Pahami Fungsi dan Pengertian Naskah Skenario Film

0
800

Anakkost.Tv – Hallo sahabat anakkost, pasti diantara kalian pernah mengalami yang namnya sekolah. Baik yang hanya sampai SD, SMP, SMA bahkan ada juga yang sudah mempunyai banyak gelar. Ya bukan masalah sekolah yang akan aku bahas melainkan, dimasa itu pasti kalian pernah disuruh oleh guru untuk membuat sebuah naskah drama atau film pendek. Biasanya hanya dengan 1 orang teman (teman 1 bangku) tapi tidak jarang juga yang berkelompok lebih dari 2 orang.

naskah-skenario

Nah, sebetulnya kalian sudah dibekali ilmu dalam pembuatan sebuah naskah drama yang bisa kalian kembangkan atau dalami agar bisa membuat sebuah naskah skenario film. Akan tetapi memang sebelumnya kita harus mengetahui beberapa hal penting mengenai pembuatan naskah dan fungsi dari naskah itu sendiri.

Kalian sudah pada tahu belum fungsi dari sebuah naskah skenario film! Jika masih ada yang belum mengerti akan aku jelaskan bahwa fungsinya adalah sebagai bahan acuan dalam pembuatan sebuah film sehingga alurnya tidak ngawur atau bisa juga digunakan untuk bahan dasar dalam menyatukan persepsi antara produser dengan semua kru tentang film yang akan di produksi sehingga bisa muncul masukan – masukan baru yang bisa membuat film tersebut lebih bagus.

Baca Juga Fungsi dan Cara Menggunakan Clipboard  Pada Produksi Film

Skenario sendiri memang merupakan sebuah pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh semua orang yang suka dalam menulis sebuah skenario dan perlu kalian ketahui juga bahwa dalam pembuatan sebuah skenario itu berbeda dengan pembuatan sebuah novel atau cerpen apalagi surat cinta, hehe. Adapun pengertian skenario menurut KBBI dan Wikipedia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa Skenario ialah rencana lakon sandiwara atau film berupa adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci.

Menurut Wikipedia bahwa Skenario ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.

Itulah pengertian dari skenario menurut KBBI dan Wikipedia, jadi dapat kita simpulkan bahwa Skenario adalah merupakan sebuah naskah cerita yang didalamnya terdapat uraian sebuah adegan, tempat. Keadaan, dialog yang berurutan dan disusun dalam konteks dramatik.

Biasanya dalam 1 halaman naskah itu bisa menghabiskan waktu 1 menit dan untuk penulisan naskah standar digunakan courier ukuran 12. Selanjutnya dalam pembuatan sebuah naskah film, seorang penulis harus mampuh berimajinasi langsung kedalam sebuah film, baik yang ada di televisi atau bioskop. Nah itulah beberapa fungsi dan pengertian dari sebuah naskah skenario film yang wajib kalian ketahui, apalagi bagi kalian yang memang suka menulis dan membuat sebuah naskah film yang dimulai dari film pendek atau bahkan naskah untuk pembuatan video youtube. Tidak menutup kemungkinan nanti kalian bisa menjadi seorang penulis naskah film yang sangat dikenal masyarakat luas, Terimakasih.

Pahami Fungsi dan Pengertian Naskah Skenario Film
4.75 (95%) 8 votes
Artikel ini termasuk dalam bahasan : - skenario film pendek - fungsi skenario - apakah yang kalian ketahui tentang skenario - contohnaskah skenario yang jarang di ketahui orang - fungsi naskah skenario - apakah fungsi skenario atau naskah cerita - fungsi skenario dalam cerita - fungsi skenario dalan cerita - fungsi sknario - kegunan skenario -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz