Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Untuk artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas gambar dan audio, biasanya jika kita memperkecil ukuran sebuah video akan berdampak juga pada kualitas video dan audio, ada yang hasilnya jadi burem bahkan pecah, bagi para youtuber atau yang sering upload berbagai video ke situs video seperti youtube memperkecil ukuran video sangat sekali saya rekomendasikan, mengapa demikian? karena, dengan memperkecil ukuran video ini kita bisa menghemat waktu dan juga tentunya menghemat bandwidth internet kita, hususnya bagi yang menggunakan kuota internet, dan lagi di indonesia ini internet cepat belum merata keseluruh daerah, jadi jika kamu berada di tempat yang internetnya lemot cara ini sangat membantu sekali.

Bagaimana caranya supaya ukuran kecil tapi kualitas audio dan video tetap bagus, nah disini saya akan memberikan tutorialnya secara lengkap dan saya sendiri selalu menggunakan cara ini sebelum upload video ke channel anakkost.tv.

Tutorial mengkompress video ini terbagi menjadi dua maca, pertama lewat pc dengan software, dan yang kedua cara mengkompres lewat hp android. Untuk pertama kita akan jelaskan terlebih dahulu cara mengkompres video lewat komputer.

Cara Mengkompres Video Lewat Komputer

Berikut ini tutorialnya silahkan simak dan boleh juga langsung praktek agar kamu bisa mengetahui hasilnya.

  • Download dulu softwarenya

Untuk software sendiri saya gunakan Handbrake karena selain hasilnya maksimal software ini juga gratis tanpa biaya bisa kalian gunakan. Download software untuk memperkecil ukuran video handbrake disini, dan silahkan pilih menurut OS yang kalian punya.

download handbrake software memperkecil video
download handbrake software memperkecil video
  • Instal handbrake

Setelah kamu download kemudia kalian instal di komputer kamu, setelah terinstal kemudian kamu buka software tersebut hingga terbuka seperti tampilan dibawah ini

TAMPILAN HANDBRAKE
TAMPILAN HANDBRAKE

Proses memperkecil video langsung saja !

Untuk prosesnya setelah software terbuka kamu bisa mengklik menu SOURCE.

Kemudia pilih File

Pilihlah video yang akan kamu kompres, usahakan video yang kamu akan kompres itu formatnya .Mp4 agar lebih mudah dikenali oleh software ini.

Biasanya kolom Destination Filenya akan kosong, jika kosong kamu klik saja browse kemudian berilah nama video hasilnya terserah kamu lalu save.

kompres video youtube
kompres video youtube tampilan file destination kosong

Jangan lupa Centang tanda web optimized seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah kamu isi dan save selanjutnya untuk setingannya bisa lihat atau kamu samakan dengan setingan gambar dibawah ini. FPS kamu bebas tapi saya sering gunakan 23.976.

Quality saya bisa gunakan 25 maksimalnya kamu bisa gunakan di 30 (option ini berpengaruh terhadap ketajaman video kalian, semakin tinggi maka gambar akan semakin pecah)

settingan handbrake 1
settingan handbrake Video

Setingan Handbrake Audionya kamu cukup rubah saja Bitratenya ke 128 agar kualitas audio tetap jernih dan enak didengarkan.

Untuk settingan terbaik kamu bisa menggunakan seperti tutorial yang ada di video ini :

Cara Memperkecil Ukuran Video Lewat Android

Untuk cara yang kedua ini kita membutuhkan aplikasi android yang bisa kamu download secara gratis lewat playstore atau klik disini, aplikasinya adalah Video Converter Android, Selanjutnya kamu instal aplikasi tersebut di android dan ikuti tutorial memperkecil video dengan aplikasi tersebut.

Memperkecil Ukuran Video Lewat Android
sumber : play.google.com
  • Pastikan sudah terinstal dan berjalan di android kamu
  • Jalankan aplikasi tersebut dan buka video yang ingin kamu kompres
  • Pilih menu convert kemudian profile, option untuk memilih ukuran kompres video
  • Pilih Strart dan tunggu sampai loading proses selesai

Biar lebih jelas ikuti langkah pada video tutorial dibawah ini :

Aplikasi ini trial jadi hanya bisa digunakan untuk mengkompres atau memperkecil video satu video saja, jika ingin memperkecil banyak video, kamu bisa membelinya yang pro, tetapi untuk versi trialnya juga sudah cukup.

Untuk tutorial Cara Memperkecil Ukuran Video saya rasa sudah cukup jelas, dan dengan cara tersebut terbukti dapat mengurangi besar file video kamu hinggal 70%, silahkan kamu utak atik saja setingan diatas, sampai kamu dapat hasil yang maksimal, dengan catatan kualitas video harus kamu perhatikan, jangan asal ukuran kecil namun video terlihat pecah dan kurang nyaman di tonton.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya. jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah artikel ini. atau kalau kamu punya alternatif lain bisa berupa software, atau settingan yang pas bisa berikan komentar agar nantinya bisa saya update di website ini.

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara memperkecil ukuran video - cara mengecilkan ukuran video - cara mengecilkan ukuran video tanpa software - memperkecil ukuran video - cara kompres video tanpa software - cara mengecilkan size video - mengecilkan ukuran video - cara memperkecil ukuran video di laptop - cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas - cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas -

Leave a Reply

4 Comments on "Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Aheamku
Guest

Bisa remote url ga min ?

Yusuf
Guest

Saya pakai cara seperti petunjuk tapi kok malah filenya jadi lebih besar ya

wpDiscuz