Proses dan Tahap Pembuatan Film yang Harus Diketahui

0
1376

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, kembali ke laptop. Oke kali ini aku akan mencoba membahas tentang proses atau tahapan dalam pembuatan sebuah film yang wajib untuk kalian ketahui, apalagi bagi yang suka membuat film – film pendek, dokumenter atau yang lainnya bahakn untuk youtube juga bisa, hehe.

Perlu kalian ketahu bahwa ada beberapa bagian atau tahapan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah film agar berjalan dengan sempurna.

pembuatan-film

Baca Juga Alat untuk Merekam Audio Dalam Sebuah Film

Nah, daripada itu di artikel kali ini aku akan mengajak kalian semua untuk mengetahuinya dan diharapkan untuk disimak baik – baik agar tidak salah penafsiran karena dalam membuat sebuah film harus mempunyai daya khayal yang cukup tinggi alias imajinasi.

  1. Point of view – dimana merupakan pandangan subjektif dari subjek dalam lokasi.
  2. Shoot – merupakan aktifitas yang dilakuakn dimana kita mengambil sebuah adegan.
  3. Scence – ini merupakan sebuah tempat dimana adegan tersebut diambil atau dimainkan.
  4. Sequence – merupakan beberapa gabungan dari scence yang telah diambil sebelumnya dengan berbagai shoot. Untuk shot sendiri terbagi menjadi beberapa shot diantaranya :
  • Medium close up
  • Long shot
  • Medium shot
  • Full shot
  • Knee shot
  • Close up
  • Extreme close up
  • Close shot
  1. Komposisi–dalam hal ini kita dituntut untuk berada sebagai penonton. Jadi harus pas betul antara visual dan frame sehingga mata penonton tertuju pada bagian yang disuguhkan. Jika terlalu banyak adegan atau yang disorot maka perhatian penonton akan terbagi – bagi sehingga alur ceritanya akan sedikit terganggu.
  2. Pencahayaan – cahaya juga merupakan bagian penting dalam hal ini cahaya juga sering disebut dengan Film are Light. Ya pada intinya agar hasil gambar yang diambil terlihat dengan jelas dan nyaman. Dan perlu kalian ketahui bahwa dalam pembuatan film hanya terdapat dua cahaya,
  • Daylight yang merupakan cahaya dari matahari
  • Tungsten yang merupakan cahaya dari lampu

Dalam pencahayaan ini sangat harus diperhatikan jangan sampai salah dalam memberikan atau mengambil arah dari gambar karena bisa mengakibatkan kekurang jelasan pada video tersebut dan perhatikan juga bagian bayangan yang akan muncul karena itu bisa mengganggu pemandangan yang ada terkecuali diperlukan.

  1. Pergerakan kamera – untuk pergerakan kamera sendiri harus di sesuaikan dengan pencahayaan terutama matahari yang tidak bisa kita pindahkan semaunya, hehe. Pada dasarnya camera movemnet terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
  • Kamera bergerak ke arah subjek atau meninggalkan subjek
  • Subjek bergerak kearah kamera atau meninggalkan kamera

Baca Juga Cara dan Tips Menjadi Sutradara Film yang Baik

Banyak yang bertanya kenapa harus ada bagian dimana kamera atau subjek yang bergerak mendekati atau menjauhi. Kalau dilihat samar akan biasa saja tapi itu semuanya berbeda tergantung pada lokasi yang kita gunakan dan itulah beberapa proses atau tahapan yang bisa kalian ikuti dalam pembuatan sebuah film, terimaksih.

Proses dan Tahap Pembuatan Film yang Harus Diketahui
4.5 (90%) 2 votes
Artikel ini termasuk dalam bahasan : - tahapan pembuatan film - tahap tahap pembuatan film - tahapan membuat film - tahapan dalam prosss pembuatN film - tahapan dalam membuat f - tahapan tahapan pembuatan film - tahap dalam proses membuat film - proses dalam pembuatan film - porta untuk pembuatan film - cara menentukan view dalam pembuatan film yang baik -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz