Mari Kita Hitung Modal Untuk Menjadi Youtuber !

Mari Kita Hitung Modal Untuk Menjadi Youtube – Modal memang merupakan hal yang utama dalam karir kita kedepan, baik itu modal berupa uang, barang atau bahkan ilmu tergantung mana yang paling mempuni untuk kita jadikan modal utama. Tapi untuk di jaman sekarang modal berupa uang sangat berpengaruh karena uang bisa merubah segalanya.

Orang bodoh bisa kaya karena dia punya modal atau uang yang banyak sebaliknya orang yang punya modal ilmu jarang sekali yang mau memulai dari nol malah ikut dengan orang yang punya modal besar dan itu terjadi di era sekarang ini.

Modal Untuk Menjadi Youtube

Menjadi seorang youtuber juga memerlukan modal, tapi modal tersebut bisa kita per kecil atau per besar sesuai dengan yang kita punya saat ini bisa dibilang dengan modal se minim mungkin.

Baca : cara menjadi youtuber gamer tanpa komputer

Semakin besar modal yang kita keluarkan semakin bagus juga hasil akhirnya semuanya bisa dilakukan secara bertahap mulai dari yang kecil atau sederhana. Karena sekarang orang kebanyakan selalu mulai dari yang mewah tapi hasilnya NOL sehingga cepat gulung tikar .

Sangat disayangkan modalnya mending kalau modal sendiri coba kalau hasil pinjaman kan kita sendiri yang akan repot dah rugi harus bayar utang lagi ibarat pepatah sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Baca Juga Peralatan Lighting Untuk Membuat Video Makeup Tutorial

Berikut ini Modal Utama Untuk Menjadi Seorang Youtuber

Kamera

Kamera merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi yang ingin ternjun dalam dunia youtube terutama yang ingin membuat konten seperti vlog, review, atau gamer. Akan tetapi tidak semua youtuber itu harus mempunyai kamera, bahkan youtuber juga ada kok yang mempunyai konten dari slideshow foto, atau bahkan tutorial komputer yang hanya merekam layar komputer.

Sekarang coba tanya pada diri kalian, apa type channel yang akan kamu buat, jika ingin menjadi seorang vlogger tentunya harus mempunyai kamera. Jika memang hanya ingin membuat tutorial komputer, dengan bantuan camtasia juga sudah cukup.

Bagi kalian yang ingin membuat konten youtube dan membutuhkan kamera ada beberapa kamera dari yang termurah sampai yang termahal, sudah pernah aku bahas pada artikel sebelumnya, silahkan simak :

Kamera bisa kita hitung dari kisaran Rp. 1.000.000 sd Rp. 6.000.000

Komputer / Laptop

Peranan laptop atau komputer juga tidak kalah pentingnya, malah bisa dibilang paling penting, walaupun bisa dengan hanya bantuan android saja, akan tetapi jaman sekarang sudah semakin canggih, sudah semakin banyak youtuber yang bermunculan, mau tidak mau kita harus bisa menciptakan konten yang menarik, dari segi topik sampai pengeditan, oleh karena itu peranan komputer sebagai penunjang proses pengeditan sangat diperlukan sekali.

Lantas komputer atau laptop dengan spesifikasi seperti apa yang diperlukan ?

Komputer atau laptop tidak perlu harga mahal untuk menciptakan editan yang bagus, dengan spesifikasi rendah pun bisa, karena sekarang banyak sekali software yang bisa kita gunakan hanya dengan komputer spesifikasi rendah, yang penting jangan pentium 4 lah 😀

Perlu jadi catatan, jika memang kamu ingin terjun dalam dunia gaming, laptop dengan spesifikasi tinggi baru diperlukan sekali, karena game jaman sekarang semakin rakus memory dan juga mempunyai requitment spesifikasi yang lumayan, kecuali jika kamu main Zuma Deluxe atau Plant vs Zombie 😀

Lalu laptop merk apa donk yang bagus ?

Merk laptop sebetulnya tidak menentukan, yang menentukan disini spesifikasi laptop tersebut, tidak harus ROG yang harganya belasan juta, tidak perlu alienware yang harganya selangit, atau juga pc rakitan yang harganya tinggi.

Aku kasih saran, untuk hal pengeditan saat ini, carilah laptop atau bikinlah pc dengan kriteria dibawah ini

Laptop/Komputer untuk editing

  • Processor Min Core i3 Seri terbaru kalau bisa diatas 2.5GHz
  • Ram lebih dari 4GB
  • Hardisk 500Gb cukup
  • Vga kalau bisa diatas 1GB, lebih baik Vga card dari pada Vga onboard.

Laptop /komputer untuk Gaming

  • Processor Min Core i5 terbaru diatas 3Ghz
  • Ram 8Gb (pada beberapa game 4Gb masih cukup)
  • HDD 500Gb
  • Vga Card lebih dari 1GB

Spesifikasi tersebut tidak terlalu jadul untuk mengedit atau memainkan game, bisa dibilang spesifikasi sedang/pertengahan. Jika dana cukup maka lebih tinggi spek lebih baik tentunya.

Komputer dan spesifikasi ditas bisa didapatkan dengan harga kisaran Rp. 3.000.000 sd Rp. 6.000.000

Audio/Mic

Jika kamu ingin menjadi seorang youtuber gaming bisa menggunakan mic stand atau mic dari headset. Jika mic stand kisaran harganya dari Rp. 200.000 sd Rp. 1.000.000

microphone condenser SF920
Microphone Condenser SF920 – harga Rp. 200.000

Jika ingin menjadi seorang vlogger kamu bisa menggunakan mic dibawah ini :

  • Rode Videomic Pro – Rp. 2.500.000
  • Rode Video Mic Go Rp. 675.000
  • Rode Videomic Micro Rp. 750.000
  • Mic BOYA BY-VM01 Mini Rp. 300.000
  • Clip On Mic Rp. 200.000

Berbeda lagi jika ingin menjadi motovlogger, mic bisa menggunakan HP yang di modifikasi dengan headset, channel otoplanet.com semua rekaman audionya menggunakan Hp dengan headset.

Silahkan perhatikan video ini :

dan untuk yang ini menggunakan Rode Videomic Micro :

Kalau untuk hp dan headset aku rasa semua juga bisa didapatkan dengan gratis, atau pinjem juga bisa. Untuk audio sebetulnya tidak harus menggunakan Perangkat yang mahal, dengan media Hp juga bisa diatasi.

Internet

Untuk mengupload video kita memerlukan yang namanya jaringan internet jadi mau tidak mau kita harus punya akses nya. Entah itu mau berlangganan speedy atau nebeng dirumah teman sah2 saja.

Yang pasti jangan upload dari smartphone hanya bermodal kuota, karena video ukurannya bukan beberapa MB melainkan ratusan MB, yang ada bangkrut deh tuh. hehe

Jadi untuk internet, kamu tinggal menyesuaikan saja, ada tempat wifi gratis silahkan dimanfaatkan, atau lebih enak ya langganan internet dirumah.

Kalau langganan internet dirumah kisaran Rp.200.000. paket Indihome seperti yang aku pakai saat ini.

Jika berada di tempat yang susah mendapatkan akses internet bagaimana, dipedesaan misalnya. Kamu bisa memasang antena Wifi dengan menggunakan AirGrid yang bisa menangkap Wifi jarak jauh.

Semua ada caranya kok, jadi bukan saatnya kamu mengeluh karena tidak ada jaringan, selagi ada dana, semua bisa dibeli 😀

Baca Juga Cara Membuat Video Tutorial Untuk Youtube

Kesimpulan

Itulah modal menjadi youtuber, sebetulnya jika kamu perhatikan dengan baik-baik, untuk menjadi youtuber dan memulai karir menjadi konten kreator, untuk saat ini tidak mempunyai modal sekalipun bisa dilakukan.

  • Kamera bisa menggunakan HP, mau bikin vlog atau gaming juga bisa lewat android.
  • Komputer atau PC aku rasa saat ini gampang ditemui, mau pinjam atau mau kerja sama dengan teman yang punya pc/laptop juga bisa
  • Audio jelas gampang menggunakan Hp
  • Internet kamu bisa mencarinya lewat wifi gratis, nebeng dirumah temen yang ada internetnya atau memasang penangkat wifi jarak jauh.

Semua itu tergantung niat dan kerja keras kalian, tidak mudah memang, akan tetapi proses menjalani semua itu jika kita niat dan fokus akan terasa kok nantinya, tidak ada yang sia-sia selama kalian fokus dan selalu bekerja keras.

Jika ada pertanyaan, silhakan mengisi komentar dibawah, mari kita diskusikan !

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - modal jadi youtuber - modal youtuber -