Cara dan Tips Menjadi Sutradara Film yang Baik

0
406

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, masih membahas seputaran pembuatan film. Ya kali ini aku akan mengajak kalian semua yang ingin menjadi seorang sutradara untuk mengetahui caranya, agar mudah dalam menggapainya. Memang banyak orang yang ingin menjadi seorang sutradara namun hanya keinginan semata tanpa didasari dengan niat dan tekad yang kuat sehingga sampai sekarang hanya dalam angan – angan semata. Sutradara memang merupakan posisi yang bisa dikatakan cukup bergengsi dalam jajaran tim produksi film.

sutradara

Untuk itu di artikel kali ini aku akan memberikan beberapa cara dan tips untuk menjadi seorang sutradara film yang baik. Sutradara juga merupakan seorang pendongeng yang mahir dan dikemas dalam sebuah film yang melibatkan banyak orang serta properti tambahan supaya ceritanya bisa dinikmati dengan baik oleh khalayak ramai. Oke kita langsung saja menuju ke beberapa cara dan tips tersebut.

Baca Juga Tahapan dan Langkah Membuat Film Dokumenter

Cara dan Tips Menjadi Sutradara Film yang Baik

  1. Buat Film Pendek

Disini kalian bisa mengajak teman – teman atau orang yang ada di sekitar kalian untuk bermain film (membuat film). Jangan terlalu muluk – muluk cukup kita mulai dengan pembuatan film pendek yang berdurasi sekitar 15 menitan dan ini bisa merupakan langkah utama kita untuk menjadi seorang sutradara.

  1. Banyakin Nonton Film

Dengan demikian secara tidak langsung kita mempelajari aspek – aspek kecil dalam film. Misalnya kekurangan atau kesalahan dalam penataan latar belakang objek. Disana kita bisa melihat dan mengkritik sesuai dengan persepsi kita tapi harus di pinta pendapat orang lain juga karena belum tentu pendapat kita sama dengan pendapat orang lain. Selain kekurangan kita juga dapat melihat kelebihan dari film tersebut.

  1. Terus Belajar

Meskipun kita sudah terbilang profesional dalam menjadi seorang sutradara namun yang namnya belajar harus tetap dilakukan karena zaman semakin maju maka kita juga harus tetap belajar dan maju. Bahkan kita juga bisa belajar dari sutradara lainnya (berbagi ilmu) karena setiap sutradara pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing.

  1. Mengikuti Berbagai Lomba

Selain mempublikasikan kita juga bisa mengenalkan bakat kita dengan mengikuti berbagai lomba atau festival film. Banyak pihak – pihak yang mencari bakat dengan menyelenggarakan sebuah lomba atau festival pembuatan film atau film pendek. Jadi bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin dan memberikan karya yang bagus. Selain mendapatkan hadiah mungkin kita juga bisa menjadi seorang sutradara yang tidak dipandang sebelah mata.

  1. Mencari dan Mengembangkan Koneksi Jaringan

Dalam hal ini kita dituntut untuk aktif dalam berbagai kegiatan atau aktif dan bergabung di group dan media sosial yang memang tidak jauh dari peran seorang sutradara. Semakin banyak orang melihat karya kita dan semakin banyak orang mengenal kita maka semakin banyak pula peluang kita untuk bekerjasama dan mewujudkan mimpi bersama. Kadang ada orang yang mempunyai modal namun tidak mampu menjadi sutradara sehingga mereka mencari sosok sutradara yang bagus.

  1. Jangan Sombong dan Tetap Rendah Hati

Jadi jika kita sudah bisa menjadi seorang sutradara yang cukup dikenal dan selalu mempunyai banyak job maka disanalah kita diuji. Jangan sampai orang – orang yang sering membantu kita dalam sebuah produksi merasa kesal dan marah terhadap tingkah laku yang kita perbuat, ingat dalam pembuatan film bukan hanya butuh sutradara melaikan tim.

  1. Ikut Masuk kedalam Produksi Orang Lain

Jangan sampai karena kita bisa menjadi seorang sutradara maka tidak mau bergabung dengan produksi yang sedang digarap oleh orang lain. Kita juga bisa bergabung seperti halnya menjadi seorang kru film yang di sutradarai oleh orang lain dan kita jangan merasa minder karena dari sana kita juga bisa belajar istilahnya terjun langsung kebawah.

  1. Konsisten dalam Bekerja dan Berkarya

Jika kita konsisten maka karya yang dihasilkan juga akan baik dan bagus dan yang namnya menjadi seseorang yang sukses tidak terjadi dalam 1 hari atau 1 minggu melainkan beberapa bulan bahkan tahun. Maka dari itu jangan pantang menyerah dan tetap bekerja serta berkarya sampai menghasilkan karya yang meledak di pasaran. Masa sulit harus kita hadapi dengan senyuman dan jadikan pengalaman.

  1. Publikasi Karya Kita

Walau belum terkenal dan hanya memproduksi film – film pendek yang dibuat bersama teman – teman, kita juga harus publis agar semua orang tahu dengan karya kita. Siapa tahu ada pihak lain yang ingin bekerja sama dengan kita dalam sebuah produksi film besar dan itu bisa menjadi kebanggan kita sendiri.

  1. Pegang Erat Kepercayaan Publik

Setelah kita terkenal dan mempunyai nama di jajaran sutradara ternama maka jangan sampai kita berhenti disitu saja tanpa berkarya kembali. Karena banyak orang yang sudah menantikan karya – karya kita kembali.

Nah, itulah beberapa cara dan tips menjadi sutradara film yang baik dan perlu kalian lakukan jika memang ingin menjadi seorang sutradara yang dieknal dan dikenang sepanjang masa. Ingat bahwa menjadi seorang sutradara dapat menginspirasi banyak orang karena secara tidak langsung kita berperan sebagai seorang guru yang memberikan pembelajaran terhadap orang banyak, maka dari itu bukan hanya materi yang kita dapat melaikan juga yang lainnya, Terimakasih.

Rate this post
Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara menjadi sutradara - sekolah sutradara - cara jadi sutradara - Cara menjadi seorang sutradara yang baik - cara dan tips menjadi sutradara atau filmmaker - belajar menjadi sutradara dengan baik - belajar menjadi sutradara - bagaimana menjadi sutradara yang baik - BAGAIMAN MENJADI SUTRADARA - tips agar menjadi sutradara yang baik -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz