Pengertian Ngevlog dan Kamera Vlog Terbaik 2017

Anakkost.tv – Dilihat dari judul di atas kita tidak akan jauh membahas yang namanya vlog. Vlog sekarang sedang fenomenal banget bahkan hampir setiap orang suka membuat yang namanya vlog. Mulai dari siswa, mahasiswa, artis bahkan sampai pejabat juga secara tidak langsung membuat sebuah vlog. Ada yang di publikasi seperti di share lewat youtube ada juga yang hanya dijadikan koleksi pribadi yang jelas sekarang sedang demam vlog.

Tertarik ingin terkenal dan mengabadikan moment lewat vlogging? Baca tutorial cara pembuatan vlog 

video blog

Sebenarnya Vlog Itu Apa?

Banyak yang bertanya tentang apa sebenarnya vlog itu dan kenapa dinamakan vlog? Ada yang sudah tahu dan ada juga yang masih bingung tapi tetap membuatnya! Lah ko tidak tahu artinya tapi tetap bikin vlog?

Oke, vlog adalah merupakan sebuah video yang direkam (dokumentasi jurnalistik) yang di upload atau disimpan dalam sebauh web yang berisi tentang kehidupan seperti halnya opini, pikiran atau bahakn ketertarikan.

Mungkin kaliamat di atas agak sulit untuk dimengerti, ya maksudnya adalah kita membuat sebuah video dengan cara memegang kamera dan kita ngobrol di depan kamera baik berbicara tentang keadaan kamar, lingkungan atau apa saja dan secara tidak langsung kalian berbicara opini, pikiran dan lainnya yang dapat membuat orang suka akan video kita.

Terus dari mana asalanya Vlog itu?

Selain kita harus mengetahui apa itu vlog dan bagaimana cara pembuatannya tapi kita juga harus mengetahui darimana datanganya istilah vlog tersebut dalam arti sejarah munculnya vlog.

Sejarah Munculnya Vlog

Ternyata vlog ini pertama dibuat oleh seseorang yang bernama Adam Kontras yang telah membuat dan merekam sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000 silam. Pada tahun yang sama di akhir tahun (November) Adrian Miles telah memposting video yang mengubah text pada gambar diam dan menambahkan kata vlog yang menuju pada sebuah video yang dia buat.

Semenjak itu dia mengatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video vlog yang sampai sekarang nama tersebut menjadi fenomenal dan disingkat dengan kata Vlog (Video Blog). Akan tetapi di tahun itu kurang begituh naik atau terkenal, awal mula vlog terkenal pada tahun 2005 dan sekarang semakin terkenal semenjak banyak orang membuat dan mengupload vlog ke youtube. Nah itulah cerita singkat atau sejarah singkat tentang adanya kata vlog yang serkarang menjadi nomer 1 di youtube.

Vlog (Video Blog)

Semua orang tentunya bisa membuat hal tersebut karena caranya mudah dan tidak perlu mempersiapkan ini itu yang bisa menyita waktu. Tapi kalau untuk kalangan professional atau seorang youtuber yang professional, tetap yang namanya kualitas gambar adalah hal yang paling utama. Untuk itu tidak jarang orang membeli kamera yang memang cocok dan pantas untuk dipakai dalam pembuatn vlog agar hasilnya juga maksimal.

Kamera yang digunakan memang sangat bermacam-macam dan tergantung pada untuk dalam kegiatan apa kamera terebut digunakan. Mulai dari yang termurah sampai yang paling mahal juga ada, untuk itu akan aku coba memberikan beberapa rekomendasi kamera yang cocok digunakan untuk membuat vlog dari yang murah sampai yang mahal.

Kamera Untuk Vlog
  1. Kamera Brica B-Pro 5Alpha Edition dibandrol dengan harga kisaran  Rp. 800.000
  2. Kamera SJCAM SJ4000 dibandrol dengan harga kisaran Rp. 900.000
  3. Kamera Xiaomi Yi dibandrol dengan harga kisaran  Rp. 1.000.000
  4. Kamera SJCAM SJ5000 dibandrol dengan harga kisaran  Rp. 1.400.000
  5. Kamera Brica B-Pro 5Alpha Plus dibandrol dengan harga kisaran Rp. 2.500.00
  6. Kamera GoPro Hero4 Black dibandrol dengan harga kisaran  Rp. 6.600.000
  7. Kamera Canon PowerShot G7 X dibandrol dengan harga kisaran Rp. 7.000.000
  8. Kamera Sony a5100 dibandrol dengan harga kisaran  Rp. 7.400.000
  9. Kamera Sony Cyber-shot RX 100 IV dibandrol dengan harga kisaran Rp. 14.000.000 – 15.000.000
  10. Kamera Canon EOS 70D dibandorl dengan harga kisaran Rp. 15.000.000

Nah itulah beberapa kamera yang cocok digunakan untuk membuat sebuah vlog, dari mulai yang murah sampai yang mahal. Bukan hanya merk – merk kamera di atas saja yang bisa digunakan untuk ngevlog melainkan juga jenis atau merk kamera lainnya seperti Samsung, sony dan lainnya. Simak juga kamera vlog murah dan terbaik.

Selain dengan menggunakan kamera – kamera khusus atau yang sudah aku sebutin di atas kalian juga bisa membuat vlog dengan menggunakan smartphone atau handphone yang sudah mempunyai kamera dan memang sekarang sudah semua smartphone keluaran terbaru mempunyai kamera bahkan dengan kualitas terbaiknya. Simak juga vloger artis Indoneisa.

Satu lagi yang perlu kalian ketahui bahwa video blog juga terbagi pada beberapa bagian atau mempunyai nama lain tergantung pada vlog seperti apa yang kita lakukan seperti halnya Motovlog, Beautyvlog atau bahkan sekarang banyak youtuber yang membuat nama sendiri seperti halnya youtuber Indonesia yang mempunyai subscriber banyak (Raditya Dika). Dia menamakan video vlognya dengan RVLOG. Simak juga Biodata Raditya Dika youtuber Indonesia.

Banyak youtuber yang sukses dari membuat sebuah vlog contohnya Raditya Dika tadi, bukan hanya Radit dan masih banyak juga vlogger – vlogger lainnya yang sukses dengan membuat sebuah vlog. Oya hampir lupa, kalian juga harus tahu kalau seseorang yang suka membuat sebuah vlog (Video Blog) itu disebut dengan Vlogger. Simak juga cara menjadi beauty vlogger.

Oke mungkin itulah yang dapat aku share kali ini menganai pengertian vlog dan bagaimana sejarah vlog itu terjadi. Jika kalian ingin membuat sebuah vlog jangan lupa untuk membuatnya seceria dan semaksimal mungkin layaknya seorang presenter atau pembawa acara sebuah televisi agar orang yang menontonnya juga senang dan betah dengan vlog yang kita buat, terimaksih.

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - apa itu ngevlog - cara ngevlog diam diam - kamera vlog artinys -
  • Juragan

    Mantap gan, terus gimana ya cara memilih kamera untuk vlogging buat pemula? Soalnya ane masih sering bingung nih

    • admin

      sesuain aja sama budget yang ada om.. DSLR atau kamera poket juga bagus..

  • Dani Pedro

    Mantap bos,, itu toh pegertian dan penjelasan vlog