menggunakan desain baru yang dibuat untuk simplifikasi antarmuka serta meningkatkan jumlah waktu digunakan oleh pengguna di youtube itu sendiri. Kabar yang menakjubkan bahwa youtube telah mampu menyajikan  4 triliun video perharinya bahkan bisa lebih data ini diambil pada tahun 2012, yang sebelumnya telah dilaporkan mencapai 2 sampai 3 triliun per harinya, sungguh pergerakan yang sangat cepat.

Baca juga orang yang berpenghasilan tinggi dari youtube

Mungkin sampai disini dulu penjelasan tentang sejarah berdirinya situs web youtube yang sekarang perkembangannya semakin meningkat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan menjadi insfirasi baru buat kalian. Karena kalau kita yakin dan tekun pada satu hal, kesuksesan sudah menunggu didepan asal kita tetap konsisten sama yang kita kerjakan. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam pembuatan artikel ini, ini dibuat hanya semata-mata untuk menambah pengetahuan kalian tentang Youtube.

Terimakasih

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - sejarah youtube - jelaskan apa yang kamu ketahui tentang youtube - apa itu youtube tahun terbentuknya - sejarah youtuber indonesia - sejarah youtube di indonesia - sejarah sejarah YouTube - sejarah live youtube - sejarah lengkap tentang youtube - kantor pusat youtube dAn tahun berdiri nya - youtube sejarah -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz